Apa Arti Kata Mosi Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia? Ini Penjelasannya!

Mungkin kalian sering membaca di sosial media atau mendengar nya secara langsung kata ‘mosi’ atau ‘mosi tidak percaya’ yang sempat menjadi trending lantaran pengesahan RUU Cipta Kerja atau kasus lainnya. Namun, tahukah kalian apa itu mosi? Dan apa arti kata mosi? Silahkan simak artikel ini sampai selesai agar tidak tertinggal penjelasan lengkap nya. 

Secara umum, mosi adalah hasil keputusan dari suatu rapat yang sering muncul dalam kegiatan protes atau demokrasi yang dilakukan oleh sebagian masyarakat.

Maka tidak heran lagi, jika kata ‘mosi’ atau ‘mosi tidak percaya’ sudah tidak asing lagi di telinga atau bahkan kalian sudah pernah terjun langsung  melakukan aksi demokrasi sambil meneriaki kata mosi dan sebagainya. Meskipun demikian, nyatanya masih banyak orang yang tidak mengerti apa itu mosi. 

Jika kalian masih ingat aksi demo pada tahun 2019 lalu, kata mosi atau mosi tidak percaya juga telah digunakan oleh masyarakat dan mahasiswa di aksi damai #GejayanMemanggil. Tidak bisa kita pungkiri, belakang ini kebijakan pemerintah memang menjadi sorotan tajam masyarakat seperti kebijakan RUU HIP, RUU PKS, pengesahan RUU Cipta Kerja dan lainnya. 

Nah, untuk lebih mengetahui dan memahami pengertian mosi, simak ulasan berikut ini yang telah kami rangkum untuk kalian yang penasaran dengan arti mosi sebenarnya. 

Arti Kata Mosi Dalam KBBI

Arti Kata Mosi

Dilihat dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) arti mosi adalah keputusan hasil rapat. Tidak hanya itu, dalam KBBI pun dijelaskan bahwa kata mosi terbagi menjadi dua jenis, yaitu ‘mosi percaya’ dan ‘mosi tidak percaya’. Maka sudah tidak heran jika kata mosi memiliki hubungan lekat dengan pemerintah. 

Tidak hanya dimaknai sebagai keputusan hasil rapat, kata mosi juga sering ditemukan dalam kegiatan debat sebagai salah satu unsur penting. Debat sendiri merupakan suatu aktivitas yang dilakukan dengan pembahasan topik tertentu dan pertukaran pendapat mengenai topik tersebut. Dalam kegiatan debat, para peserta harus bisa memberi alasan dan mempertahankan argumen yang telah dilontarkan. 

Mosi dalam debat sendiri diartikan sebagai suatu istilah untuk menyebut topik yang akan dibahas dalam aksi debat tersebut. Dengan kata lain, mosi atau topik ini harus ditentukan sebelum dimulainya debat. 

Kembali ke pokok utama di mana kata mosi terbagi menjadi dua yaitu mosi percaya dan mosi tidak percaya. Jika kalian masih bingung dengan dua makna mosi tersebut, simak penjelasannya di bawah. 

1.Arti Mosi: Tidak Percaya

Mosi tidak percaya merupakan pernyataan tidak percaya dari Dewan Perwakilan Rakyat terhadap kebijakan baru yang dikeluarkan pemerintah.

Sedangkan dalam kamus Cambridge, mosi tidak percaya adalah suatu peristiwa dimana sebagian besar anggota parlemen atau suatu organisasi mengatakan bahwa mereka tidak mendukung atau tidak percaya kepada orang yang berwenang dan tidak setuju dengan tindakan yang dilakukan pemerintah atau orang berwenang tersebut. 

Dari info yang kami dapat, mosi tidak percaya sudah banyak digunakan oleh negara-negara dengan sistem pemerintah parlementer. Hal ini menunjukkan kepada kepala negara bahwa parlemen yang terpilih tidak lagi mempunyai kepercayaan pada anggota pemerintah yang ditunjuk. 

Mosi tidak percaya seringkali digunakan untuk menyampaikan aspirasi masyarakat yang merasa tidak puas dengan hasil keputusan pemerintah yang dinilai tidak bijak dan tidak adil. Meskipun kata mosi tidak percaya baru populer akhir-akhir ini, nyatanya mosi tidak percaya bukanlah hal yang baru dan telah digunakan sejak abad ke -19. 

2. Arti Mosi: Percaya

Mosi percaya memiliki makna sebaliknya dari mosi tidak percaya. Meski kata ini jarang di publikasikan, mosi percaya merupakan mosi yang menyatakan bahwa wakil rakyat percaya kepada kebijakan baru yang dikeluarkan pemerintah. Dalam lingkup anggota parlemen atau organisasi, mosi kepercayaan akan muncul secara otomatis saat kebijakan yang dibuat di percayai oleh para anggotanya. 

Oleh karena itu, kata mosi kepercayaan tidak pernah di publikasi kan seperti mosi tidak percaya yang hadir sebagai bentuk aspirasi atau demokrasi masyarakat.

Akhir Kata

Demikian ulasan mengenai apa arti kata mosi yang dapat kami sampaikan. Semoga menambah wawasan kalian dan tunggu informasi menarik lainnya.

Baca Juga:

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *