Kenapa Download Aplikasi di Play Store Tertunda? Begini Cara Mengatasinya

Kenapa Download Aplikasi di Play Store Tertunda – Di jaman sekarang ada banyak sekali aplikasi yang di gunakan untuk membantu pekerjaan dan kegiatan kita sehari-hari.

Dengan begitu kebutuhan pengguna akan suatu aplikasi semakin besar dari hari ke hari, layanan yang di sediakan oleh Google untuk penggunanya mengunduh berbagai macam aplikasi yang bernama Google Play Store.

Seperti halnya aplikasi lain yang juga terkadang mengalami masalah begitu juga dengan Google Play Store yang juga bisa mengalami masalah dalam menjalankan program aplikasinya.

Salah satu masalah yang sering muncul dari Google Play Store adalah proses Download aplikasi yang tidak berjalan atau tertunda.

Ada banyak sekali keluhan dari para pengguna yang mengeluhkan masalah seperti ini sehingga banyak orang yang memilih untuk mengunduh di layanan lain seperti menggunakan Google Chrome.

Namun sayangnya mengunduh aplikasi menggunakan layanan Browser lebih sulit ketimbang menggunakan Google Play Store yang bisa di lakukan dengan mudah.

Sehingga banyak pengguna yang mencari cara bagaimana cara mengatasi masalah yang mereka alami.

Jika kamu juga mengalami hal yang sama, tenang di artikel kali ini kami akan memberikan kamu solusi bagaimana bisa mengatasi Google Play Store tidak bisa mengunduh aplikasi atau tertunda.

Berikut beberapa solusi yang bisa kamu coba.

Beberapa Solusi Untuk Mengatasi Download Aplikasi di Play Store Tertunda

Berikut ini beberapa yang solusi yang bisa kamu coba untuk mengatasi masalah yang kamu alami ketika Google Play Store tidak bisa mengunduh atau tertunda.

1. Periksa Ulang koneksi

Solusi pertama yang bisa kamu coba adalah dengan memastikan koneksi Internet kamu berjalan lancar atau tidak.

Karna memang untuk bisa mengunduh aplikasi menggunakan Google Play Store membutuhkan koneksi internet, jika koneksi internet kamu tidak berjalan atau juga lelet maka proses Download tidak akan berjalan atau tertunda.

Jika kamu menggunakan sambungan data dalam berinternet coba kamu menggunakan sambungan WIFI yang lebih kencang agar bisa mengunduh aplikasi di Google Play Store.

Atau mungkin kamu bisa mengaktifkan mode pesawat sebentar agar koneksi internet bisa di relog agar menjadi lebih stabil lagi.

2. Restart Hp

Jika solusi memperbaiki jaringan masih belum bisa mengatasi masalah kamu, mungkin saja HP kamu sedang mengalami Over Hit yang mana artinya HP kamu itu terlalu sering di gunakan sehingga performanya sedikit menurun.

Jadi kamu bisa mengistirahatkan Hp kamu sebentar mungkin kurang lebih 10 menit saja, matikan Power Hp kamu dengan menekan tombol Power lebih lama dan pilih menu pilihan nonaktifkan.

Atau kamu bisa Restart Hp kamu dengan cara menekan lama tombol Power dan pilih menu pilihan Restart.

3. Cek Penyimpanan

Solusi yang ketiga adalah dengan mengecek kembali penyimpanan di Hp kamu, mungkin saja penyebab proses Download di Hp kamu tidak berjalan karna memori Hp kamu sudah penuh dan tidak lagi bisa di isi dengan aplikasi baru.

Untuk cek penyimpanan di Hp kamu bisa melalui pengaturan dan kemudian masuk ke Storage, periksa apakah masih ada ruang kosong di Hp kamu.

Jika sudah penuh kamu bisa mengosongkan ruang penyimpanan dengan cara menghapus beberapa aplikasi yang tidak berguna.

Atau kamu juga bisa menghapus data sampah atau cache yang menumpuk, dengan begitu akan ada sedikit ruang kosong yang bisa di gunakan untuk aplikasi yang baru.

4. Mengubah Pengaturan Jaringan Untuk Download

Solusi ke empat yang bisa kamu coba untuk mengatasi Google Play Store yang tidak bisa mengunduh dan selalu tertunda adalah dengan mengubah Pengaturan jaringan untuk Download.

Jika kamu bingung bagaimana cara untuk mengubah jaringan untuk Download bisa ikuti cara berikut ini.

  • Masuk ke Google Play Store di Hp kamu
  • Klik Foto Profil yang ada di pojok kanan atas
  • Kemudian masuk ke pengaturan
  • Kemudian masuk ke Network Preference
  • Setelah masuk kamu bisa pilih menu App Download Preference
  • Ubah ke Over Any Network
  • Jika di perlukan kamu bisa pilih menu Auto Update Apps
  • Selesai

Penutup

Itu tadi beberapa solusi yang bisa kami berikan untuk kamu mengatasi Google Play Store yang tidak bisa mengunduh aplikasi dan selalu tertunda.

Jika ada kekurangan, kritik, dan juga saran yang ingin di sampaikan pada artikel kali ini kamu bisa isi di kolom komentar yang ada di bawah ini.

Semoga artikel kali ini bermanfaat dan terima kasih telah membaca artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *