Contoh Email Untuk Kepentingan Bisnis yang Terbaik

Meskipun fasilitas email sudah ada sejak dulu namun penggunaan email masih sangat relevan terutama dalam bidang bisnis. Bahkan, penggunaan email menjadi salah satu hal yang sangat penting bagi pertimbangan perusahaan untuk menerima karyawan atau pegawainya. Saat ini masih banyak perusahaan yang menggunakan rekrutmen berbasis online dan dokumen digital sehingga peran email dalam kepentingan bisnis sangat diandalkan.

Terkait dengan hal tersebut, banyak orang yang masih belum memahami standar etika dan contoh email untuk kepentingan bisnis yang terbaik sehingga saat mengirimkan dokumen untuk melamar sebuah pekerjaan akan terkesan asal dan tidak profesional. Padahal, bisa dibilang bahwa email untuk kepentingan bisnis sangat berpengaruh dalam proses pertimbangan HRD untuk menerima pelamar.

Oleh karena itu, agar kamu terhindar dari kesalahan mengirim email yang salah di perusahaan tujuan kamu maka dalam artikel ini kami akan memberikan etika dan contoh email untuk kepentingan bisnis. Sehingga kamu bisa meng apply email secara formal dan profesional agar bisa menjadi nilai tambah. Daripada penasaran yuk simak artikelnya berikut ini !

Etika Email Untuk Kepentingan Bisnis yang Terbaik

contoh email untuk kepentingan bisnis yang terbaik

Bagi kamu yang selama ini bingung sebenarnya bagaimana sih cara untuk mengirimkan email untuk kepentingan bisnis termasuk dalam melamar pekerjaan, ada standar atau etika yang memang harus diikuti meskipun ini sifatnya universal dikarenakan ada beberapa perusahaan yang menerapkan aturan yang berbeda dalam mengirim dan menerima email kepentingan bisnis. Mengirim email tidak hanya sekedar melampirkan dokumen namun ada beberapa bagian email yang wajib untuk diisi.

Selain itu, kamu juga menggunakan email yang formal seperti mewakili nama kamu atau nama instansi. Hal ini sangat berguna karena untuk melamar pekerjaan tentu saja tidak bisa menggunakan nama email yang terkesan lebay dan alay. Jika kamu tidak mempunyai email yang formal dan profesional maka buatlah terlebih dahulu kemudian kamu bisa mengikuti langkah-langkah yang akan kami jelaskan berikut ini:

  • Perlu kamu tahu bahwa email kepentingan bisnis tidak hanya email untuk melamar pekerjaan saja namun juga berbagai email yang yang biasanya digunakan sebagai aktivitas bisnis antar instansi atau perusahaan sehingga jangan pernah untuk melupakan subjek email. Subjek ini harus diisi dengan jelas untuk mewakili isi dari email yang ingin disampaikan
  • Langkah selanjutnya pada badan email, kamu wajib memperkenalkan diri dengan jelas dan jangan sampai mengosongkan bagian ini entah itu saat mengirim email untuk kepentingan bisnis atau melamar pekerjaan. Sampaikan secara padat dan jelas terkait tentang identitas serta maksud kamu mengirim email tersebut
  • Sampaikan tujuan kamu mengirim email dengan jelas dan tidak perlu bertele-tele, jangan lupa juga untuk melampirkan berkas atau dokumen pendukung jika ada. Setelah dirasa cukup jangan lupa untuk sampaikan ucapan terimakasih dan penutup kemudian cek kembali sebelum melakukan pengiriman email tersebut

Contoh Email Untuk Kepentingan Bisnis yang Terbaik

Itulah langkah-langkah yang mungkin bisa kamu perhatikan sebagai etika dan contoh email untuk kepentingan bisnis yang terbaik. Sebagai gambaran, kami juga akan memberikan contoh email untuk kepentingan bisnis yang terbaik agar kamu memiliki referensi. Struktur ini bisa kamu ikuti untuk mengirim email kedepannya entah itu mewakili instansi maupun saat kamu melamar pekerjaan pada instansi terkait: 

Subjek: Lamaran Pekerjaan/Pembatalan Kontrak/Penawaran Kerjasama (sesuai dengan ekail yang ingin dikirimkan

Isi Email:

Kepada PT. Terus Bekerja (isi dengan perusahaan atau instansi yang infin kamu kirimkan email)

Bersama ini kami sampaikan bahwa perusahaan kami dengan senang gati menerima penawaran kerjasama dari perusahaan Bapak/Ibu. Kami telah membaca proposal yang Bapak/Ibu kirimkan sehingga………….. (isi dengan tujuan dari pengiriman email tergantung dari maksud yang ingin diutarakan)

Besar harapan kami …… (harapan, doa, dan ucapan terima kasih bisa kamu sisipkan pada bagian ini)

Hormat Kami,

Gaga Siaga (nama pengirim email atau perwakilan instansi)

CEO PT. Pantang Menyerah (bisa dilengkapi dengan jabatan atau nama instansi)

Akhir Kata

Itu lah rangkuman dari etika dan contoh email untuk kepentingan bisnis yang terbaik sehingga kamu memiliki gambaran untuk mengirim email secara formal terkait untuk melamar pekerjaan, menawarkan kontrak kerja, melakukan kerjasama, dan masih banyak lagi. Semoga informasi ini bermanfaat dan jangan lupa untuk share ya. Situs kami akan selalu menyediakan update artikel terbaru setiap harinya jadi jangan sampai kelewatan ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *