Cara Menautkan SIMPKB Dengan Akun Belajar id Terbaru 2022

Cara Menautkan SIMPKB Dengan Akun Belajar id – Pelajar merupakan salah satu kewajiban bagi siswa dan siswi yang ada di Indonesia, karena dengan belajar kita dapat mengetahui berbagai ilmu yang ada di dunia ini sehingga pengetahuan tersebut dapat menjadi bekal untuk kita di masa depan nanti. Tetapi dengan pemerintah memberikan larangan mobilitas oleh setiap penduduknya maka dengan berat hati para siswa dan siswi tidak bisa belajar langsung di sekolah.

Covid 19 memberikan dampak serius terhadap pembelajaran siswa dan siswi di Indonesia, sehingga akhirnya mereka harus dengan benar-benar terpaksa melakukan pembelajaran jadwal atau yang biasa disebut dengan daring. Meskipun belajar virtual menggunakan berbagai perangkat tetapi hal tersebut terkadang membuat beberapa siswa dan siswi merasa kesulitan untuk menggunakannya, apalagi pembelajaran daring yang lebih mengandalkan tugas dari pada pembelajaran yang diajarkan langsung oleh guru.

Tetapi Kemendikbud yang selaku pengatur dalam pembelajaran daring memberikan sebuah inovasi dan terobosan sehingga kita para siswa dan siswi tidak merasa kesulitan. Kemendikbud memberikan sebuah platform yang dapat membantu siswa dan siswi dalam pembelajaran daring dan untuk menyimpan database siswa dan siswi agar pembelajaran daring dapat berlangsung dengan amal tanpa menemui kesulitan.

Sekilas Tentang SIMPKB

Cara Menautkan SIMPKB Dengan Akun Belajar id

SIMPKB merupakan sistem informasi yang wajib diketahui oleh semua guru yang sedang mengajar untuk pembelajaran daring, jika kita telisik maka pengertian dari SIMPKB adalah sistem informasi manajemen pengembangan keprofesian berkelanjutan.

Program management ini merupakan sebuah inovasi yang diberikan oleh kementerian pendidikan dan budaya atau biasa yang disebut dengan Kemendikbud untuk diikuti oleh semua guru agar mengembangkan kompetensi yang dimilikinya.

Program ini untuk para guru yang mengajar agar kompetensi mereka dapat diketahui secara berkala Apakah kompetensi mereka semakin berkembang atau semakin menurun, hal ini juga membuat pemerintah dapat dengan mudah mengetahui kualitas guru-guru yang ada di Indonesia.

Sehingga mereka dapat dengan mudah mengembangkan pembelajaran apalagi saat ini pembelajarannya dengan menggunakan virtual atau daring. SIMPKB juga dapat membantu menaikkan kualitas belajar siswa dan siswi agar pembelajaran dapat semakin ditingkatkan. Dan hal yang perlu diperhatikan adalah dengan SIMPKB ini gue juga dapat mendapatkan sebuah tunjangan dari pemerintah.

SIMPKB diikuti oleh semua guru tetapi ada beberapa kompetensi dan ketentuan yang dapat membuat seorang guru tidak dapat mengikuti SIM PKB. Kemendikbud juga membuat sebuah ketentuan untuk melakukan uji kompetensi guru yang biasa disingkat dengan UKG dan nilai yang diperoleh minimal adalah 65 dan maksimal adalah 100. Jika guru dapat mencapai nilai minimal dan maksimal tersebut maka guru dapat mengikuti program SIM PKB.

Cara Menautkan SIMPKB Dengan Akun Belajar id

Saat ini belajar ID menjadi sebuah program andalan milik Kemendikbud untuk membuat sebuah inovasi belajar di pembelajaran virtual yang dijalani saat covid 19 ini, guru dan siswa diharapkan dapat bekerja sama untuk mengembangkan inovasi yang saat ini dapat membantu pembelajaran guru dan siswa apalagi di tengah masa pandemi.

Guru juga menjadi instrumen penting dalam pembelajaran daring yang dijalani sekarang, dan guru yang sudah lolos UKG akan diberikan sebuah layanan di belajar id yaitu SIMPKB. Tetapi banyak yang belum mengetahui bagaimana menautkan SIMPKB di belajar id milik Kemendikbud mengingat pentingnya SIMPKB untuk platform belajar ID bagi guru. Dalam artikel ini akan memberikan sebuah tutorial Bagaimana cara untuk menautkan SIMPKB di belajar id.

  1. Hal yang pertama dilakukan adalah masuk ke platform belajar ID dengan klik link di samping : https://paspor-gtk.belajar.kemdikbud.go.id/casgpo/login?service=https%3A%2F%2Fakun-backend.simpkb.id%2Fauth%2Flogin
  2. Lalu login dengan akun SIMPKB milik pribadi.
  3. Lalu kita akan ditampilkan menu utama atau biasa yang disebut dengan dashboard akun SIM PKB.
  4. Pada menu integrasi layanan klik tombol selengkapnya
  5. Pada halaman kedua data integrasi SIMPKB akan memberikan sebuah pilihan tautkan maka tekanlah tautkan untuk data kita bisa masuk di belajar id.
  6. Sistem belajar ID akan memberikan sebuah laman login di akun belajar id.
  7. Masukkanlah email dan kata sandi belajar ID milik pribadi.
  8. Dan SIMPKB sudah tahu di akun belajar ID tinggal kita masuk ke dalam belajar ID milik kita sendiri.

Itulah Cara menautkan SIMPKB ke akun belajar ID agar database milikku dapat terbaca di pusat oleh Kemendikbud.

Akhir Kata

Sekian artikel yang dapat kami sampaikan semoga dapat bermanfaat bagi kita termasuk bagi guru yang sudah terdata di program SIM PKB, nantikan update dari kami selanjutnya untuk artikel menarik dari situs kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *