Arti Dari Komunikasi Synchronous, Ini Dia Penjelasan Lengkapnya!

Komunikasi Synchronous-Pada artikel kali ini kami akan mengulas dan memberikan informasi mengenai komunikasi Synchronous yang akan dibahas secara detail mengenai komunikasi Synchronous.

Komunikasi merupakan salah satu aspek yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat terlebih lagi di jaman manusia modern seperti saat ini.

Di mana setiap orang akan membentuk sebuah komunitas terkecil hingga terbesar yang mana dihubungkan dengan komunikasi yang terjalin di antara manusia.

Komunitas terkecil di kehidupan manusia biasanya adalah hubungan di dalam suatu keluarga yang biasanya terdiri dari orang tua dan juga anak.

Dan Komunitas terbesar yang ada saat ini adalah hubungan internasional suatu negara sehingga menciptakan komunitas atau hubungan antara negara satu dengan negara lain.

Jika komunikasi sepenting itu lalu sebenarnya apasih arti dari komunikasi Synchronous?

Pertanyaan tersebut akan kamu temukan artinya di bawah ini yang akan di jelaskan lengkap mengenai arti dari komunikasi Synchronous secara lengkap sebagai berikut.

Arti Dari komunikasi Synchronous

Arti Dari Komunikasi Synchronous

Komunikasi Synchronous merupakan komunikasi yang dilakukan oleh dua individu atau lebih dalam jarak yang jauh/tidak tatap muka langsung namun berkat teknologi yang ada saat ini komunikasi tetap bisa berlaku.

Komunikasi Synchronous berlangsung secara Real Time yang mana informasi yang disampaikan dengan informasi yang diterima dapat diterima secara langsung.

Contoh simple dari komunikasi Synchronous adalah bertukar pesan singkat di sosial media atau Chatting, bertelepon, dan juga video call atau panggilan video.

Jadi komunikasi Synchronous merupakan komunikasi yang dilandasi atau didasari oleh teknologi saat ini.

Komunikasi Synchronous bisa juga diartikan dengan suatu sistem operasi yang terjadi pada komunikasi dalam kurun waktu bersamaan, berkesinambungan, dan juga dapat diprediksi. Contoh mudahnya adalah bertelepon.

Di era saat ini yang mana Hp sudah menjadi barang yang wajib di miliki setiap orang maka komunikasi Synchronous hampir dilakukan oleh setiap orang saat ini.

Manfaat Komunikasi Synchronous

Manfaat yang dari komunikasi Synchronous sebenarnya sangat berdampak besar pada kehidupan manusia meskipun saat ini komunikasi Synchronous merupakan hal yang biasa dan juga dapat dilakukan oleh setiap orang.

Namun berkat dari penemuan Telepon, listrik, dan juga internet menyebabkan komunikasi Synchronous ini bisa berlangsung dan terus berkembang hingga saat ini.

Coba bayangkan jika beberapa instrumen yang mendukung terjadinya komunikasi Synchronous tidak pernah ditemukan, mungkin komunikasi masih terbatas oleh ruang dan juga waktu.

Berkat adanya internet komunikasi Synchronous bisa berlangsung yang mana komunikasi tidak lagi dibatasi oleh ruang dan waktu.

Di mana pun kamu saat ini meskipun berbeda pulau, berbeda negara, bahkan hingga berbeda benua tetap bisa saling berkomunikasi dengan menggunakan jaringan internet yang sudah tersedia di semua tempat.

Selain itu informasi juga bisa diberikan dengan lebih cepat tanpa harus menunggu atau ketinggalan suatu informasi karna jarak, karena berkat dari komunikasi Synchronous informasi bisa langsung disampaikan dengan Real Time.

Bahkan saat ini komunikasi Synchronous juga biasa digunakan untuk pendidikan, di mana pada masa pandemi saat ini menyebabkan sekolah-sekolah dan perguruan tinggi ditutup.

Dan proses belajar mengajar dilakukan secara daring sehingga kebanyakan proses belajar tersebut menggunakan media WhatsApp grup.

Jadi komunikasi Synchronous juga berjalan di sini yang mana mendukung pendidikan sepenuhnya.

3 Contoh Komunikasi Synchronous

1.Chatting

Salah satu kegiatan yang sangat biasa dilakukan oleh setiap orang pada saat ini yaitu Chatting atau bertukar pesan singkat yang bisa dilakukan dengan media sosial yang sangat populer pada saat ini.

2. Telepon

Contoh komunikasi Synchronous yang kedua adalah telepon yang juga sudah biasa dilakukan oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-hari yang biasa dilakukan dengan menggunakan nomor telepon.

3. Video Call

Contoh ketiga dari komunikasi Synchronous adalah panggilan video versi lebih canggih dibandingkan dengan panggilan biasa.

Karena jika panggilan biasa hanya bisa berkomunikasi dengan mendengar suaranya saja, jika dengan panggilan video juga bisa saling melihat wajah ketika berkomunikasi.

Penutup

Itu tadi arti dari komunikasi Synchronous yang bisa kami berikan untuk kamu melalui artikel kali ini. Jika ada pertanyaan silahkan isi dan sampaikan pada kolom komentar yang ada di bagian paling bawah. Semoga artikel kali ini bermanfaat dan terima kasih telah membaca artikel kali ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *