Apa Itu Atachment Pada Pengirim Email? Ternyata Ini Dia Fungsinya!

Bagi yang sudah sering menggunakan email pastinya sudah tidak asing lagi dengan sebuah fitur yang bernama atachment. Namun, bagi yang baru saja mulai mendalami tentang cara kerja email mungkin kurang memahami berbagai fitur yang ada di fasilitas email ini salah satunya attachment. Atachment biasanya terletak di bagian atas bagian email jika menggunakan ponsel namun jika menggunakan PC atau laptop akan berada di bagian bawah.

Penggunaan atachment cukup penting saat mengirim email apalagi jika kamu ingin melampirkan berbagai dokumen, file, gambar, maupun video pada email tersebut. Dengan adanya fitur ini ini maka pengguna email tidak perlu repot untuk mengirim lampiran yang cukup banyak. Selain itu, biasanya fitur ini dimanfaatkan pengguna untuk mempersingkat isi email agar terlihat padat dan mudah untuk dibaca.

Bagi kamu yang masih penasaran dan bingung tentang Apa itu atachment pada pengirim email dan fungsinya, berikut kami sudah merangkum informasi yang mungkin berguna bagi kamu untuk menggunakan fitur atachment pada email lengkap dengan cara menggunakan fitur ini untuk melampirkan berbagai file sebagai pelengkap dokumen.

Apa Itu Atachment Pada Pengirim Email dan Fungsinya

Apa itu atachment pada pengirim email

Apa itu atachment pada pengirim email biasanya digunakan untuk melampirkan berbagai file dan dokumen penting sebagai pelengkap untuk mengirimkan email. Atachment sendiri biasanya memiliki icon clip kertas yang bisa kamu temukan di bagian atas email jika menggunakan ponsel dan di bagian bawah email saat menggunakan PC atau laptop. Kamu bisa menggunakan fitur ini jika ingin melamar pekerjaan, menawarkan kerjasama, mengirimkan proposal, dan masih banyak lagi.

Atachment memudahkan pengguna untuk mengirimkan pesan multimedia, jadi kamu bisa mengirimkan dokumen dengan format PDF, Word, Powerpoint, JPG, PNG, Excel, MP4, dan masih banyak lagi. Ditambah lagi, kamu juga bisa mengirimkan dokumen dengan jumlah yang banyak sehingga orang yang menjadi tujuan pengiriman Email kamu bisa membaca dan mendownload lampiran yang kamu kirimkan tersebut di manapun dan kapanpun.

Sampai sini pastinya kamu sudah memahami apa itu atachment pada pengirim email sehingga kamu tidak perlu menulis isi pada badan email terlalu banyak karena kamu bisa melampirkan hal-hal penting di dalam atachment ini. Dengan melampirkan atachment, email yang kamu kirimkan akan lebih komplit dan sempurna. Jadi bagi kamu yang ingin mengirimkan email ke siapapun maka jangan lupa gunakan fitur attachment agar isi yang kamu tulis dalam email tidak terlalu panjang.

Cara Menggunakan Atachment Pada Pengiriman Email

Setelah mengetahui tentang Apa itu atachment pada pengirim email selanjutnya kita akan membahas tentang cara menggunakan fitur atachment ini saat mengirimkan email dan melampirkan dokumen atau file yang kamu inginkan. Menggunakan atachment pada pengirim email sangat mudah dan kau bisa mengikuti tutorial sebagai berikut:

  1. Langkah pertama bukalah akun email kamu, usahakan untuk menggunakan Gmail ya agar lebih mudah dan praktis
  2. Setelah Masuk ke halaman Gmail, klik icon pena di bagian bawah kanan layar atau kamu juga bisa Klik tulis email untuk membuat email baru
  3. Kamu akan melihat kolam kepada yang bisa kamu tuliskan alamat email tujuan kamu kemudian jangan lupa untuk menulis subject email yang sesuai
  4. Pada badan email tulislah ringkasan dari maksud kamu untuk mengirim email misalnya perkenalkan diri lalu tuliskan tujuan dari mengirim email kemudian jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih dan penutup
  5. Kemudian untuk mengirimkan eta temen kamu bisa Klik icon klip kertas kemudian kamu akan diarahkan ke penyimpanan ponsel dan pilihlah file atau dokumen yang ingin kamu lampirkan
  6. Setelah itu tunggu proses upload dan jika sudah selesai pastikan kembali sebelum mengirimkan email tersebut
  7. Kemudian Klik tombol kirim atau klik icon berbentuk segitiga untuk mengirimkan email tersebut
  8. Periksa pada halaman email terkirim untuk memastikan bahwa email tersebut sudah terkirim ke alamat email tujuan
  9. Selesai

Akhir kata, sebagai penutup kami ucapkan terima kasih sudah membaca artikel ini hingga selesai dan kami harap artikel tentang apa itu atachment pada pengirim email dan fungsinya dapat membantu kamu untuk memahami bagaimana mekanisme dan cara kerja melampirkan file pada email. Semoga informasi ini bermanfaat dan jangan lupa sebarkan jika ini bermanfaat bagi orang lain!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *