Apa Arti Gumiho Dalam Bahasa Korea? Penjelasannya Disini!

Apa Arti Gumiho Dalam Bahasa Korea – Semua negara di dunia ini pastinya memiliki banyak cerita legenda atau kisah rakyat mereka sendiri. Cerita legenda yang terdengar secara turun temurun tersebut pun sangat bergantung pada budaya mereka, sehingga setiap negara dengan budaya yang berbeda maka akan mempunyai cerita rakyat yang berbeda pula. 

Tidak terkecuali Korea Selatan yang terkenal sebagai negara industri hiburan yang juga memiliki cerita rakyat paling terkenal yaitu Gumiho. Seiring melejit nya negri gingseng ini semakin banyak orang di seluruh dunia yang mulai tertarik dengan budaya dan cerita legenda mereka seperti cerita gumiho yang telah meramaikan dunia industri entertainment Korea selatan sejak lama. 

Namun, tahukah kalian apa arti gumiho yang sebenarnya? Jika kalian ada penikmat drama Korea pastinya sudah tidak asing lagi dengan cerita gumiho yang banyak dijadikan tema K-Drama dan lainnya. Biar makin paham, silahkan simak artikel ini sampai selesai agar tidak keliru lagi mengenai arti gumiho. 

Arti Gumiho Dalam Bahasa Korea

Arti Gumiho Dalam Bahasa Korea

Gumiho merupakan salah satu cerita rakyat di Korea Selatan yang bercerita mengenai rubah ekor sembilan legendaris. Dalam pengucapan Korea, Gu dalam kata gumiho memiliki makna sembilan dan gumiho sendiri banyak diucapkan sebagai kumiho oleh warga Korea Selatan. 

Meskipun dikatakan sebagai cerita rakyat Korea Selatan, nyatanya legenda ini pertama kali berasal dari negeri Tiongkok berabad-abad silam. Banyak orang menduga jika gumiho Korea mempunyai karakteristik yang mirip dengan makhluk Huli Jing Tiongkok dan Kitsune Jepang. Dibawah ini beberapa fakta arti gumiho dalam image Korea Selatan. 

1.Siluman Ekor Sembilan Yang Terkenal Jahat

Gumiho atau juga kumiho dikenal sebagai siluman mitologi Korea yang mempunyai wujud manusia rubah ekor sembilan. Dalam banyak cerita fantasi, rubah banyak dikenal sebagai makhluk yang licik dan jahat. Akan tetapi, tidak sedikit sumber lain yang kami terima menyatakan jika gumiho digambar sebagai roh rubah yang membawa keberuntungan dengan sebuah buku di mulut nya. 

Jika dilihat dari kisah turun temurun di Korea Selatan, gumiho biasanya menjelma sebagai wanita cantik rupawan untuk merayu banyak pria lalu kemudian dimangsa untuk dimakan jantung atau hati mereka. 

2.Memiliki Umur Yang Panjang dan Bertambah Kuat Dengan Memangsa Manusia

Seperti yang kalian tahu, makhluk setengah manusia dan setengah rubah ini memiliki banyak sekali versi cerita sehingga kita tidak tahu mana cerita aslinya. Namu, cerita yang paling terkenal adalah versi drama Korea yang merupakan makhluk menyedihkan dengan hasrat ingin menjadi manusia seutuhnya. 

Untuk dapat menjadi manusia seutuhnya, konon gumiho tidak boleh menunjukkan wujud rubah nya dan harus memangsa atau menyerah energi dari ribuan manusia untuk bisa mendapatkan kekuatan surga. 

3.Lenyap Jika Tidak Memangsa Seribu Manusia Dalam Seribu Tahun

Banyak rumor yang beredar di Korea Selatan mengatakan jika dalam kurun waktu Seribu tahun gumiho gagal memangsa Seribu manusia maka ia akan lenyap menjadi gelembung atau gagal menjadi manusia seutuhnya. Nah, jika rubah tersebut telah hidup selama Seribu tahun lamanya maka rubah tersebut bukanlah sembarangan rubah melainkan gumiho. 

4.Mirip Dengan Legenda Huli Jing China dan Kitsune Jepang

Seperti yang sudah kami katakan sebelum nya, cerita rakyat seperti gumiho tidak hanya ada di Korea Selatan namun juga ditemukan dalam mitos jepang dan china. Hanya saja, karakter gumiho jauh lebih kejam dan licin dibandingkan dengan dua siluman rubah dari dua negara tersebut. 

Jika Huli Jing dan kitsune dikenal sebagai makhluk yang baik, jahat, netral atau ambigu. Sedangkan gumiho, walaupun mempunyai sisi yang baik namun ia lebih cenderung ke arah negatif sebagai karakter egois yang hanya memikirkan diri sendiri. Gumiho dalam cerita rakyat Korea Selatan banyak diceritakan jika ia bahkan tega membunuh atau menghabisi siapapun yang menghalangi dan membahayakan mereka. 

Akhir kata, demikian ulasan lengkap mengenai apa arti gumiho kisah legenda dari negeri Korea Selatan yang dapat kami sampaikan. Semoga menambah wawasan kalian semua dan tunggu terus update an menarik di situs kami selanjutnya. 

Baca Juga:

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *