Cara Cek Akun Belajar id Sudah Aktif Atau Belum Terbaru 2022

Masa pandemi covid 19 Banyak sekali hal yang diubah yang dulu menjadi sebuah kebiasaan sekarang kebiasaan itu menjadi hilang, kebiasaan yang memang sangat lekat di negara Indonesia saat sebelum pandemi adalah berangkat ke sekolah. Namun banyaknya angka covid 19 yang terus meningkat membuat siswa dan siswi harus belajar melalui rumah atau yang biasa disebut dengan daring.

Sudah banyak sekali aplikasi berbasis online untuk pembelajaran siswa dan siswi tetap berlangsung meskipun berada di dalam rumah.

Memang hal tersebut sangatlah efektif untuk menekan jumlah covid yang terus meningkat di negara Indonesia. Namun bagi siswa dan siswi pembelajaran daring sangatlah membosankan dan membuat banyak sekali anak-anak yang hilang niatnya untuk melakukan sekolah dengan cara virtual.

Bisa dibilang Kemendikbud tidak patah semangat mereka selalu membuat sebuah inovasi untuk membuat pembelajaran virtual atau daring menjadi lancar dan tidak membuat siswa dan siswi kerepotan. Memang sudah kita tahu banyak sekali aplikasi yang dapat mendukung pembelajaran di sekolah online, contohnya kita tahu aplikasi Google classroom, Google meeting dan zoom.

Ada juga beberapa sekolahan yang membuat sebuah e-learning dan didukung oleh aplikasi moodle sehingga siswa dan siswi bahkan guru dapat dengan mudah mengakses pembelajaran online tanpa harus repot-repot.

Sekilas Tentang Akun Belajar Id Terobosan Terbaru Dari Kemendikbud

Cara Cek Akun Belajar id Sudah Aktif Atau Belum

Sudah disebutkan diatas bahwasannya Kemendikbud, selaku yang mengatur pembelajaran di Indonesia membuat sebuah terobosan untuk pembelajaran virtual atau yang biasa disebut dengan daring, inovasi yang dibuat oleh Kemendikbud menjawab segala pertanyaan dan keraguan para orang tua siswa dan siswi yang merasa anaknya tidak memiliki niat dalam sekolah.

Kemendikbud saat ini membuat sebuah platform yang dapat dijadikan alat pembelajaran yang baik untuk siswa siswi yang aktif dan terdaftar di sekolah tersebut, platform ini berlaku untuk siswa dan siswi yang menempuh pendidikan SD, SMP, dan terakhir adalah SMA. Untuk mahasiswa sendiri Kemendikbud memberikan saran terhadap universitas bahwasanya membuat sebuah program e-learning untuk mahasiswanya. 

Sebenarnya platform yang dibuat oleh Kemendikbud Sama halnya dengan e-learning milik sekolah-sekolah yang lain, namun bedanya platform ini sudah terdaftar di bagian database Kemendikbud pusat sehingga siswa dan siswi tidak perlu repot dalam pencarian data di sekolahnya.

Nama platform tersebut adalah belajar id, yang saat ini menjadi kebanggaan untuk pembelajaran daring di sekolah-sekolah yang ada di Indonesia. Belajar id memang baru diciptakan pada tahun 2021 pertengahan menuju 2022, belajar yg diharapkan menjadi solusi tepat untuk meningkatkan pembelajaran anak-anak di mana mereka sebenarnya sering sekali mengalami kesulitan dalam sekolah atau pembelajaran e-learning.

Cara Cek Akun Belajar Id Sudah Aktif Atau Belum

Untuk dapat menggunakan platform belajar id kita harus membuat akun terlebih dahulu, karena dengan akun tersebut maka data kita yang ada di sekolah dapat masuk ke database Kemendikbud. Hal ini berguna untuk menyinkronkan data dari sekolah-sekolah yang sudah terdaftar di Kemendikbud agar saat mereka lulus nanti datang mereka dapat ada di sana dan ijazah mudah untuk dicetak.

Akun belajar id tidak hanya digunakan oleh siswa dan siswi saja, tetapi digunakan untuk mengetahui data biskuit yang sudah terdaftar di Kemendikbud.

Hal ini berguna agar data-data tersebut dapat tersinkronisasi dari sekolah asal supaya mendapatkan informasi jelas terkait pembelajaran daring yang ada di sekolah tersebut. Untuk mengaktivasi akun belajar id maka artikel ini akan membuat tutorial bagaimana cara mengaktivasi Akun tersebut berikut adalah tutorialnya:

  1. Hal yang pertama dilakukan adalah buka situs resmi akun belajar id untuk link resmi nya dapat kita klik link ini : https://belajar.id/
  2. Masukkanlah data-data berikut agar dapat memenuhi standar database yang diperlukan oleh Kemendikbud, data-data tersebut terdiri dari:
  • Nama Lengkap :
  • Nama Ibu Kandung :
  • Tipe Pengguna (Pengajar/Pendidik)
  • Tanggal Lahir :
  • Masukan NPSN Sekolah Kita :
  1. Dan yang terakhir adalah klik tombol ” periksa Akun Pembelajaran.

Cara Cek Akun Belajar.id Sudah di Verifikasi Atau Belum

Setelah pendaftaran akun selesai maka tinggal kita tunggu saja untuk melihat apakah akun kita sudah terverifikasi dari pusat atau belum, biasanya hal tersebut membutuhkan beberapa waktu tetapi tidak terlalu lama sehingga kita harus terus cek akun belajar id kita sudah aktif atau belum. Untuk cara cek akun belajar id sudah aktif atau belum maka kita dapat mengikuti tutorial yang ada di bawah ini agar kita dapat mengetahui status akun belajar ide kita berikut tutorialnya:

  1. Hal yang pertama dilakukan adalah buka halaman resmi akun belajar id linknya ada disini : https://belajar.id/ 
  2. Masukkan data-data yang dibutuhkan untuk pemeriksaan akun bahwa benar-benar akun itu milik kita.
  3. Klik tombol periksa akun pembelajaran maka kita akan dibawa ke halaman status pembelajaran milik kita.

Nah dari sini kita akan mengetahui status akun belajar id kita sudah aktif atau belum, jika sudah aktif maka akun kita dapat digunakan di beberapa fitur yang disediakan platform tersebut untuk belajar. Namun jika belum ada beberapa hal yang dapat dilakukan sehingga dapat menjadi solusi untuk akun belajar id yang belum aktif.

  • Yang pertama adalah mengirim detail pribadi yang ada di akun belajar id milik Kemendikbud
  • Cek akun kita di email terkait username dan password.
  • Apabila setelah beberapa saat detail akun tidak masuk ke email yang Anda daftarkan, silahkan kirim ulang dengan klik kembali “Kirim detail akun ke email pribadi saya”
  • Dan jika belum satu-satunya cara adalah mengatakan hal tersebut ke operator sekolah untuk mempercepat verifikasi akun belajar id menurut Kemendikbud.

Itulah tutorial mengenai cara mengecek akun belajar id sudah aktif atau belum, hal ini dimaksudkan agar kita dapat segera menggunakan Akun tersebut untuk pembelajaran daring yang sudah disiapkan oleh Kemendikbud.

https://calonpengangguran.com/2022/03/02/earth-fund-club-apk-penghasil-uang/

Akhir Kata

Demikianlah artikel yang dapat kami sampaikan terkait cara cek akun belajar id sudah aktif atau belum berikut tutorialnya, semoga artikel ini dapat bermanfaat terutama bagi para siswa dan siswi yang tengah menempuh jalur pendidikan meskipun dengan cara virtual. Nantikan update dari kami selanjutnya untuk artikel menarik dari situs kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *