Tips Bisnis Toko Kelontong Untuk Para Pemula Dijamin Sukses!

Tips Bisnis Toko Kelontong Untuk Para Pemula – Apakah kamu sedang ingin memulai membuka usaha toko kelontong sebagai bisnis untuk mendapatkan penghasilan ? Jika iya, maka kamu sudah membaca artikel yang tepat karena pada artikel ini akan dibahas mengenai tips yang bisa dilakukan para pemula yang ingin membuka bisnis toko kelontong. 

Belakangan ini, kehadiran toko dengan sistem swalayan atau minimarket lebih populer dibandingkan dengan toko kelontong. Padahal, harga jual di toko kelontong bisa dibilang lebih murah dibandingkan dengan swalayan atau minimarket. Hal apa yang membuat toko kelontong mulai ditinggalkan oleh para konsumen yang lebih memilih beralih ke swalayan ? Apakah kamu pernah memperhatikan sistem toko kelontong sejak dahulu hingga saat ini, Jika iya pasti kamu menemukan jawabannya. 

Jika kamu mengamati perbedaan sistem toko kelontong Dari dulu hingga sekarang, Kamu tidak akan menemukan perbedaan yang signifikan karena minimnya inovasi yang mereka lakukan sehingga membuat para konsumen beralih ke sistem toko lainnya yang lebih modern. Tidak ada salahnya bagi kamu yang ingin mulai berbisnis membuka toko kelontong, hanya saja kamu harus menyiapkan inovasi dan strategi yang tepat untuk dapat bersaing dengan Toko swalayan.

Oleh karena itu, pada artikel kali ini akan dibahas mengenai tips bisnis toko kelontong yang bisa kamu pelajari untuk mempersiapkan bisnis toko kelontong agar menjadi bisnis yang sukses dan lebih cepat berkembang. Jika kamu penasaran, tidak perlu berlama-lama lagi, yuk langsung simak saja pembahasan lengkapnya berikut ini ya !

Tips Bisnis Toko Kelontong Bagi Kamu Para Pemula Agar Bisnis Sukses dan Berkembang Pesat

Untuk membuat bisnis toko kelontong kamu berkembang pesat, maka kamu perlu menentukan strategi yang tepat agar toko kelontong kamu mampu bersaing dengan swalayan dan minimarket lainnya yang saat ini ini banyak diminati oleh masyarakat. Nah, berikut ini adalah tips dan trik yang bisa kamu ikuti untuk memulai usaha toko kelontong bagi kamu para pemula. 

Melakukan Riset Pasar dengan Tepat

Karena demografi konsumen toko kelontong mencakup bidang sosial dan ekonomi, maka penting bagi kamu untuk menemukan pasar yang spesifik ketika memulai usaha toko kelontong. Hal ini bertujuan untuk membedakan antara toko kelontong kamu dengan toko kelontong lainnya. Misalnya, toko kamu menjual produk bahan makanan tertentu seperti frozen food, sembako, dan bahan makanan lainnya.

Kamu akan memiliki pesaing di bidang yang sama dari beberapa minimarket ternama yang tentunya memiliki berbagai cabang di tempat-tempat lainnya. Oleh karena itu, kamu harus fokus untuk bisa memuaskan basis pelanggan pilihan kamu melalui beberapa faktor seperti kualitas maupun harga yang ditawarkan.

Mempersiapkan Modal Usaha yang Cukup

Ketika ingin memulai sebuah bisnis, sebaiknya gunakan uang tabungan milik kamu sendiri sebagai modal usahanya. Mengambil kredit usaha dari bank bukanlah suatu hal yang salah, namun cara ini tidak dianjurkan untuk dilakukan sebab kamu belum dapat memastikan bahwa bisnis yang akan kamu mulai dapat berjalan mulus atau tidak. Sehingga, Jika kamu mengambil kredit dari Bank sebagai modal kamu dalam memulai bisnis toko kelontong, maka akan menimbulkan risiko bagi kamu.

Jika modal yang kamu miliki masih kurang dan terpaksa untuk meminjam dari bank, maka pilihlah bunga yang paling rendah dan tidak mencekik. Kamu juga harus menghitung dengan teliti agar keuntungan yang didapatkan dari toko kelontong kamu dapat menutup angsuran bank setiap bulan. Masih terkait dengan modal, Pisahkan uang menjadi dua kelompok yaitu kelompok uang usaha dan juga kelompok uang pribadi. Hal ini bertujuan untuk memudahkan kamu dalam pengelolaan keuangan dalam menjalankan bisnis toko kelontong.

Mempersiapkan Gudang Penyimpanan Stock Barang

Dalam membuka toko kelontong, kamu membutuhkan gudang penyimpanan untuk menjaga stok barang yang dijual agar selalu tersedia. Jika ada stok barang kosong yang dicari oleh pembeli, maka kamu akan kehilangan kesempatan dan tentunya kehilangan konsumen.

Belum lagi, Jika harga barang mengalami kenaikan di masa mendatang, untuk itu menjaga stok barang agar selalu ada merupakan hal yang penting untuk dilakukan agar menjaga pengeluaran kamu dalam menyediakan barang untuk bisnis toko kelontong. Perlu kamu perhatikan, lokasi gudang penyimpanan ini harus berdekatan dengan lokasi bisnis toko kelontong kamu supaya tidak sulit untuk mengatur letak barang nantinya.

Mencari Supplier Barang yang Berkualitas

Jika kamu membuka bisnis toko kelontong, maka kamu akan berhubungan dengan berbagai macam produsen dan distributor barang yang akan menyediakan stok untuk tokoh kamu. Pastikan para supplier barang tersebut menjual barang yang berkualitas karena akan mempengaruhi pelayanan kamu kepada para pelanggan.

Memperhatikan dan Menentukan Lokasi Usaha yang Strategis

Tips bisnis toko kelontong yang selanjutnya, kamu perlu memperhatikan letak atau lokasi toko karena hal tersebut bisa menentukan banyaknya konsumen yang datang. Bisnis toko kelontong yang bagus tentunya memiliki lokasi usaha yang mudah ditemukan oleh para konsumen. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk memilih lokasi yang strategis untuk membuka toko kelontong.

Mengatur Susunan Toko Menjadi Lebih Menarik

Jika kamu ingin memiliki bisnis toko kelontong yang sukses, kamu harus mencoba untuk melakukan inovasi pada pada toko kelontong kamu. Sebaiknya, barang dagangan kamu ditata sedemikian rupa agar tampak lebih rapi dan nyaman bagi para konsumen.

Para pembeli tentu akan lebih menyukai tata letak seperti ini, karena pembeli dapat dengan mudah memilih barang. Kamu juga bisa memisahkan kan barang dagangan sesuai dengan jenisnya agar pelanggan dapat lebih mudah menemukan barang tersebut. Tidak ada salahnya bagi kamu untuk meniru tata letak display yang biasa kamu temui di minimarket dan Toko swalayan. 

Memberikan Pelayanan yang Ramah dan Baik Kepada Pelanggan Toko Kelontong

Kualitas pelayanan menjadi salah satu ujung tombak dari setiap bisnis perdagangan, karena pelanggan akan lebih senang berkunjung ke toko yang harga jualnya lebih tinggi namun pelayanannya ramah. Perlu kamu perhatikan, harga murah saja tidak cukup untuk menarik perhatian para pembeli. Tidak ada salahnya bagi kamu untuk menerapkan slogan 3S yaitu senyum, sapa, dan salam saat menghadapi para pelanggan. 

Dengan cara ini, konsumen juga akan Tidak segan untuk bersikap baik kepada kamu dan akan kembali lagi ke toko kami untuk membeli barang. Bahkan, tidak menutup kemungkinan pelanggan tersebut akan menjadi pelanggan setia di toko kelontong kamu

Sistem Pembukuan Pada Toko Kelontong

Sistem pembukuan yang baik sangat penting dilakukan bagi setiap toko kelontong untuk mencatat setiap transaksi baik pendapatan maupun pengeluaran. Apabila kamu berniat membuka toko setiap hari, maka kamu juga harus mencatat keuangan toko tersebut Setiap hari. 

Hal ini akan memudahkan kamu dalam menyajikan laporan keuangan yang dibutuhkan oleh bisnis toko kelontong sebagai evaluasi untuk kegiatan bisnis di tahun berikutnya. Kamu bisa menyediakan buku keuangan untuk melakukan pencatatan secara manual, atau kamu bisa menggunakan teknologi aplikasi pembukuan keuangan yang ada saat ini untuk memudahkan kamu dalam melakukan pembukuan secara digital.

Akhir kata, itulah pembahasan mengenai tips bisnis toko kelontong yang bisa diikuti bagi kamu para pemula agar bisnis toko kelontong yang kamu mulai dapat sukses dan berkembang pesat. Semoga pembahasan kali ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi kamu yang ingin memulai bisnis toko kelontong. Jangan sampai kelewatan update informasi dari situs kami yang akan membahas mengenai bisnis yang pastinya bermanfaat dan menarik untuk kamu simak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *