Apa Arti Kata Ghosting Dalam Bahasa Gaul? Ini Penjelasan Lengkapnya!

Bahasa gaul saat ini menjadi trend anak muda zaman sekarang dalam berkomunikasi, tidak jarang istilah-istilah tersebut lahir dari bahasa asing yang kemudian diserap menjadi bahasa sehari-hari.

Salah satu kata yang mungkin tidak asing lagi buat kamu yaitu ghosting, bahkan kata ghosting juga sudah dipakai dalam lirik lagu Tiktok yaitu “kang ghosting”. Membahas tentang ghosting, sebenarnya apa arti kata ghosting dalam bahasa gaul?

Ghosting biasanya digunakan untuk menunjukkan seseorang yang dulunya dekat tiba-tiba menghilang, bisa dibilang orang yang menghilang tersebut telah memberikan harapan palsu untuk menjalin hubungan percintaan namun ternyata menghilang begitu saja tanpa kabar dan tanpa alasan yang jelas.

Menghilang dalam hal ini bukanlah menghilang selamanya namun benar-benar lost contact dan tidak bisa dihubungi. 

Semakin hari penggunaan kata ghosting sering digunakan dan cukup menjadi fenomena anak muda karena kejadian seperti ini ternyata tidak hanya dialami oleh satu orang atau segelintir orang saja.

Untuk mengetahui lebih jauh tentang apa arti ghosting dalam bahasa gaul yang sering dipakai dalam bahasa gaul berikut ini kami sudah merangkum informasinya yang bisa kamu simak.

Arti Kata Ghosting Dalam Bahasa Gaul

Arti Kata Ghosting Dalam Bahasa Gaul

Kata ghosting secara bahasa jika diterjemahkan memiliki arti tiba-tiba menghilang, jika kamu mengetahui kata dasarnya yaitu ghost yang berarti hantu namun ini merupakan kata sifat karena memiliki imbuhan -ing. Kata ghosting biasanya dipakai untuk menggambarkan orang yang tiba-tiba menghilang tiada kabar namun memang istilah ini identik dengan suatu hubungan entah itu hubungan pertemanan atau hubungan percintaan.

Ghosting sendiri terjadi di biasanya pada masa-masa PDKT atau pendekatan, bisa juga terjadi saat sudah menjalin hubungan atau masih mengenal satu sama lain. Sejak munculnya kata ghosting dalam bahasa gaul membuat istilah ini menjadi viral, ditambah lagi banyak public figure yang digosipkan melakukan ghosting kepada pasangannya contohnya Kaesang Pangarep yang meninggalkan Felicia tissue tanpa kabar yang jelas. 

Momen ghosting memang sangat menyakitkan, bagaimana tidak karena seseorang yang sudah berharap namun ditinggalkan begitu saja tanpa penjelasan apapun sehingga istilah ghosting sangat cocok untuk digunakan pada kondisi seperti ini. Semakin populernya kata ini membuat penggunaan kata ghosting meluasdan digunakan untuk orang-orang yang menghilang tanpa kejelasan entah itu dalam hal bisnis, pekerjaan, dan lain-lain.

Kata ghosting dilekatkan untuk satu pihak saja lihat saja sedangkan pihak lainnya menjadi korban. Untuk itu banyak orang yang selalu waspada dengan orang-orang yang mendekati secara tiba-tiba karena dikhawatirkan juga akan menghilang secara tiba-tiba. Alasan seseorang melakukan ghosting disebabkan berbagai hal seperti merasa tidak cocok, menemukan yang lebih baik, berubah pikiran, dan masih banyak lagi.

Penggunaan dan Contoh Ghosting Dalam Bahasa Gaul

Contoh ghosting dalam kehidupan sehari-hari seringkali ditemui karena fenomena ini cukup viral beberapa tahun terakhir. Orang yang ghosting biasanya akan susah dihubungi, bahkan akan susah ditemui. Tanda-tanda orang yang melakukan ghosting tentu saja orang tersebut seakan lari dan menghindari, bagi kamu yang bertemu dengan orang seperti ini maka sebenarnya sudah tidak bisa diharapkan lagi. 

Perlu kamu tahu bahwa orang yang akan melakukan ghosting sudah terlihat tanda-tandanya dan berikut sudah kami rangkum contoh ghosting yang biasanya digunakan dalam bahasa gaul dari perilaku hingga penggunaan katanya. 

  • Biasanya orang yang akan melakukan ghosting lambat laun akan mengurangi intensitas dalam berkomunikasi maupun berkomentar, ini berlaku saat fase pendekatan
  • Seseorang yang akan melakukan ghosting tiba-tiba jarang respon dan cuek tanpa alasan yang jelas bahkan kamu akan sulit menghubunginya di waktu santai sekalipun
  • Saat berkomunikasi dia sengaja membuat kamu kesal agar menghindarinya dan dia mempunyai alasan untuk ghosting tanpa merasa bersalah
  • Tapi kamu yang sudah menjalani hubungan yang cukup lama, tidak menutup kemungkinan pasangan kamu juga akan ghosting jadi perhatikan setiap perubahan dari perilaku pasangan kamu

Itulah beberapa tanda perilaku yang berpotensi untuk melakukan ghosting dan kamu harus menyiapkan diri agar hati dan perasaan kamu tidak terluka saat dia benar-benar menghilang dan tidak memberi kabar sedikitpun dalam waktu yang lama.

Baca Juga:

Penggunaan Kata Ghosting yang Benar

Berikut ini kami juga akan memberikan penggunaan kata ghosting dalam bahasa gaul agar kamu tidak salah paham dalam berkomunikasi ketika menggunakan istilah ini:

  • Ternyata selama ini dia tidak serius dan aku sudah di ghosting dua hari ini
  • Kamu jangan pernah ghosting ya, lebih baik jujur dan terus terang 
  • Cie yang ghosting si doi, dia jadian sama yang lain ya
  • Cowok ghosting itu ga menghargai perasaan banget, 
  • Dan masih banyak lagi dalam bahasa gaul

Akhir Kata

Sebagai penutup kami ucapkan terima kasih telah membaca artikel kami sampai selesai tentang arti kata ghosting dalam bahasa gaul. Semoga artikel kali ini dapat menambah kosakata berbahasa kamu dan kami harapkan tidak ada yang mengalami ghosting ya. Sampai jumpa di artikel terbaru selanjutnya!

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *