Aplikasi BOP Paud 2022, Begini Cara Mudah Menggunakannya!

Aplikasi BOP Paud 2022 – Bagi para tenaga pendidik di jenjang pendidikan anak usia dini (PAUD) dan pendidikan kesetaraan tentu saja tidak asing lagi dengan aplikasi pendidikan yang satu ini. Aplikasi BOP atau bantuan operasional penyelenggaraan merupakan sebuah aplikasi yang dikhususkan bagi sekolah pada jenjang PAUD dan setara yang memiliki fungsi penting bagi dunia pendidikan pada jenjang tersebut.

Saat ini, setiap tenaga kerja kependidikan pada jenjang PAUD harus mengetahui mengenai Apa itu aplikasi BOP Paud 2022 dan cara menggunakan aplikasi ini. Bagi kamu yang belum mengetahuinya, maka kamu wajib menyimak ulasan lengkapnya pada artikel kali ini agar kamu lebih memahami dan mengetahui cara kerja dari aplikasi ini.

Informasi Mengenai Aplikasi BOP Paud 2022 yang Wajib Kamu Tahu!

aplikasi bop paud 2022

Tahukah kamu, aplikasi BOP 2022 merupakan sebuah aplikasi pengembangan dari aplikasi yang sudah ada sebelumnya yaitu BOP SIMDAK 2020. Aplikasi ini merupakan versi terbaru dari Kementerian Pendidikan dan kebudayaan bagi jenjang pendidikan anak usia dini (PAUD) dan juga pendidikan kesetaraan. 

Aplikasi BOP Paud ini memiliki fungsi yang sangat penting, pasalnya aplikasi ini berfungsi sebagai platform untuk melakukan pengolahan data, Surat Keterangan nominatif, lembar kerja dalam sebuah rekap proposal, dan sebagai laporan bantuan operasional serta hal-hal yang berkaitan dengan administrasi pada sekolah PAUD.

Selain itu, pelaporan BOP sendiri terdiri atas proses penginputan rencana anggaran serta penginputan realisasi anggaran. Pada penginputan rencana anggaran harus dilakukan sesuai dengan pagu anggaran atau dengan artian anggaran 1 tahun, sedangkan untuk penginputan realisasi anggaran disesuaikan dengan dana BOP yang telah dicairkan pada rekening bank tiap semester.

Tutorial Cara Download Aplikasi BOP Paud 2022

Pada umumnya, sebuah aplikasi harus melewati proses instalasi terlebih dahulu sebelum digunakan, namun perlu kamu ketahui aplikasi BOP Paud 2022 ini merupakan sebuah aplikasi yang berbasis web. 

Karena berbasis web, maka kamu tidak perlu lagi mengunduh aplikasi BOP 2022 yang satu ini dan kamu hanya perlu menyediakan browser dan jaringan internet yang stabil untuk mengaksesnya.

Kamu bisa mengakses website BOP PAUD 2022 ini dengan menggunakan link situs yang sudah kami sediakan dibawah ini.

https://BOP.kemdikbud.go.id/BOP/login.php

Karena aplikasi BOP 2022 ini berbasis web, maka kamu harus memiliki koneksi internet yang stabil agar bisa mengakses situs tersebut dengan lancar dan menghindari kendala yang ada.

Bagaimana Cara Menggunakan Website BOP Paud 2022?

Perlu kamu ketahui, website BOP PAUD 2022 ini sebenarnya cukup sederhana dan mudah untuk digunakan. Jika kamu baru pertama kali mengakses dan menggunakan aplikasi BOP Paud ini, merupakan suatu hal yang wajar apabila kamu mengalami kebingungan. Namun, lama-kelamaan kamu akan terbiasa dan mengerti cara menggunakan website BOP PAUD 2022 ini.

Bagi kamu para tenaga pendidik di jenjang PAUD dan kesetaraan yang ingin tahu cara menggunakan website BOP 2022, berikut ini telah kami sajikan tutorial yang bisa kamu ikuti.

  1. Pertama, bukalah browser yang ada di perangkat smartphone, laptop, maupun perangkat komputer yang kamu miliki melalui Link yang telah kami bagikan di atas.
  2. Selanjutnya, Jika kamu sudah masuk ke halaman website BOP PAUD 2022, Klik tombol SSO gerakan yang muncul lalu masukkan password dan juga username akun BOP 2022 milik sekolah.
  3. Setelah kamu melakukan proses login, maka kamu bisa memilih menu yang diinginkan antara lain menu data perencanaan atau data laporan.
  4. Menu data perencanaan berisi rencana anggaran biaya BOP PAUD yang dibuat sesuai dengan juknis BOP PAUD Tahun 2022.
  5. Kamu bisa melihat data perencanaan yang telah kamu buat dengan cara masuk ke menu data perencanaan, kemudian Klik tombol rencana penggunaan.
  6. Menu data laporan antara lain berisi laporan realisasi dan rencana anggaran yang telah dibuat sebelumnya.
  7. Untuk mengubah rincian penggunaan, yaitu dengan cara mengklik menu data laporan lalu tab pada menu rincian penggunaan data.

Akhir kata, itulah pembahasan mengenai aplikasi BOP PAUD 2022 yang telah kami bagikan khusus untuk kamu, jangan lupa kunjungi situs kami untuk mendapat update informasi yang bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *