Apa Arti Dera Menurut KBBI? Ini Penjelasan dan Contoh Kata Penggunaannya!

Apakah saat ini kamu sedang mencari Apa arti dera menurut KBBI yang merupakan salah satu kata dalam bahasa Indonesia ? Jika iya, maka kamu wajib menyimak pembahasan berikut ini yang akan menjelaskan tentang arti kata dera menurut berbagai sumber agar kamu lebih paham dengan arti kata tersebut.

Kemajuan teknologi dan komunikasi membuat kosakata dalam bahasa Indonesia terus bertambah dan berkembang di tengah masyarakat. Media sosial menjadi salah satu penyebab bertambahnya kosakata dalam bahasa Indonesia, sebab media sosial membuat banyak orang bisa saling terhubung dan berinteraksi tanpa mengenal jarak.

Hal tersebut juga membuat beberapa kosakata baru yang ada di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia berasal dari bahasa asing (kata serapan).

Biasanya, saat kamu sedang bingung mengenai arti kata, maka kamu bisa mencarinya di kamus besar bahasa Indonesia (KBBI). Namun, seiring perkembangan teknologi dan informasi yang semakin pesat membuat banyak orang yang lebih mudah dalam mencari arti kata. 

Saat ini, banyak orang yang sedang mencari Apa arti dera yang merupakan salah satu kosakata dalam bahasa Indonesia.

Oleh karena itu, pada pembahasan kali ini kami akan membagikan informasi mengenai arti kata dera yang akan kami rangkum untuk kamu. Bagi kamu yang penasaran, yuk langsung saja simak pembahasan lengkapnya berikut ini supaya kamu tidak penasaran lagi dengan arti kata tersebut.

Apa Arti Dera Menurut KBBI?

Apa Arti Dera

Apakah kamu penasaran dengan arti kata Dera yang seringkali ada dalam suatu kalimat ? Perlu kamu ketahui, kata Dera merupakan salah satu kosakata yang ada di dalam bahasa Indonesia yang biasanya bisa kamu temukan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Ternyata, masih banyak orang yang belum mengetahui makna dari kata Dera yang sebenarnya sehingga mereka mencarinya di internet.

Tahukah kamu, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia drama memiliki arti pukulan (dengan rotan, cemeti, dsb) sebagai hukuman. Kata dera memiliki arti dalam kelas nomina atau kata benda sehingga dapat menyatakan nama seseorang, tempat, atau semua benda dan segala yang dibendakan. Biasanya, kata Dera memiliki berbagai kata turunan salah satunya yaitu mendera yang bisa termasuk ke dalam jenis kata kerja maupun kata sifat.

Selain itu, kata dera juga biasa digunakan dalam kelas adjectiva atau kata sifat dalam suatu kalimat, sehingga dapat menyatakan suatu keadaan. Untuk memahaminya, berikut akan kami berikan contoh penggunaannya dalam kalimat bahasa Indonesia.

Baca Juga:

Contoh Penggunaan Kata Dera dalam Kalimat

Setelah kamu mengetahui apa arti dera yang sebenarnya, maka ada baiknya bagi kamu untuk mengetahui contoh penggunaan kata dalam suatu kalimat. Berikut merupakan contoh penggunaan kata Dera dalam suatu kalimat agar kamu lebih paham dengan makna dan arti dari kata tersebut.

  • Algojo mendera terpidana dengan cambuk seratus kali.
  • Budi mendera anak itu dengan rotan karena telah mencuri mangga miliknya.
  • Ali didera oleh pamannya dengan tongkat kayu karena memecahkan piring.
  • Ani didera rasa kekhawatiran karena sang pujaan hati tidak kunjung pulang.
  • Rasa perih di hati kian mendera tiap kali teringat akan tragedi yang pernah terjadi.

Beberapa kalimat diatas merupakan contoh kalimat yang menggunakan kata mendera dan di daerah yang merupakan kata turunan dari kata dasar dera yang apabila diartikan memiliki arti pukulan, memukul, atau dipukul (dengan rotan, cemeti, dsb) sebagai bentuk hukuman kepada seseorang.

Manfaat Mengetahui Arti Kata Dera yang Bisa Didapatkan

Dengan mengetahui banyak kosakata dalam bahasa Indonesia, kamu telah ikut berperan dalam menjaga identitas bangsa. Karena, pada dasarnya bahasa merupakan suatu identitas yang harus terus dijaga dari generasi ke generasi agar tidak memudar. Jika semakin banyak orang yang mencintai bahasa Indonesia, maka akan menjadikan bahasa kita lebih dikenal oleh banyak orang bahkan hingga ke seluruh dunia.

Saat ini, kamu tidak perlu bingung untuk mencari arti kata Karena kamu hanya perlu menggunakan perangkat elektronik yang terhubung ke jaringan internet untuk dapat mengetahui arti kata dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Akhir kata, itulah informasi mengenai Apa arti dera menurut KBBI yang merupakan salah satu kosakata dalam bahasa Indonesia yang memiliki berbagai arti yang berbeda dalam kalimat. Semoga informasi kali ini dapat membantu kamu dalam memahami arti kata dera, dan jangan lupa untuk selalu mengupdate informasi lainnya yang bermanfaat dari situs kami.

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *