Apa Arti Kata Mokel Dalam Bahasa Gaul? Simak Penjelasannya Disini!

Arti Kata Mokel Dalam Bahasa Gaul – Bulan suci Ramadhan yang dinanti-nantikan oleh seluruh umat Islam telah tiba, walaupun hadir setiap tahunnya, Ramadhan selalu bisa menghadirkan suasana yang berbeda. Seringkali, Ramadan juga menyisakan kenangan-kenangan manis yang tidak terlupakan, termasuk momen ketika kita masih belajar berpuasa untuk pertama kalinya.

Apakah kamu masih ingat dengan momen tersebut dimana kala itu itu kamu mulai diperkenalkan dengan puasa. Karena puasa sampai maghrib dirasa memberatkan untuk anak kecil terutama yang masih baru belajar untuk berpuasa, maka biasanya para orang tua akan menyuruh mereka berbuka sebelum waktu maghrib atau biasa disebut dengan puasa setengah hari.

Ternyata, puasa setengah hari ini memiliki berbagai sebutan yang berbeda di setiap daerah, sehingga bisa membuat kamu tertawa jika mendengarnya. Istilah-istilah ini biasanya hanya muncul saat bulan puasa tiba, namun tidak banyak orang yang mengetahui arti dari istilah tersebut. 

Salah satu yang banyak istilah puasa setengah hari yang dicari saat ini yaitu arti kata mokel dalam bahasa gaul yang sering disebutkan saat bulan puasa. Bagi kamu ingin mengetahui arti kata mokel, yuk simak saja ulasan selengkapnya dalam artikel ini. 

Arti Kata Mokel dalam Bahasa Gaul

Arti Kata Mokel Dalam Bahasa Gaul

Seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya, kata mokel lebih populer dan sering digunakan oleh beberapa daerah di Indonesia saat bulan Ramadhan. Walaupun kata ini cukup populer, namun masih banyak yang belum mengetahui mengenai arti dari kata mokel ini. 

Biasanya, kata mokel sering disebutkan dalam kalimat yang bersifat candaan kepada teman dan sahabat. Bagi masyarakat di wilayah Jawa Timur, Jawa Tengah dan beberapa daerah di Jawa Barat tentu sudah tidak asing lagi dengan kata mokel.

Seiring berjalannya waktu, istilah dalam bahasa daerah tersebut akhirnya banyak digunakan oleh para pengguna media sosial, namun cenderung asing bagi pengguna media sosial dalam kelompok tertentu di luar daerah tersebut.

Lantas, apa arti kata mokel dalam bahasa gaul yang sering digunakan saat bulan Ramadhan ? Berdasarkan penelusuran yang telah kami lakukan, kata ini tidak bisa ditemukan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia maupun glosarium online karena termasuk bahasa daerah yang tidak baku. 

Menurut informasi yang sudah kami rangkum dari berbagai sumber, kata mokel merupakan kosakata yang berasal dari bahasa daerah Jawa Timur seperti Malang dan sekitarnya yang ternyata memiliki arti yaitu berbuka puasa sebelum waktu magrib tiba. 

Kata mokel ini juga bisa disebut puasa setengah hari atau sama juga dengan istilah puasa bedug atau mokah yang juga berarti membatalkan puasa atau berbuka puasa sebelum waktu yang telah ditentukan.

Selain itu, mokel juga bisa diartikan saat seseorang membatalkan puasa secara diam-diam karena suatu hal, namun kemudian tetap berperilaku layaknya orang yang sedang berpuasa ketika di depan orang lain, padahal puasanya telah batal.

Kata mokel tidak bisa digunakan pada orang yang membatalkan puasanya karena sakit, karena kata mokel ini hanya ditujukan kepada orang yang dengan sengaja membatalkan puasanya secara diam-diam dengan tujuan agar tidak diketahui orang lain padahal dirinya masih kuat untuk berpuasa.

Perbuatan mokel ini tentu saja sangat dilarang dalam agama, karena sudah seharusnya seseorang menyelesaikan ibadah berpuasa hanya sampai waktu berbuka telah tiba. Apalagi jika dirinya mampu dan tidak ada halangan lainnya untuk menjalankan kewajibannya untuk berpuasa di bulan Ramadhan. 

Baca Juga:

Penggunaan Kata Mokel di Medan

Di Medan, kamu tidak akan mendengar istilah mokel atau mokah karena di daerah tersebut memang tidak menggunakan istilah mokel. Istilah mokel di Medan dan lebih dikenal dengan sebutan Tempus yang merupakan singkatan dari tembak puasa.

Banyak anak-anak yang berbuka puasa di siang hari (tempus), biasanya dikarenakan lelah bermain bola ataupun permainan lainnya, atau cuma dengan alasan lapar saja. Walaupun lebih sering dilakukan anak-anak terutama bagi yang baru belajar berpuasa, tidak menutup kemungkinan orang dewasa juga melakukannya.

Contoh Kalimat yang Menggunakan Istilah Mokel

Selain membahas mengenai arti kata mokel dalam bahasa gaul yang populer saat bulan Ramadhan tiba, kami juga akan membahas mengenai contoh penggunaan kata mokel dalam kalimat di bawah ini :

  1. Bahasa Sunda :
    1. Mokel wae maneh mah (Batal puasa terus kamu ini).
    2. Sadar atuh tong sok mokel wae (sadar dong, jangan suka mokel aja)
  2. Nanti kita jadi mokel ga nih?
  3. Gapapa mokel pakai air putih, yang penting ga ketahuan, hehe.

Akhir kata, itulah informasi mengenai arti kata mokel dalam bahasa gaul beserta dengan contoh penggunaannya dalam kalimat yang informasinya telah kami bagikan untuk kamu. Semoga informasi ini bisa bermanfaat, silakan kunjungi situs kami untuk mengetahui informasi terupdate lainnya yang pastinya menarik untuk kamu simak.

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *