Arti Kata Rasul Secara Bahasa dan Tugas-Tugas nya

Arti Kata Rasul Secara Bahasa – Mungkin dalam kehidupan sehari-hari kalian sering mendengarkan kata Rasul baik dalam pembelajaran sekolah maupun dalam sosial media. Tapi apakah kalian sudah tahu apa arti kata Rasul secara bahasa? Dan arti kata Rasul yang sebenarnya? Jika kalian tertarik untuk mengetahuinya silahkan simak artikel ini sampai habis. 

Kata rasul menurut istilah dan bahasa mempunyai arti yang menarik untuk dikaji dan dipahami arti sebenarnya. Apalagi, mayoritas penduduk Indonesia beragama Islam sehingga kalian yang muslim pun wajib mengetahui, mempelajari dan mengimani para nabi dan Rasul. Sehingga bukan hal yang asing lagi jika kalian ingin belajar lebih dalam mengenai segala sesuatu yang berhubungan dengan Rasul termasuk arti kata Rasul yang menjadi pondasi dasar. 

Nah, hal pertama yang wajib kalian ketahui yaitu bahwa kata Rasul menurut bahasa memiliki makna sebagai utusan. Utusan disini berarti orang yang yang diberi tugas dan tanggung jawab untuk menyampaikan sesuatu atau menjadi penghubung. Dalam agama Islam, rasul diberi tugas menjadi penghubung antara umat dan tuhannya. 

Untuk mengetahui lebih terperinci mengenai arti kata Rasul, kalian dapat menyimak ulasan yang akan kami sampaikan dibawah ini. 

Begini Arti Kata Rasul Secara Bahasa

Arti Kata Rasul Secara Bahasa

Seperti yang sudah kami jelaskan di atas, kata rasul secara bahasa memiliki makna sebagai utusan. Berbeda dengan Rasul, Nabi adalah seseorang yang telah menerima wahyu dari Allah. Jika orang tersebut mendapatkan sebuah tugas untuk menyebarluaskan wahyu maka ia sekaligus menjadi seorang Rasul. 

Sebagai umat muslim yang beragama, nabi dan Rasul merupakan orang yang wajib dipercayai oleh seluruh umat islam di dunia. Karena hal tersebut telah tercantum pada rukun iman yang ke empat yaitu beriman kepada nabi dan Rasul. Jadi, setiap orang yang mengaku muslim harus meyakini bahwa Allah SWT mengutus nabi dan Rasul untuk menyampaikan wahyu kepada umat nya. 

Sebagaimana yang telah kalian ketahui, Nabi Muhammad SAW adalah seorang Rasul yang diberi tugas untuk menyebarluaskan ajaran islam ke seluruh dunia. Sebelumnya, sudah ada beberapa Rasul yang diutus oleh Allah SWT untuk menyampaikan wahyu pada setiap umat nya. Nabi Muhammad SAW sebagai rasul utusan yang terakhir, menjadi penyempurna ajaran-ajaran terdahulu yang telah dibawa dan disampaikan oleh para Rasul sebelum nabi Muhammad SAW. 

Tidak cukup hanya dengan mengetahui dan memahami arti kata Rasul secara bahasa. Sebagai seorang utusan Allah SWT, tentu mereka memiliki tugas yang harus dijalankan seperti berikut ini. 

Tugas Rasul Sebagai Utusan Allah SWT

Allah SWT mengutus para Rasul pasti ada sebabnya, hadirnya nabi dan Rasul adalah sebagai suri teladan umat manusia. Artinya, teladan dalam hal kesabaran dan menanggung penderitaan dalam memperjuangkan Islam, suri teladan dalam ketabahan memegang prinsip, teladan dalam saling mencintai dan persaudaraan antar umat beragama serta teladan dalam semua akhlak mulia. 

Dari beberapa sumber yang kami peroleh, berikut ini merupakan tugas-tugas Rasul sebagai utusan Allah SWT:

  • Menegakkan ketauhidan untuk meyakini dan mengesakan Allah SWT
  • Menyampaikan syariat-syariat Allah SWT kepada umat manusia dan menjelaskan agama yang telah diturunkan kepada manusia
  • Menyampaikan kepada umat nya tentang hal-hal gaib sesuai dengan ketentuan Allah SWT
  • Memberikan kabar gembira bagi umat yang taat dan patuh kepada Allah SWT dan memberikan peringatan bagi umat yang melanggar perintah Allah SWT
  • Memberikan contoh-contoh teladan seperti perilaku yang baik dalam kehidupan sehari-hari atau keteladanan yang menjadi panutan dalam perbuatan sehari-hari
  • Menyampaikan alasan untuk jangan pernah membantah Allah SWT
  • Memperingatkan umat manusia akan adanya hari akhir
  • Membimbing umat manusia ke jalan yang benar dan lulus
  • Mengajarkan kepada umat manusia cara-cara beribadah

Nah, bagaimana apakah dengan ulasan yang kami berikan sekarang kalian sudah mengetahui dan paham arti kata Rasul sebagai utusan Allah SWT serta memahami tugas-tugas yang dilakukan nya? 

Akhir kata, demikian informasi mengenai Arti Kata Rasul Secara Bahasa yang dapat kami berikan. Semoga menambah wawasan kalian semua, tunggu update an menarik di situs kami selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *