Apa Arti Kata Pesthi dalam Hitungan Jawa? Ini Penjelasan Wetonnya!

Bagi kamu yang bersuku Jawa tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah weton dalam primbon jawa untuk menentukan kecocokan kedua pasangan yang akan melangsungkan pernikahan. Salah satu istilah yang banyak dicari dalam perhitungan weton yaitu arti kata pesthi dalam hitungan Jawa yang masih jarang diketahui oleh banyak orang.

Seiring dengan perkembangan zaman, tradisi penghitungan weton untuk menentukan kecocokan suatu pasangan yang akan menikah sudah mulai ditinggalkan karena banyak yang menganggap hal tersebut sebagai mitos yang diragukan kebenarannya. Namun, tidak sedikit pula yang masih mempercayai dan mengikuti acuan weton sebelum memutuskan untuk menikah dengan pasangannya.

Penghitungan Weton jodoh sesuai primbon jawa tidaklah sulit, Karena kamu hanya perlu menyamakan hari lahir kamu dan pasangan untuk mendapatkan hasil tertentu. Weton kelahiran sendiri memiliki arti khusus bagi pemiliknya, karena diyakini bisa memprediksi atau meramal nasib dan perjalanan hidup kelak.

Beberapa pasangan yang menghitung jumlah weton masing-masing bisa mendapatkan hasil penjumlahan neptu yaitu pesthi. Bagi yang asing dengan istilah ini, mungkin akan bingung dan bertanya apa arti kata pesthi dalam hitungan Jawa saat menghitung weton ini. Oleh karena itu, kami akan menjelaskan artinya untuk kamu agar kamu tidak penasaran lagi dengan hal tersebut.

Cara Menghitung Weton Sesuai dengan Primbon Jawa dengan Mudah

Arti Kata Pesthi dalam Hitungan Jawa

Sebelum mengetahui arti kata pesthi dalam hitungan Jawa maka ada baiknya kamu mengetahui cara menghitung weton sesuai dengan primbon Jawa agar kamu lebih memahami istilah-istilahnya. 

Proses penghitungan Weton ini, dilakukan dengan menjumlahkan neptu dari penanggalan Islam dengan neptu dari penanggalan Jawa. Perlu kamu ketahui, neptu adalah beberapa angka tertentu berkaitan dengan hari kelahiran dan pasaran yang bermanfaat dalam penghitungan weton.

Neptu dihitung dengan menjumlahkan neptu hari lahir dan pasaran milikmu dan juga milik pasangan kamu. Kemudian, jumlahkan kembali hasil neptu kamu dan pasanganmu untuk mengetahui hasil akhirnya. Untuk lebih memahaminya, maka simak contoh penghitungan weton berikut ini. 

Misalkan kamu lahir di hari Minggu pahing, artinya kamu memiliki neptu 5+9 =14, sementara pasangan kamu lahir di hari kamis pon yang artinya neptu pasanganmu 8+7 =15. Kemudian, jumlahkan hasil neptu kamu dan pasanganmu, sehingga didapatkan weton 14+15= 29.

Nah, dari hasil penghitungan tersebut kamu bisa melihat 8 arti hasil perhitungan neptu weton jodoh pada pembahasan berikut ini.

Baca Juga:

Arti Kata Pesthi dalam Hitungan Jawa Beserta 7 Arti Neptu Weton Lainnya

Dalam penghitungan weton Primbon Jawa, ada 8 arti neptu weton jodoh berbeda yang salah satunya yaitu Pesthi. Nah, bagi kamu pasangan yang mendapatkan hasil weton pesthi, Berikut ini adalah maknanya :

1. Weton 1, 9, 10, 18, 19, 27, 28, 36 (Pegat)

Jika hasil perhitungan neptu muncul dengan jumlah di atas, maka diperkirakan hubungan kamu dengan pasanganmu masuk ke dalam kategori pegat. Menurut primbon Jawa, pegat mengindikasikan adanya kemungkinan kamu dan pasanganmu akan sering mendapat masalah dalam kehidupan rumah tangga.

2. Weton 2, 11, 20, 29 (Ratu)

Jika hasil perhitunganmu Menghasilkan angka 2, 11, 20, atau 29 maka kamu termasuk beruntung, karena kategori Ratu menafsirkan kamu dan pasanganmu sebagai jodoh sejati. Kamu dan pasanganmu akan memiliki hubungan yang sangat harmonis, bahagia, dan bahkan membuat iri banyak orang disekitarmu.

3. Weton 3, 12, 21, 30 (Jodoh)

Kategori jodoh ini memiliki arti bahwa kamu dan pasanganmu berjodoh dan dapat memiliki kehidupan rumah tangga yang selalu rukun setiap waktu. Bagi pasangan yang mendapatkan weton ini, maka akan sangat beruntung.

4. Weton 4, 13, 22, 31 (Topo)

Jika angka neptu menghasilkan angka di atas, maka kamu akan masuk dalam kategori topo yang berarti kamu harus ekstra waspada. Pasalnya, primbon jawa meramal kamu dan pasanganmu akan mendapatkan kesulitan di awal berumah tangga.

5. Weton 5, 14, 23, 32 (Tinari)

Hasil perhitungan weton tinari termasuk kabar bahagia di mana ke bagian tersebut hadir dalam wujud kecukupan rezeki dalam kehidupan rumah tangga kelak. Bahkan, kamu dan keluarga akan diberi kemudahan dalam mencari rezeki.

6. Weton 6, 15, 24, 33 (Padu)

Weton jodoh padu ini bisa mengindikasikan ramalan yang buruk bagi kehidupan rumah tangga kamu dan pasangan, kendati demikian hal ini tidak akan berujung pada perceraian.

7. Weton 7, 16, 25, 34 (Sujanan)

Bagi yang hasil perhitungan weton nya berjumlah 7, 16, 25, atau 34 juga wajib waspada, karena menurut primbon, pasangan yang berada di hari ini berada dalam ancaman pertengkaran besar dalam rumah tangga akibat adanya perselingkuhan atau orang ketiga.

8. Weton 8, 17, 26, 35 (Pesthi)

Berdasarkan perhitungan weton jodoh, pasangan yang berada dalam kategori pasti akan memiliki rumah tangga yang rukun dan tentram.

Penjelasan Arti Kata Pesthi dalam Hitungan Weton Jawa

Berdasarkan Penjelasan diatas, Pesthi merupakan istilah dalam weton jawa yang memiliki hasil hitungan 8, 17, 26, dan 35. Berdasarkan Primbon Jawa, Pesthi merupakan kategori pasangan yang konon akan memiliki rumah tangga yang rukun, tentram dan juga damai. Walaupun ada masalah yang timbul, hal tersebut tidak akan sampai merusak keharmonisan rumah tangga.

Akhir kata, sekian informasi yang sudah kami rangkum mengenai arti kata pesthi dalam hitungan Jawa yang biasa digunakan untuk penentuan weton jodoh. Terlepas dari itu semua, jangan jadikan penghitungan weton ini sebagai acuan kamu dalam menentukan takdir pernikahan dan tetap jalani hubungan yang baik dengan pasangan kamu.

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *