Mengapa Ekonomi Kreatif Penting Dibangun di Indonesia? Ini Alasannya!

Sebagai negara dengan kekayaan sumber daya alam yang melimpah, sudah seharusnya Indonesia menjadi negara yang mandiri tanpa harus mengandalkan kebutuhan produk hasil impor dari luar negeri. Namun kenyataannya, hingga saat ini sebagian besar bahan pangan yang ada merupakan hasil impor dari negara lain.

Ekonomi kreatif merupakan salah satu sektor ekonomi yang saat ini sedang menjadi tren dan populer di kalangan masyarakat. Sebagai salah satu sektor ekonomi, ekonomi kreatif cukup banyak membawa dampak positif bagi kemajuan perekonomian bangsa.

Selain itu, banyak yang bertanya mengenai mengapa ekonomi kreatif penting dibangun di Indonesia untuk mengetahui seberapa penting ekonomi kreatif bagi Indonesia. Bagi kamu yang mau tahu, maka kamu bisa menyimak artikel ini sampai selesai yang akan membahas mengenai seberapa penting ekonomi kreatif bagi Indonesia. 

Pengertian Ekonomi Kreatif yang Harus Kamu Tahu!

Mengapa Ekonomi Kreatif Penting Dibangun di Indonesia

Dilansir dari sumber lain, ekonomi kreatif merupakan suatu konsep yang diterapkan pada ekonomi baru siapa intensif informasi dan kreativitas dengan mengandalkan ide dan juga pengetahuan. Kemudian ide serta pengetahuan tersebut berasal dari sumber daya manusia faktor produksi yang diutamakan dan keberadaannya biasanya didukung oleh adanya industri kreatif.

Selain itu, menurut instruksi Presiden Nomor 6 tahun 2019, ekonomi kreatif adalah kegiatan ekonomi yang didasarkan pada kreativitas keterampilan dan bakat individu untuk menciptakan daya kreasi serta daya cipta yang bernilai ekonomis serta berpengaruh pada kesejahteraan masyarakat Indonesia. 

Sedangkan, dari halaman Kementerian pariwisata dan Ekonomi kreatif, bawa ada 18 subsektor ekonomi kreatif yaitu pengembangan permainan, arsitektur, desain interior, musik, seni rupa, desain produk, Fashion, kuliner, film, animasi, dan video, fotografi, desain komunikasi visual, televisi dan radio, kriya, perikanan, seni pertunjukan, penerbitan, dan juga aplikasi.

Dari beberapa informasi di atas, kamu pasti bisa menyimpulkan terkait pengertian dari ekonomi kreatif kami akan membahas mengenai beberapa alasan mengapa ekonomi kreatif sangat penting dibangun di Indonesia dan apa saja pengaruhnya ekonomi bangsa.

5 Alasan Mengapa Ekonomi Kreatif Penting Dibangun di Indonesia 

Tahukah kamu, sejarah potensi industri kreatif bisa dijadikan alternatif untuk mengembalikan kondisi ekonomi masyarakat yang mulai menurun. Apalagi jika dibandingkan dengan sumber daya alam maka potensi ekonomi kreatif cenderung berkembang seiring dengan perkembangan kemampuan pelaku industri ini.

Berikut ini merupakan beberapa alasan yang bisa menjawab pertanyaan mengapa Indonesia perlu mengembangkan sektor ekonomi kreatif, diantaranya yaitu sebagai berikut:

1. Membuka lapangan pekerjaan dan menyerap banyak tenaga kerja

Seperti yang telah kamu ketahui sektor ekonomi kreatif ini cukup beragam dan luas, dan hal ini juga akan berpengaruh terhadap angka penyerapan tenaga kerja yang tentu saja akan lebih banyak dibanding dengan seks industri lagi. Terlebih lagi jika sumber daya manusia di Indonesia dibekali dengan kemampuan khusus, permintaan tenaga kerja perbankan pasti selalu tinggi dalam industri kreatif.

Dengan banyaknya tenaga kerja yang diserap, apakah akan secara langsung mengurangi angka pengangguran di Indonesia. Oleh karena itu, ekonomi kreatif sangat penting dibangun di Indonesia karena secara Lang sudah dapat mengurangi angka kemiskinan di Indonesia lewat lapangan pekerjaan yang terbuka lebar.

2. Memberikan dampak ekonomi positif bagi negara

Kemajuan industri ini secara tidak langsung akan berkontribusi pada meningkatnya kondisi keuangan negara, sehingga pemerintah terus berkomitmen untuk mengembangkan ekonomi kreatif dalam rangka memajukan perekonomian bangsa. Dampak positif yang dihasilkan dari adanya ekonomi kreatif ini berpengaruh terhadap angka pengangguran yang berkurang, juga penurunan angka kemiskinan di Indonesia.

Oleh karena itu, pengembangan ekonomi kreatif sangat penting dilakukan di Indonesia karena bisa memberikan dampak yang positif bagi meningkatnya keuangan negara.

3. Menciptakan identitas bangsa

Tahukah kamu, keberadaan industri kreatif di Indonesia juga dapat membuat negara Indonesia memiliki identitas yang tidak dimiliki oleh bangsa lain. Identitas suatu bangsa dapat kita ciptakan kita memiliki suatu ciri khas budaya tersendiri yang tentu tidak dimiliki oleh negara lain.

Dengan adanya ekonomi kreatif, kita bisa menciptakan identitas tersebut dengan produk-produk yang tentunya akan mempromosikan budaya kearifan lokal. Contoh nyatanya saat ini yaitu Indonesia dikenal sebagai negara penghasil kain batik terbesar yang berhasil diekspor ke berbagai negara di dunia. 

4. Berasal dari sumber daya yang mudah diperbarui

Kamu pasti sudah tahu kalau kreativitas merupakan salah satu kemampuan yang hadir karena adanya kreativitas, inovasi, bakat, serta kemampuan manusia yang diperbarui dan ada secara terus-menerus. Maka, kita tidak perlu takut untuk menghabiskan sumber daya berupa ide dan inovasi untuk menjalankan ekonomi kreatif ini. Oleh karena itu, mengapa ekonomi kreatif penting dibangun di Indonesia sebagai kegiatan ekonomi yang memiliki berbagai dampak positif bagi perekonomian negara.

5. Dapat meningkatkan industri kreatifitas

Untuk mengembangkan ekonomi kreatif, diperlukan orang-orang yang memiliki kreativitas inovasi yang tinggi yang dituangkan dalam sebuah ide dalam kegiatan ekonomi. Bagi kamu yang belum melihat musik kreatif dalam diri kamu, maka kamu tidak perlu khawatir, karena dengan ekonomi kreatif ini kamu akan terbiasa berpikir logis, cepat, dan kreatif.

Sebenarnya, pemikiran kreatif ini tidak hanya diperlukan pada sektor industri ekonomi kreatif, tetapi juga sangat diperlukan dalam setiap industri atau kegiatan ekonomi lainnya. Oleh karena itu, kamu perlu melatih pikiran kamu agar terbiasa untuk berpikir kreatif dan memecahkan berbagai masalah yang ada.

3 Contoh Ekonomi Kreatif yang Bisa Kamu Terapkan 

Setelah kamu mengetahui mengapa ekonomi kreatif penting dibangun di Indonesia , maka selanjutnya kamu bisa mengetahui beberapa contoh industri ekonomi kreatif yang mungkin bisa kamu jadikan sebagai sumber referensi dalam membangun bisnis di bidang ekonomi kreatif. Beberapa contoh ekonomi kreatif yang bisa kamu terapkan diantaranya yaitu sebagai berikut :

1. Teknologi

Seiring berjalannya waktu, teknologi mengalami kemajuan yang sangat pesat, smartphone menjadi alat yang paling melekat dalam diri manusia saat ini. Tahukah kamu, bahwa teknologi merupakan salah satu contoh dari ekonomi kreatif yang ada saat ini.

2. Kuliner

Selanjutnya, kuliner juga menjadi bisnis yang bergerak di bidang ekonomi kreatif yang dalam berangkatnya harus diikuti dengan berbagai inovasi dan kreativitas dari para apa bisnis yang bergerak di sektor ini.

3. Digital marketing

Masih membicarakan Seputar dunia teknologi dan digitalisasi, Saat ini Digital marketing atau pemasaran digital menjadi salah satu alternatif dalam kegiatan ekonomi kreatif dengan cara memasarkan sebuah produk atau layanan melalui media digital dengan bantuan media sosial atau media lainnya.

Akhir Kata

Itulah pembahasan mengenai mengapa ekonomi kreatif penting dibangun di Indonesia yang ternyata memiliki peranan yang sangat penting bagi perekonomian bangsa. Terima kasih bagi kamu yang sudah membaca artikel ini sampai selesai, semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kamu, Jangan lupa untuk mengupdate artikel lainnya dari situs kami ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *