Aplikasi Penukaran Uang, Begini Cara Tukar Uang Untuk Lebaran!

Aplikasi Penukaran Uang-Pada artikel kali ini kami akan memberikan ulasan mengenai aplikasi yang kini tengah populer di masyarakat Indonesia yang mana aplikasi tersebut memberikan layanan penukaran uang menjadi uang yang baru dari Bank.

Aplikasi tersebut bernama PINTAR Apk yang merupakan buatan dari BI atau Bank Indonesia sehingga tidak heran jika aplikasi ini menyediakan layanan penukaran Uang karena aplikasi ini merupakan buatan dari Bank Indonesia.

Di saat momen menjelang lebaran ini pastinya akan ada banyak orang yang menukarkan uang menjadi uang pecahan kecil dan juga uang baru yang lebih Fresh di lihat.

Biasanya orang-orang akan menukarkan uang menjelang lebaran agar bisa membagikan THR kepada sanak saudara dan juga orang yang bersilaturahmi ke rumahnya.

Untuk itu pihak dari Bank Indonesia kini menyediakan layanan penukaran uang secara Online melalui Aplikasi PINTAR yang baru saja dirilis ini. Penjelasan lengkap mengenai aplikasi PINTAR akan di bawah lengkap di bawah ini sebagai berikut.

Penjelasan Seputar Aplikasi PINTAR

Aplikasi Penukaran Uang

Aplikasi PINTAR merupakan aplikasi yang baru saja dirilis oleh pihak Bank Indonesia yang dapat memberikan pelayanan penukaran uang secara Online di dalam aplikasi PINTAR.

Namun penukaran uang pada menjelang lebaran tahun ini dibatasi yakni sebesar Rp. 3800.000 (Tiga Juta Delapan Ratus Ribu Rupiah) per orangnya dengan uang pecahan kecil dari Rp.20.000 sampai Rp. 1000.

Yang mana setiap pecahan dibagi lagi setiap orang hanya mendapatkan satu ikat yang mana satu ikat berkisar Rp. 500.000 sampai Rp. 1000.000 dengan tujuan agar uang pecahan tidak tersebar ke beberapa orang saja.

Sehingga penyebaran uang pecahan kecil bisa lebih merata yang mana tentunya hal ini merupakan peraturan yang bagus untuk masyarakat saat ini mengingat peredaran uang kecil sangat sulit ditemukan.

Pembuatan dari aplikasi PINTAR ini adalah untuk menjawab kebutuhan masyarakat ketika Ramadhan dan juga Lebaran yang membutuh kan pecahan uang kecil namun sempat kesulitan di dua tahun terakhir karna pandemi virus korona.

Dan alhamdulillah nya tahun ini kita sudah diperbolehkan mudik oleh pemerintah untuk bertemu sanak saudara di kampung halaman yang mana di 2 tahun terakhir sempat dilarang oleh pemerintah.

Untuk kamu yang sudah tidak sabar untuk mudik dan bagi-bagi THR pastikan kamu dalam kondisi sehat dan tidak sedang terjangkit korona ya, pastikan kesehatan sanak saudara di kampung halaman terjaga.

Untuk kamu yang sudah penasaran bagaimana cara mendaftar dan menggunakan layanan dari aplikasi PINTAR bisa ikuti langkah-langkah berikut ini.

Syarat Tukar Uang di Aplikasi PINTAR

Berikut ini beberapa syarat yang perlu kamu lakukan untuk bisa menukarkan uang kamu secara Online menggunakan layanan dari aplikasi PINTAR buatan dari Bank Indonesia.

  • Pemesanan dapat dilakukan selama kuota harian penukaran tersedia
  • Pemesanan dapat dilakukan mulai H-7 Sebelum tanggal pelaksaan penukaran kas keliling
  • Pemesanan menggunakan NIK-KTP
  • NIK-KTP yang telah digunakan dalam pemesanan tidak dapat digunakan lagi secara berulang atau penggunaan dua kali
  • Bukti pemesanan akan di kirim ke email atau dapat di unduh secara langsung di aplikasi ketika telah selesai mengisi data di aplikasi

Jika telah selesai melakukan pemesanan dan untuk melakukan penukaran kamu perlu melakukan beberapa proses berikut ini.

  • Penukaran hanya dapat dilakukan pada waktu, tanggal, dan lokasi yang tertera pada bukti pemesanan
  • Penukar wajib membawa bukti pemesanan dalam bentuk cetak atau digital ketika menukar di kas keliling
  • Penukar wajib memilih dan mengemas uang yang akan di tukar terlebih dahulu, cara pemilahan dan mengemas uangnya sebagai berikut ini:

1. Uang dipilah sesuai jenis pecahan dan tahun emisi serta disusun searah

2. Tidak menggunakan bahan perekat seperti selotip, Lakban, Steples untuk mengelompok atau menggabungkan uang rupiah.

  • Penukar dalam keadaan sehat dan tidak terjangkit virus korona atau pun yang lain
  • Sudah di vaksin dan Booster

Itu tadi beberapa syarat yang perlu kamu penuhi untuk bisa melakukan penukaran uang dengan menggunakan aplikasi PINTAR dari Bank Indonesia.

Nah jika sudah kamu penuhi berikut ini beberapa langkah yang perlu kamu lakukan untuk bisa menukar uang di aplikasi PINTAR.

Penutup

Itu tadi penjelasan dan juga syarat yang perlu kamu penuhi untuk bisa menukar uang secara Online melalui aplikasi PINTAR yang bisa kami berikan untuk kamu. Jika ada pertanyaan, kritik, dan juga saran yang ingin kamu sampaikan atas artikel kali ini bisa isi di kolom komentar yang ada di bawah ini sebagai berikut ini. Semoga artikel kali ini bermanfaat dan terima kasih telah membaca artikel kali ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *