Arti Nisfu Sya Ban Menurut Islam dan Amalannya yang Harus Kamu Tahu!

Sebagian umat muslim pastinya sudah tahu jika malam nisfu sya’ban akan jatuh pada hari jumat 18 maret 2022 sampai sabtu 19 maret 2022. Lantas sebenarnya apa itu nisfu sya’ban dan apa arti nisfu sya’ban menurut islam? 

Syaban sendiri merupakan salah satu nama bulan kalender islam yang terdapat di antara bulan Rajab dan bulan Ramadhan. Kabarnya, pada bulan sya’ban ini seluruh amalan-amalan kebaikan manusia akan diangkat oleh Allah SWT. Di Indonesia, malam nisfu sya’ban biasanya diperingati dengan melakukan berbagai kegiatan ibadah seperti mengadakan sholat berjamaah, membaca surat yasin bersama dan berdoa di masjid bersama sebagai rasa wujud syukur karena kurang lebih setengah bulan lagi akan dipertemukan dengan bulan Ramadhan. 

Simak ulasan mengenai apa arti sebenarnya dari nisfu sya’ban dan amalan-amalan seperti apa yang harus dilakukan umat muslim pada malam nisfu sya’ban, agar kita semakin paham dengan rangkaian ibadah yang sedang kita lakukan. 

Apa Arti Nisfu Sya Ban Menurut Islam?

arti nisfu sya ban menurut islam

Bulan nisfu sya’ban merupakan bulan sebelum datang nya bulan Ramadhan. Nabi Muhammad SAW pernah bersabda bahwa siapa saja yang menyebarkan dan memberitahu berita datang nya bulan syaban kepada umat yang lain, maka haram api neraka untuk nya. 

Sebanyak 30 hari di bulan sya’ban ini, terdapat satu malam yang mendapat keistimewaan atau kekhususan yaitu malam nisfu sya’ban. Nisfu sendiri memiliki arti pertengahan, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa nisfu sya’ban memiliki arti pertengahan di bulan sya’ban dan diperingati setiap tanggal 15 bulan kedelapan dari kalender Islam. 

Sebagian umat muslim di dunia memperingati malam nisfu sya’ban sebagai malam diubahnya arah kiblat dari masjidil Aqsha menuju masjidil haram. Pada malam tersebut Allah SWT akan mengawasi hamba nya yang mendirikan sholat malam atau qiyamul lail. Sedangkan sebagian ulama salaf mengerjakan shalat sunnah pada malam nisfu sya’ban yang disebut dengan shalat al khair atau yang disebut dengan shalat kebaikan. 

Menurut riwayat Al-Hasan, sahabat-sahabat nabi pernah menyampaikan kepada nya tentang apa saja keutamaan menjalankan shalat nisfu sya’ban yaitu ” Barang siapa saja yang melakukan shalat sunnah di malam nisfu sya’ban, maka Allah SWT akan memandang nya sebanyak 70 kali dan setiap pandangan tersebut akan mengabulkan 70 kebutuhan nya. Adapun pandangan paling dekat adalah memberikan sebuah pengampunan”.

Tidak hanya itu, malam nisfu sya’ban juga disebut sebagai malam maghfirah atau malam pengampunan. Imam Al Ghazali RA mengistilahkan malam nisfu sya’ban sebagai satu malam yang penuh dengan syafaat dan pertolongan dari Allah SWT. Pasalnya pada malam istimewa tersebut, Allah SWT akan memberikan pengampunan kepada seluruh hambanya yang telah beriman dan beramal soleh. 

Namun, Allah SWT tidak akan memberikan suatu pengampunan bagi siapapun yang telah menyekutukan nya. Setiap amalan yang telah diperbuat Rasulullah SAW pastinya memiliki ganjaran yang baik, apalagi jika menjalankan nya di malam nisfu sya’ban maka akan berlipat ganda ganjaran baik yang didapat. 

Amalan Sunnah Pada Malam Nisfu Sya’ban

Nah, jika diatas tadi kita membahas arti nisfu sya’ban beserta keutamaan baiknya. Sekarang kita akan membahas beberapa amalan sunnah yang dianjurkan pada bulan nisfu sya’ban di malam penuh pengampunan ini. 

  1. Memperbanyak doa kepada Allah SWT dengan harapan mendapat pengampunan segala dosa. 
  2. Membaca dua kalimat syahadat sebanyak-banyaknya terlebih pada malam nisfu sya’ban. 
  3. Memperbanyak istighfar dan berdzikir kepada Allah SWT terlebih di bulan nisfu sya’ban sangat dianjurkan untuk meminta ampunan. 
  4. Melakukan sholat sunnah seperti sholat taubat, sholat hajat dan sholat tasbih. 
  5. Dianjurkan membaca surat yasin sebanyak tiga kali untuk memohon panjang umur, diluaskan rezekinya dan dikuatkan iman Islam nya. 
  6. Melakukan puasa syaban. 
  7. Memperbanyak membaca kalimat tahlil. 
  8. Meminta maaf kepada orang lain
  9. Dan masih banyak lagi

Dengan mengetahui amalan-amalan yang dikerjakan pada bulan nisfu sya’ban akan menjadi semangat tersendiri bagi kita untuk selalu menjalankan amalan tersebut agar mendapatkan banyak pahala dari Allah SWT. 

Demikian pembahasan mengenai Arti Nisfu Sya Ban Menurut Islam dan amalan nya yang telah kami sampaikan. Semoga bermanfaat dan tunggu terus update an menarik di situs kami selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *