Cara Klaim JHT Saldo Diatas 10 Juta Secara Online Dengan Mudah

Cara Klaim JHT Saldo Diatas 10 Juta – BPJS ketenagakerjaan memiliki banyak program yang yang bisa dipilih oleh pengguna dalam hal ini masyarakat, diantara banyaknya program tersebut ada dua program yang mungkin sulit untuk dibedakan yaitu jaminan hari tua atau JHT dan jaminan pensiun atau JP. Jaminan hari tua menjadi sebuah program sebagai perlindungan yang diselenggarakan bertujuan untuk menjamin peserta JHT agar mendapatkan uang saat memasuki masa pensiun.

Selain digunakan untuk masa pensiun, jaminan hari tua juga digunakan untuk antisipasi saat mengalami cacat total tetap atau bahkan meninggal dunia. Berbeda dengan jaminan pensiun atau JP yang merupakan program untuk mempertahankan derajat hidup yang layak ketika peserta menghadapi kehilangan atau penghasilan yang berkurang dikarenakan sudah memasuki usia pensiun atau mengalami cacat.

Setelah mengetahui perbedaan dari JHT dan JP, selanjutnya kita akan kembali ke fokus utama artikel yaitu klaim saldo JHT. Banyak orang yang penasaran bagaimana cara klaim JHT Saldo diatas 10 juta, oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang tutorial cara mengklaim serta persyaratan yang dibutuhkan. 

Sekilas Tentang Klaim Saldo BPJS JHT 

Banyak peserta BPJS memilih jaminan hari tua karena sangat berguna untuk menjamin keadaan finansial saat pensiun bahkan meninggal dunia. Manfaat dari jaminan hari tua biasanya dibayarkan sekaligus atau sebagian. Perlu kamu tahu bahwa iuran yang dibayarkan untuk JHT melalui pemberi kerja dengan besaran 3, 7 persen dari jumlah upah per bulannya serta diakumulasikan dengan iuran pekerja 2 persen dari upah per bulan.

Peserta BPJS jaminan hari tua bisa mengklaim saldo secara online dengan memanfaatkan aplikasi Jamsostek mobile atau juga bisa langsung datang ke kantor cabang BPJS terdekat. Namun, tentu saja peserta BPJS lebih memilih untuk mencari cara klaim JHT saldo di atas 10 juta dengan tutorial yang lebih mudah daripada harus mengantri secara langsung. Tidak perlu khawatir, karena pencairan BPJS online melalui Jamsostek mobile bisa diatas 10 juta.

Sebelum itu ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh peserta jaminan hari tua agar bisa mengklaim saldo BPJS nya. Kondisi ini tentunya harus dipenuhi semuanya tanpa terkecuali agar bisa mendapatkan uang tunai jaminan dari BPJS pada program JHT. Berikut adalah syarat dan ketentuan tersebut:

  • Peserta harus mencapai usia 56 tahun terlebih dahulu
  • Peserta berhenti bekerja dikarenakan mengundurkan diri atau sedang tidak aktif bekerja di manapun
  • Peserta mengalami PHK atau pemutusan hubungan kerja dan sedang tidak aktif bekerja dimanapun
  • Peserta akan meninggalkan negara Indonesia untuk selamanya dan berpindah tempat wilayah Indonesia
  • Peserta sedang alami cacat total tetap atau meninggal dunia

Bagaimana Cara Klaim JHT Saldo Diatas 10 Juta Online? Cek Disini!

Cara Klaim JHT Saldo Diatas 10 Juta

Perkembangan digital memungkinkan masyarakat saat ini dapat dengan mudah mengakses fasilitas dan pelayanan mencairkan saldo jaminan hari tua secara online. Cara klaim JHT saldo diatas 10 juta secara online sangatlah mudah namun kamu memang harus menyiapkan beberapa dokumen dan berkas yang dibutuhkan diantaranya:

  • Siapkan terlebih dahulu kartu peserta BPJS ketenagakerjaan
  • Siapkan buku tabungan yang aktif
  • Siapkan juga identitas KTP dan KK
  • Nomor pokok wajib pajak atau NPWP
  • Jangan lupa juga menyiapkan surat keterangan sudah berhenti bekerja, surat pengalaman, surat penetapan pengadilan hubungan industrial, dan surat perjanjian kerja
  • Ada juga dokumen tambahan berupa surat keterangan dokter jika peserta mengalami cacat total tetap
  • Bagi yang akan pergi selamanya dari wilayah Indonesia wajib menyertakan paspor aktif, kartu izin tinggal sementara, surat pernyataan dengan materai yang menerangkan bahwa tidak akan kembali ke Indonesia dan berpindah kewarganegaraan, jangan lupa juga untuk menyediakan surat pengurusan pindah kewarganegaraan
  • Terakhir, peserta wajib mendownload aplikasi Jamsostek mobile di play store maupun app store serta pastikan aplikasinya update dan versi terbaru di link berikut klik disini

Setelah menyiapkan beberapa dokumen dan berkas yang dibutuhkan untuk cara klaim JHT saldo diatas 10 juta secara online. Kami sudah merangkum tutorial dan langkah-langkah yang bisa kamu ikuti untuk mencairkan saldo BPJS jaminan hari tua kamu yang memiliki total atau besaran di atas 10 juta sebagai berikut:

  1. Pertama bukalah aplikasi JMO yang sudah kamu download tadi, jangan lupa untuk login terlebih dahulu dengan menggunakan email dan kata sandi yang sudah terdaftar
  2. Jika kamu belum memiliki akun maka mendaftarnya terlebih dahulu
  3. Setelah itu pilih menu pengkinian data, lalu akan muncul data kepesertaan BPJS ketenagakerjaan
  4. Periksalah data tersebut dan jika sudah benar maka klik menu sudah, kemudian lakukan verifikasi data dan selanjutnya
  5. Selanjutnya isilah data berupa kontak seperti nomor ponsel dan lain-lain, jangan lupa juga untuk memasukkan NPWP serta rekening bank yang masih aktif
  6. Pada kolom yang tersedia istilah data kependudukan serta data lainnya seperti kontak darurat, jika data dirasa sudah benar maka klik konfirmasi
  7. Selesai, data peserta BPJS mu ini sudah terupdate
  8. Selanjutnya untuk mencairkan saldo jaminan hari tua yaitu klik menu jaminan hari tua
  9. Klik menu klaim JHT, jangan lupa untuk memilih alasan pengajuan pencairan 
  10. Jangan lupa untuk melakukan konfirmasi pencairan BPJS dengan klik menu konfirmasi

Akhir kata, demikianlah informasi yang bisa kami rangkum tentang cara klaim JHT saldo diatas 10 juta secara online tanpa harus ke kantor cabang BPJS. Semoga informasi yang kami berikan dapat membantu kamu untuk dengan mudah mencairkan saldo BPJS program jaminan hari tua. Jangan lupa bagikan artikel ini jika bermanfaat bagi orang lain dan sampai jumpa di update artikel selanjutnya!

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *