Cara Reset Password Akun Belajar id Dengan Mudah!

Pandemi covid-19 sudah berlangsung dua tahun lamanya, dan Sejak saat itu pula kegiatan pembelajaran baik di sekolah maupun universitas berlangsung secara daring atau online. Dalam melaksanakan pembelajaran secara daring, tentunya diperlukan sarana dan prasarana yang memadai untuk mendukung pembelajaran yang efektif meskipun di masa pandemi seperti sekarang ini.

Pemerintah melalui Kementerian riset teknologi dan pendidikan tinggi (Kemenristek-Dikti) dan juga Kementerian Pendidikan terus mengupayakan penyediaan layanan belajar mengajar yang efektif bagi para siswa dan mahasiswa.

Hingga saat ini, pembelajaran online dilakukan melalui berbagai sarana pendukung seperti zoom, Google meet, Google classroom, dan berbagai aplikasi pendukung lainnya yang merupakan aplikasi buatan pihak ketiga yang turut berkontribusi dalam mendukung pembelajaran di tengah pandemi.

Pemerintah Indonesia  juga turut berkontribusi dalam merilis media pembelajaran digital untuk mendukung pembelajaran online di tengah pandemi yang melanda Indonesia saat ini. Salah satu platform pembelajaran digital yang belakangan ini banyak digunakan sebagai media pembelajaran yaitu belajar.id. tahukah kamu, belajar.id merupakan platform pembelajaran digital yang dirilis oleh Kemendikbud ristek pada tahun 2020.

Belajar.id memiliki beragam platform pembelajaran yang dapat dimanfaatkan oleh para pendidik dan juga peserta didik seperti aplikasi merdeka mengajar, kelas daring, rumah belajar, presentasi daring, video conference, TanyaBOS, dan masih banyak lagi.

Belajar.id dapat diakses melalui akun pembelajaran yang bisa didapatkan baik secara mandiri maupun melalui operator sekolah. Namun, tidak jarang beberapa orang mengalami kendala lupa password akun belajar id. 

Oleh karena itu, pada artikel kali ini akan dibahas mengenai tutorial cara reset password akun belajar id informasinya akan kami rangkum khusus untuk kamu para guru dan peserta didik. Bagi kamu yang bingung Bagaimana cara melakukannya, yuk langsung saja simak ulasan lengkapnya berikut ini supaya kamu tidak bingung lagi.

Sekilas Tentang Belajar Id

Cara Reset Password Akun Belajar id

Belakangan ini, salah satu situs dari Kemendikbud RI Tengah menjadi perbincangan karena dinilai dapat mendukung berbagai kegiatan pembelajaran dari rumah di tengah pandemi yang melanda saat ini. Bagi kamu para peserta didik seharusnya kamu sudah mengetahui apa itu situs belajar id karena saat ini hampir setiap sekolah menggunakan sarana tersebut sebagai media pembelajaran online saat ini.

Belajar.id merupakan sebuah situs yang dirilis oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi bersama dengan Kementerian Pendidikan yang berisi akun pembelajaran an-nahl kan diberikan kepada masing-masing peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan dari berbagai satuan pendidikan kan mulai dari PAUD, SD, SMP, SMA/SMK dan sederajat.  

Dengan memiliki akun di situs Belajar.id, siswa dan guru dapat mengakses berbagai kebutuhan untuk kegiatan belajar mengajar di tengah kegiatan belajar dari rumah. Perlu kamu ketahui, situs ini menyediakan berbagai aplikasi yang akan mendukung dan memudahkan kegiatan belajar mengajar baik secara tatap muka maupun secara daring. 

Sebenarnya, situs ini sudah dirilis sejak tahun 2020 lalu, namun baru aktif digunakan belakangan ini oleh satuan pendidikan mulai dari tingkat PAUD hingga SMA/SMK/sederajat. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, para pendidik dan peserta didik bisa memiliki akun belajar.id baik secara mandiri maupun melalui operator sekolah.

Jika kamu mendapatkan akun belajar.id melalui operator sekolah, maka kamu bisa login terlebih dahulu ke akun kamu dan menggantinya dengan password yang baru.

Namun, bagaimana jika guru maupun peserta didik mengalami lupa password dan ingin menggantinya ke password yang baru ? Berikut ini akan kami jelaskan tutorial cara mereset password akun belajar id yang akan kami bahas berikut ini.

Cara Reset Password Akun Belajar Id yang Lupa Password

Perlu kamu ketahui, admin sekolah yang terdiri dari kepala sekolah dan operator sekolah merupakan pihak yang berwenang untuk melakukan penggantian atau perubahan pada akun pembelajaran milik pendidik dan peserta didik di sekolah tersebut.

Sehingga, bagi kamu para pendidik dan peserta didik yang mengalami lupa password, maka kamu perlu menghubungi pihak admin sekolah dalam hal ini adalah operator sekolah untuk melakukan perubahan data termasuk dalam hal password. 

Nantinya, jika operator sekolah telah berhasil mengganti passwordnya, maka kamu akan diberikan password baru dan biasanya para admin ini akan menyarankan kamu untuk melakukan penggantian password kembali pada saat kamu login.

Kamu juga akan disarankan untuk menyimpan informasi detail akun belajar ID milik kamu dengan sebaik mungkin. Jika kamu sulit untuk mengingat password atau kata sandi akun kamu, pastikan kamu mempertimbangkan untuk menggunakan layanan pengelola sandi yang terpercaya.

Akhir Kata

Nah, itulah pembahasan mengenai cara reset password akun belajar id yang bisa kamu lakukan dengan cara menghubungi pihak operator sekolah untuk melakukan penggantian password baru. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kamu, dan jangan sampai kelewatan update terbaru dari situs kami yang pastinya akan menyajikan informasi yang bermanfaat dan menarik untuk kamu simak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *