Kenapa Explore Instagram Berubah? Begini Cara Mengatasinya

Saat ini warganet jarang ada yang melihat televisi untuk mengupdate berita atau informasi terbaru, hal tersebut disebabkan karena media sosial juga memberikan informasi yang diinginkan oleh warganet secara lengkap. Meskipun apa yang kamu lihat di media sosial harus di filter dan dipastikan dulu kebenarannya namun tidak sedikit warganet tetap mengandalkan media sosial sebagai tempat untuk mencari sumber-sumber informasi terkini.

Salah satu media sosial yang tidak hanya berisi hiburan saja yaitu Instagram, pernahkah kamu melihat pada halaman explore atau pencarian terdapat berbagai berita atau informasi. Pada halaman ini kamu bisa melihat kolom gambar dan video yang bisa kamu klik jika tertarik, foto atau video yang ada pada halaman ini terbilang update sehingga warganet seringkali mengklik halaman ini untuk mengetahui berita yang sedang trending.

Namun, saat ingin melihat berbagai konten yang ada pada halaman ini pada waktu yang berbeda tiba-tiba konten explore Instagram berubah. Banyak warganet merasa bingung kenapa explore Instagram berubah padahal kamu belum memperbaruinya dan ingin melihat konten yang sebelumnya. Sebenarnya apa penyebab hal tersebut bisa terjadi ? Berikut adalah ulasan yang bisa kamu simak.

Penyebab Kenapa Explore Instagram Berubah dan Cara Mengatasinya

kenapa explore instagram berubah

Sebagian pengguna Instagram mengeluh kenapa explore instagram berubah, padahal banyak konten menarik yang belum dilihat. Kamu tahu bahwa adanya fitur explore Instagram memungkinkan pengguna untuk melihat berbagai konten berita dan informasi dari akun-akun yang relate sesuai dengan kesukaan dan minat pengguna. Hal ini tidak hanya terjadi pada akun kamu saja namun semua akun Instagram. 

Menu atau fitur explore bisa kamu akses dengan klik ikon kaca pembesar yang berada di pojok kiri bawah. Nah, setelah masuk ke halaman tersebut maka kamu bisa melihat berbagai konten dan pada bagian atas terdapat kolom penelusuran untuk mengetik berbagai kata kunci yang yang diinginkan. Selanjutnya kita akan membahas tentang alasan kenapa explore Instagram tiba-tiba berubah ?

1. Algoritma Instagram 

Kemungkinan pertama yang menjadi penyebab explore Instagram berubah secara tiba-tiba yaitu algoritma Instagram yang menyesuaikan berbagai informasi dan berita terbaru. Konten yang diperbarui di fitur explore tentu saja disesuaikan dengan kepopuleran konten tersebut serta bagaimana konten tersebut menggunakan teknik marketing sehingga bisa muncul pada bagian explore.

Banyak cara agar sebuah konten bisa muncul pada ada menu ekspor pengguna lain yaitu menggunakan strategi SEO media sosial misalnya penggunaan hashtag. Solusi agar konten yang kamu inginkan tidak hilang begitu saja pada halaman ekspor maka jangan lupa untuk mengklik like atau menyimpan konten tersebut hingga suatu saat jika kamu ingin melihat konten itu kembali bisa mengklik menu tersimpan atau postingan yang pernah disukai.

2. Disesuaikan Dengan Minat Pengguna

Selanjutnya hal yang menyebabkan postingan di explore tiba-tiba berubah di Instagram yaitu karena sistem menyesuaikan dengan minat dan hal-hal yang disukai oleh pengguna. Jadi ketika kamu menutup jendela aplikasi Instagram maka secara otomatis sistem membersihkan riwayat ekspor dan memperbaruinya sesuai dengan minat kamu. Tidak menutup kemungkinan bahwa konten yang sudah ada sebelumnya akan tampil kembali.

Perlu kamu tahu bahwa apa yang ada pada fitur atau menu explore tidak bisa kamu pertahankan karena sistem Instagram saat ini ini belum memberikan kewenangan kepada pengguna untuk mengatur halaman ekspor mereka seperti beranda Facebook misalnya. Jadi, kamu bisa melakukan langkah seperti diatas untuk melakukan like atau menyimpan konten untuk dilihat suatu saat nanti ketika kau mencarinya.

3. Tidak Sengaja Melakukan Refresh Halaman

Hal terakhir yang mungkin menjadi penyebab kenapa explore Instagram berubah yaitu tidak sengaja melakukan refresh halaman dengan menggeser halaman saat layar sedang menampilkan konten awal. Jadi, cara untuk merefresh halaman explore ini yaitu dengan cara menggeser bagian atas halaman ketika berada di konten awal kemudian berbagai informasi akan diperbarui secara otomatis.

Terkadang hal ini tidak sengaja dilakukan oleh pengguna, sehingga tiba-tiba halaman ekspor berubah begitu saja. Nah, hal yang bisa kamu lakukan jika ingin melihat konten yang ingin kamu lihat sebelumnya maka ingatlah akun yang mempostingnya kemudian carilah akun tersebut pada kolom pencarian di Instagram. 

Akhir kata, demikian artikel yang bisa kami rangkum tentang informasi penyebab kenapa explore Instagram berubah serta solusi yang bisa kamu lakukan terkait hal ini. Perlu kamu tahu bahwa saat ini pengguna belum bisa melakukan setting halaman explore namun tidak menutup kemungkinan Instagram akan menyediakan fitur ini kedepannya. Sekian dan nantikan selalu informasi dari situs kami selanjutnya yang akan selalu update.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *