Kenapa Zoom Tidak Ada Suaranya? Ini Dia Penyebab dan Solusinya!

Selain Google meet, aplikasi zoom cukup populer untuk digunakan sebagai online video conference dalam berbagai kesempatan dalam pekerjaan ataupun pembelajaran. Zoom bisa digunakan secara gratis atau berbayar tergantung dengan kebutuhan pengguna, bagi yang ingin mengadakan rapat dalam skala besar maka harus menggunakan zoom yang berbayar seperti misalnya level universitas maupun perusahaan.

Kepopuleran aplikasi zoom tentunya tidak terlepas dari kemudahan penggunaannya, dukungan serta fitur yang ada di zoom membuat pengguna merasa betah untuk menggunakan aplikasi yang satu ini. Namun, dibalik mudahnya untuk menggunakan aplikasi ini ada saja kendala yang terjadi misalnya kenapa zoom tidak ada suaranya? Padahal kamu sudah yakin menghidupkan volumenya di perangkat ponsel atau laptop.

https://calonpengangguran.com/2022/03/03/mahasiswa-uin-viral/

Kuncinya yaitu jangan panik karena kendala ini sangat bisa diatasi, secara garis besar hal ini disebabkan oleh setting atau pengaturan yang tidak sesuai sehingga perangkat tidak bisa mengeluarkan suara pada aplikasi tertentu. Berikut ini kami sudah merangkum informasi lengkapnya tentang penyebab dan solusi tentang aplikasi zoom tidak ada suaranya. 

Penyebab dan Solusi Kenapa Zoom Tidak Ada Suaranya

kenapa zoom tidak ada suaranya

Pentingnya aplikasi Zoom tentu membuat setiap pengguna mengandalkan aplikasi yang satu ini untuk melakukan meeting jarak jauh, apalagi sejak pandemi kegiatan mengajar serta bekerja orang-orang harus melakukan segalanya di rumah dan mengurangi intensitas keluar dan berinteraksi dengan orang lain agar menghindari penyebaran virus covid-19. Aplikasi ini bisa digunakan melalui ponsel dan laptop sehingga sangat kompatibel di perangkat apapun.

Kembali ke pembahasan utama, kenapa aplikasi Zoom tidak mengeluarkan suara saat kita menggunakannya? Istilah ini sering disebut juga mute yaitu nonaktif fitur suara pada aplikasi sehingga kamu tidak bisa mendengar apapun serta mengatakan apapun. Pada kasus yang berbeda bisa juga terjadi karena hal-hal berikut ini:

1. Belum Mengaktifkan Fitur Join Audio Pada Zoom

Penyebab pertama yang sering terjadi saat Zoom tidak mengeluarkan suara apapun yaitu karena kamu belum mengaktifkan fitur join audio pada Zoom. Sebenarnya fitur ini bisa kamu aktifkan secara otomatis pada pengaturan aplikasi Zoom, namun sebagian pengguna lebih suka mengaktifkannya secara manual saat sudah tergabung dalam aplikasi atau meeting. Sehingga hal ini seringkali menyebabkan lupa atau salah mengklik fitur audio.

Bagi kamu yang sudah sering menggunakan aplikasi Zoom pastinya mengetahui saat kita mengklik atau mengaktifkan untuk pertama kali fitur audio maka ada dua pilihan. Pilihan yang pertama yaitu join audio di mana kamu bisa mendengarkan apa yang orang lain katakan begitupun orang lain juga bisa mendengar apa yang kamu katakan. Jika kamu salah mengklik fitur lainnya maka tentu saja suara tidak akan terdengar sama sekali.

2. Belum Mengaktifkan Akses Perangkat Audio 

Penyebab kenapa Zoom tidak ada suaranya selanjutnya yaitu karena kamu tidak memberikan akses perangkat audio saat menggunakan aplikasi Zoom. Biasanya saat kamu pertama kali membuka atau mengaktifkan aplikasi Zoom kemudian mengklik fitur audio maka akan muncul pertanyaan untuk mengizinkan penggunaan akses perangkat audio. Jika muncul pertanyaan seperti itu maka jangan lupa untuk klik yes atau setuju.

Jika kamu tidak mengizinkan penggunaan perangkat audio di ponsel maupun laptop maka otomatis suaranya tidak akan keluar sehingga kamu tidak akan mendengar suara apapun dan suara kamu juga tidak akan didengar oleh siapapun. Setujui aplikasi Zoom untuk menggunakan perangkat microphone dan audio. 

3. Ada Kesalahan Sistem dan Bug

Penyebab selanjutnya yaitu adanya kesalahan sistem di perangkat yang menyebabkan fitur atau layanan pada Zoom terkendala sehingga kamu perlu restart terlebih dahulu ketika hal ini terjadi. Seperti kita tahu pada ponsel ataupun laptop memiliki sistem operasi untuk menjalankan berbagai aplikasi namun jika sistem operasi tersebut sedang error maka akan berpengaruh juga pada ada aplikasi yang dijalankan.

Selain adanya kesalahan pada sistem operasi, bug dalam aplikasi juga sangat mempengaruhi performa sehingga sering kali aplikasi tidak mengeluarkan suara. Bug biasanya terjadi dikarenakan pemakaian aplikasi yang sering dan menyebabkan cache yang menumpuk sehingga kamu harus restart aplikasinya terlebih dahulu agar menjadi lebih lancar saat digunakan.

Penutup

Akhir kata, terima kasih sudah membaca artikel ini sampai selesai dan kami harap informasi yang kami rangkum ini ini dapat membantu kamu menyelesaikan permasalahan aplikasi Zoom yang tidak mengeluarkan suara. Sekian penyebab serta cara mengatasi yang bisa kami informasikan melalui artikel ini serta nanti kan selalu update informasi dari situs kami selanjutnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *