Aplikasi Seleksi Akademik PPG 2022, Ini Dia Link dan Cara Downloadnya!

Aplikasi Seleksi Akademik PPG 2022 – Kabar gembira bagi kamu para peserta PPG 2022, karena direktorat Pendidikan profesi guru, Kementerian Pendidikan, kebudayaan, riset dan teknologi (Kemendikbudristek) telah mengumumkan surat edaran mengenai jadwal pelaksanaan seleksi akademik PPG pada hari Kamis, tanggal 1 April 2022 kemarin.

Setelah kamu mengunduh dan membaca surat edaran tersebut, pastikan kamu memahami isinya agar kamu tahu tentang petunjuk teknis pelaksanaan seleksi akademik PPG Tahun 2022. Perlu kamu ketahui, tahap selanjutnya yang harus kamu lakukan yaitu kamu diharuskan untuk mengunduh kisi-kisi dan juga menginstal aplikasi seleksi akademik PPG 2022 di perangkat yang kamu miliki.

Proses instalasi aplikasi ujian seleksi akademik ini sangat penting untuk dilakukan, mengingat dalam tata tertib pelaksanaan ujian seleksi akademik menyebutkan Jika kamu tidak memasang aplikasi saat ujian berlangsung, maka kamu akan diberikan sanksi sedang yaitu pada sesi tersebut dan secara otomatis dinyatakan tidak lulus.

Aplikasi ini juga memegang peranan yang sangat penting karena aplikasi ini akan digunakan dalam pelaksanaan ujian seleksi akademik nantinya. Oleh karena itu, wajib bagi kamu untuk memasang dan menginstalnya dengan segera sesuai dengan petunjuk yang telah ditetapkan. Nah, pada artikel kali ini kami akan membagikan informasi mengenai aplikasi yang akan digunakan untuk seleksi akademik PPG 2022, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Persyaratan Spesifikasi Perangkat yang Harus Disiapkan Peserta PPG Saat Seleksi Akademik

Aplikasi Seleksi Akademik PPG 2022

Dalam surat Edaran persiapan pelaksanaan seleksi akademik PPG yang telah diumumkan oleh Kemendikbudristek, dalam masa jabatan Tahun 2022 dijelaskan bahwa untuk dapat menginstal aplikasi seleksi akademik PPG 2022 dan mengikuti seleksi akademik PPG berbasis domisili, maka ada beberapa perangkat yang harus kamu persiapkan dan harus sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan diantaranya :

  1. Spesifikasi laptop/komputer Memiliki layar minimal 10″.
  2. Menggunakan sistem operasi minimal Windows 8 32bit atau Mac OS versi 10.
  3. Memiliki RAM minimal 2 GB dengan minimal 10 GB storage.
  4. Perangkat harus dilengkapi dengan audio yang berfungsi dengan baik dan memiliki baterai yang dalam keadaan baik (bisa disiapkan charger)
  5. Selanjutnya, untuk handphone agar dipersiapkan untuk menginstal aplikasi Zoom dan aplikasi WA, dengan nama peserta pada aplikasi Zoom harus sesuai dengan Nama lengkapnya.
  6. Koneksi internet harus stabil dan kuota internet yang dimiliki oleh peserta yaitu minimal 10 GB.

Cara Mendownload File Aplikasi Seleksi Akademik PPG 2022 yang Wajib Kamu Tahu !

Mungkin masih banyak yang belum mengetahui bagaimana cara menginstal aplikasi ujian seleksi akademik PPG dalam jabatan (Daljab) 2022 ini. Tetapi kamu tidak perlu khawatir karena untuk mengunduhnya ternyata sangat mudah, dan kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah yang yang akan kami jelaskan di bawah ini :

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan yaitu kunjungi website resmi PPG melalui Link https://uny.id/seleksi-ppg atau langsung ke website resmi http://ppg.kemdikbud.go.id/ dan silakan unduh/download aplikasi pada menu panduan dan aplikasi seleksi.
  2. Langkah selanjutnya yaitu, setelah Masuk ke halaman website tersebut, maka kamu akan diperlihatkan beberapa file dengan nama yang berbeda-beda.
  3. Perlu kamu ketahui, 3 file penting yang harus kamu download yaitu panduan peserta, dan pakta integritas seleksi PPG serta file aplikasi yang harus kamu pilih sesuai sistem operasi di perangkat kamu. 
  4. Apabila perangkat kamu memiliki sistem operasi Windows, maka silahkan unduh file dengan nama windows/. Sedangkan, bagi kamu yang memiliki sistem operasi iOS yang biasanya hanya dimiliki oleh perangkat bermerek Apple, silakan unduh file dengan format nama MacOS/. 

Link Alternatif Untuk Install Aplikasi Seleksi Akademik PPG Daljab 2022

Perangkat dengan sistem operasi Windows

Perangkat dengan sistem operasi MacOS

Cara Install Aplikasi Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan (Daljab) 2022

Jika semua aplikasinya sudah terunduh di perangkat kamu, maka langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah menginstal aplikasinya agar bisa digunakan. Langkah untuk menginstalasi aplikasi seleksi akademik PPG 2022, dapat dilakukan dengan mengikuti tutorial berikut ini :

  1. Buka aplikasi file pada perangkat laptop atau PC kamu lalu cari file aplikasi yang sudah kamu download tadi.
  2. Jika sudah, klik kanan pada file aplikasi SEB seleksi, kemudian pilih run administrator, tunggu prosesnya dan tekan tombol next jika muncul menu dialog, lalu klik “i accept the terms…” dan tekan tombol “next” lagi.
  3. Setelah itu, Klik tombol install dan tunggu prosesnya hingga selesai, jika sudah selesai silahkan Klik tombol finish maka aplikasi PPG daljab sudah bisa dijalankan.
  4. Lakukan hal yang sama saat menginstal aplikasi Mulai Seleksi, dan apabila semua proses instalasi sudah selesai, maka kamu bisa menggunakan aplikasi tersebut dengan terlebih dahulu melakukan login.

Akhir kata, demikianlah informasi mengenai aplikasi seleksi akademik PPG yang informasinya telah kami sajikan khusus untuk kamu. Semoga informasi kali ini bisa bermanfaat bagi kamu para peserta PPG dalam jabatan 2022, nantikan update informasi yang bermanfaat lainnya dari situs kami ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *