Lupa PIN ShopeePay dan Nomor Hp Sudah Tidak Aktif? Begini Cara Mengatasinya

Apakah kamu pernah mengalami kendala shopeepay seperti lupa PIN dan nomor hp sudah tidak aktif sehingga tidak bisa digunakan untuk berbelanja? Jika pernah tentunya kamu akan merasa kesal karena barang impian kamu harus tertunda untuk dibeli. Kamu tidak perlu khawatir, karena pada artikel kali ini kami akan menyajikan informasi tentang cara mengatasi lupa pin shopeepay dan nomor hp sudah tidak aktif.

Shopeepay memiliki berbagai fitur dan layanan yang sangat berguna bagi para pengguna shopee karena memberikan berbagai kemudahan saat berbelanja maupun melakukan pembayaran. Selain itu, dengan menggunakan metode pembayaran shopeepay kamu bisa mendapatkan berbagai diskon dan potongan harga mulai dari cashback hingga gratis ongkir.

Meskipun memiliki berbagai keunggulan dan kemudahan, tidak jarang para pengguna shopeepay mengalami kendala, seperti lupa PIN. Nah, Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan informasi lengkapnya sebagai berikut.

Cara Mudah Mengatasi ShopeePay Lupa PIN

Lupa PIN ShopeePay dan Nomor Hp Sudah Tidak Aktif

Pada umumnya untuk melakukan reset PIN pada ShopeePay pengguna memerlukan nomor telepon aktif untuk mendapat kode verifikasi, ini adalah bentuk keamanan dari pihak Shopee agar akun ShopeePay mu tidak mudah dibobol oleh oknum tidak bertanggungjawab.

Meski sebenarnya masih ada cara untuk mengatasi lupa PIN ShopeePay tapi nomor telepon tidak aktif, yang jelaskan nomor tersebut masih berkaitan dengan aplikasi WhatsApp. Bagaimana caranya? Yuk simak step by stepnya dibawah ini:

Verifikasi Via WhatsApp

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah mengalih kode verifikasi di ke WhatsApp, hanya saja nomor wa harus sama dengan nomor yang tidak aktif itu. Kalau beda, berarti Anda tidak bisa mengikuti cara yang satu ini, sementara bagi yang bisa silahkan ikuti step by step sebagai berikut.

  • Step pertama, buka aplikasi Shopee
  • Jika sudah, lanjut masuk ke menu ShopeePay
  • Kemudian pilih opsi Pengaturan dan pilih Ubah PIN ShopeePay
  • Lalu pilih pengiriman kode OTP via WhatsApp
  • Tunggu sampai kode verifikasi masuk ke WhatsApp, lalu masukan kode OTP tersebut.
  • Buatlah PIN baru dan lakukan konfirmasi PIN
  • Setelah itu, PIN berhasil diganti.

Hubungi CS Shopee

Bagi Anda yang tidak memiliki akses lagi ke nomor telepon maupun WhatsApp, satu satunya cara yang bisa dilakukan adalah menghubungi CS Shopee. Tapi perlu diingat ini tidak 100% berhasil, karena semua tergantung pihak Shopee dalam menindak lanjutin permintaan mu.

Meski begitu, tidak ada salahnya mencoba bukan? Kalau tidak mencoba sama sekali akun Shopee Pay jelas jelas tidak akan bisa digunakan lagi, sementara kalau mencoba cara ini ada kemungkinan akunmu bisa digunakan kembali. Sebelum menghubung CS Shopee, Anda perlu menyiapkan KTP yang digunakan saat mendaftar akun ShopeePay, ini akan dijadikan sebagai dokumen pendukung dan bukti bahwa kamu benar benar pemilik akun tersebut.

  • Pertama Anda bisa masuk ke menu Customer Service Shopee melalui email, live chat, atau telepon call center Shopee atau untuk lebih jelasnya Anda bisa kunjungi link ini https://help.shopee.co.id/portal/article/72945-[Customer-Service]-Bagaimana-cara-menghubungi-Customer-Service-Shopee%3F?seo=1, dengan mengunjungi link tersebut kamu akan mendapatkan penjelasan detail cara menghubungi CS Shopee.
  • Setelah berhasil masuk, kamu bisa langsung jelaskan masalah yang sedang dialami secara rinci.
  • Kalau pihak Shopee sudah paham terkait masalah mu, biasanya pihak mereka akan memintaa data seperti username akun Shopee, foto identitas asli, foto selfie dengan kartu identitas, email aktif, nomor hp lama dan baru
  • Silahkan Anda lengkapi semua data yang dibutuhkan dan kirim ke pihak Shopee agar bisa segera memproses perminataan mu.
  • Lama proses mengganti PIN ini tergantung karyawan yang bertugas dan banyak atau tidaknya pengguna lain yang sedang mengalami kendala lain.
  • Jadi tunggu saja sampai permintaan mu diproses.  

Beberapa Kendala Lain ShopeePay

Setelah mengetahui cara mengatasi lupa PIN Shopee Pay dan nomor hp sudah tidak aktif, saya rasa informasi terkait kendala-kendala lain yang sering terjadi pada ShopeePay cukup penting diketahui.

1. Shopeepay tidak bisa digunakan, padahal saldo pengguna cukup

Apabila kamu mengalami kendala terkait pembayaran shopeepay, padahal saldo kamu cukup untuk membayar barang belanjaan, maka perlu kamu ketahui bahwa ada syarat dan ketentuan yang ditetapkan oleh Shopee untuk pembayaran melalui Shopeepay. Ketentuan tersebut menetapkan bahwa saldo shopeepay akan dikatakan cukup harus sejumlah total pesanan sebelum dikurangi oleh voucher gratis ongkir atau koin shopee.

2. Shopeepay tidak bisa membuat pesanan

Penyebab selanjutnya Kenapa shopeepay tidak bisa digunakan ketika ingin membuat pesanan yaitu sebagai berikut :

  • Metode pembayaran yang kamu pilih tidak sesuai dengan voucher gratis ongkir/cashback yang dipilih.
  • Saldo shopeepay tidak mencukupi
  • Belum melakukan aktivasi dan verifikasi shopeepay Plus
  • Pesanan tidak didukung oleh pembayaran menggunakan shopeepay.

Sebelum melakukan check-out, kamu perlu mengetahui Syarat dan ketentuan dari voucher gratis ongkir dan cashback agar proses pembuatan pesanan menggunakan metode pembayaran shopeepay bisa dilakukan.

3. Masalah lainnya (error, shopeepay belum aktif, dsb)

Apabila kamu tidak bisa menggunakan shopeepay padahal fiturnya sudah aktif, kemungkinan disebabkan karena kamu belum melakukan verifikasi identitas dengan melampirkan foto KTP dan juga verifikasi selfie beserta KTP. Untuk proses upgrade nya sendiri membutuhkan waktu kurang lebih 1 × 24 jam kerja, sehingga kamu harus menunggu terlebih dahulu hingga proses upgrade selesai dilakukan.

Kendala lainnya bisa saja disebabkan karena faktor internal, di mana server shopee memang sedang mengalami down atau sedang melakukan proses pemeliharaan sistem (maintenance), sehingga beberapa fitur  yang ada salah satunya shopeepay akan mengalami error dan tidak bisa digunakan.

Langkah Mengatasi Shopee Pay Bermasalah

Ada beberapa cara yang bisa kamu coba sebagai solusi untuk mengatasi kendala pada shopeepay, diantaranya sebagai berikut :

  1. Memastikan Shopeepay sudah terverifikasi di bagian profil akun Shopee>Shopeepay.
  2. Pastikan saldo shopeepay cukup dan sesuai dengan ketentuan nominal saldo.
  3. Pastikan kamu mengisi PIN Shopeepay dengan benar, karena jika salah memasukkan PIN berulang kali bisa menyebabkan akun Shopee/Shopeepay kamu dibatasi.
  4. Cek metode pembayaran yang tersedia dan pastikan bisa menggunakan shopeepay.
  5. Cek syarat dan ketentuan voucher gratis ongkir khusus Shopeepay.

Akhir kata, itulah informasi yang bisa kami bagikan mengenai Lupa PIN ShopeePay dan Nomor Hp Sudah Tidak Aktif beserta Cara Mengatasinya yang bisa kamu lakukan. Terima kasih bagi kamu yang sudah menyimak artikel ini sampai selesai dan sampai jumpa di artikel kami berikutnya ya !

Baca Juga:

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *