Apa Arti Dari April Mop? Simak Penjelasan Lengkapnya Disini!

Arti Dari April Mop – Tanggal 1 April diperingati sebagai hari April Mop setiap tahunnya, dimana pada tanggal tersebut setiap orang terutama di Eropa bebas untuk melakukan tindakan jahil, seperti mengerjai teman satu sama lain. Perlu kamu ketahui, April Mop pertama kali dirayakan dan diperingati di Eropa, kemudian dengan cepat menyebar ke seluruh dunia.

Walaupun sudah populer dan sering disebut-sebut oleh banyak orang, ternyata tidak sedikit orang yang belum mengetahui arti dari april mop yang sesungguhnya dan bagaimana sejarahnya hingga menjadi sebuah perayaan saat ini. 

Nah, bagi kamu yang belum terlalu mengenal arti dari April Mop yang dirayakan setiap tanggal 1 april, nah pada artikel kali ini kami akan membahas secara lengkap mengenai arti April Mop beserta sejarahnya, yuk simak pembahasan lengkapnya berikut ini ya.

Apa Arti dari April Mop?

Arti Dari April Mop

April Mop atau biasa disebut April fools day diperingati setiap tahunnya pada tanggal 1 April dan biasa disebut juga sebagai hari orang bodoh. Perlu kamu tahu, April Mop merupakan sebuah hari di mana orang-orang di seluruh dunia merayakannya dengan melakukan lelucon, bahkan berlomba-lomba untuk membuat lelucon yang menghebohkan.

Bagi sebagian orang juga, April Mop dikenal warga dunia sebagai hari untuk mengumbar kebohongan an yang kemudian mendapat toleransi untuk dimaklumi sebagai sebuah lelucon. Perayaan April Mop tentu berbeda-beda di tiap-tiap negara, tetapi semuanya memiliki tujuan yang sama yaitu membuat orang merasa dikerjai.

Bahkan, di banyak negara, surat kabar atau juga media lainnya juga turut berpartisipasi merayakan April Mop misalnya dengan membuat tajuk utama atau berita palsu untuk mengerjai para pembacanya. Di Indonesia sendiri, tidak banyak orang mengetahui mengenai April Mop ini sehingga jarang ada orang yang merayakannya. Selain itu, perayaan April Mop ini juga tidak diketahui secara pasti mengenai asal-usul dan sejarahnya.

Baca Juga:

Sejarah Perayaan April Mop Tanggal 1 April

Setelah mengetahui arti dari April Mop kini giliran kamu mengetahui tentang sejarahnya. Dilansir dari beberapa sumber, menurut sejarawan april mop mulai dirayakan setelah Paus Gregorius XII memperkenalkan kalender gregorian dan memutuskan bahwa kalender baru akan dimulai dari 1 Januari tahun 1952. 

Sebelumnya, tahun baru Pada masa itu biasanya dirayakan setiap akhir Maret atau pada tanggal 1 April. Seperti yang diyakini, April Mop bermula dari masa perubahan kalender dari Julian ke gregorian ini.

Menurut kabar, meskipun banyak orang yang menolak untuk menerima perubahan dan terus mengikuti kalender Julian, Perancis merupakan negara pertama yang menerima dan menerapkan kalender baru gregorian ini.

Kemudian, bagi orang-orang yang tidak mau mengikuti kalender baru akan dianggap bodoh dan diolok-olok oleh mereka yang mengikuti kalender gregorian terbaru, Sehingga hari itu dipenuhi dengan canda dan tawa.

Walaupun telah dilakukan selama berabad-abad, asal usul April Mop aslinya tidak diketahui secara pasti. Sekilas, perayaan April Mop ini mirip dengan festival seperti hilaria di Roma kuno yang yang diperingati setiap tanggal 25 Maret, dan perayaan holi di India yang berakhir pada tanggal 31 Maret.

Beberapa orang mempercayai bahwa kebiasaan kebiasaan perayaan April Mop berasal dari Prancis, secara resmi dengan dekrit Roussillon (Agustus 1564), dimana Charles IX memutuskan bahwa tahun baru tidak akan lagi dimulai pada bulan paskah, melainkan pada 1 Januari.

Karena paskah adalah agenda tahunan yang tanggalnya bisa berbeda setiap tahunnya, maka mereka yang berpegang pada kalender lama dianggap sebagai orang-orang ‘april mop’. Pendapat lain mengatakan bahwa aprilmop juga berkaitan dengan titik balik musim semi tanggal 21 Maret, pada tanggal tersebut hampir setiap orang tertipu Oleh perubahan cuaca yang terjadi secara tiba-tiba.

Perayaan April Mop di Tiap Negara Berbeda

Perlu kamu ketahui, setiap negara memiliki cara tersendiri untuk merayakan April Mop, namun tujuannya tetap sama yaitu untuk membuat seseorang merasa ditipu atau dikerjai. Di Perancis misalnya, orang yang berhasil dikerjai pada April Mop disebut dengan paisson d’avril atau berarti ” ikan April” yaitu mengacu pada ikan kecil yang mudah ditangkap.

Biasanya, hal umum yang sering terjadi di bagi anak-anak di Perancis saat April Mop yaitu dengan menyematkan ikan kertas di punggung teman yang mereka kerjai. Sementara itu, Di Skotlandia aprilmop disebut sebagai hari Gowkie, Gowk, atau cuckoo yang merupakan simbol orang bodoh. Biasanya, akan bermunculan berbagai tulisan seperti “tendang aku” atau “lempari aku dengan makanan” yang dipasang di punggung teman.

Akhir kata, itulah pembahasan mengenai apa arti dari April Mop beserta sejarahnya agar kamu lebih mengenal lebih jauh mengenai perayaan yang diperingati setiap tanggal 1 April ini. Terima kasih bagi kami yang sudah menyimak artikel ini sampai akhir, Jangan lupa untuk selalu nantikan update informasi terbaru lainnya dari situs kami.

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *