Arti POV di Tiktok Apa? Simak Penjelasan Lengkapnya Disini!

Bagi kamu para pengguna platform Tiktok, mungkin sudah cukup familiar dengan istilah POV, dimana kata tersebut seringkali muncul di sejumlah konten video Tiktok. Biasanya, kata POV ini disisipkan di caption maupun di dalam video langsung. Lantas, sudahkah kamu tahu apa arti POV di Tiktok yang sering muncul di dalam konten video ?

Sebagai sebuah platform media sosial dengan jutaan pengguna, Tiktok seringkali memunculkan berbagai istilah baru yang terkadang sulit dimengerti oleh sebagian orang. Salah satu contoh nya adalah kata POV yang populer di aplikasi Tiktok.

Sebenarnya, kata POV sudah sering digunakan dalam dunia sastra atau perfilman sejak dahulu. POV sendiri merujuk pada penjelasan terhadap suatu peristiwa, karakter, ataupun adegan tertentu dalam film.

Kembali lagi membahas mengenai arti POV di Tiktok yang ternyata kata tersebut mengandung makna yang tidak jauh berbeda dengan istilah POV di dunia film dan sastra. Bagi kamu yang belum mengetahuinya, simak arti kata POV di Tiktok melalui pembahasan berikut ini !

Apa Arti POV di Tiktok? Simak Penjelasannya Disini!

arti pov di tiktok

Dari bentukan kata, dapat kita lihat bahwa POV merupakan sebuah singkatan dari 3 kata yaitu point of view yang jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia berarti sudut pandang. Di bawah ini merupakan uraian dari kata POV yang populer digunakan oleh para content creator Tiktok.

Berdasarkan informasi yang kami kutip dari beberapa sumber, POV memiliki arti cara pandang yang digunakan oleh narator dengan menggunakan alat indra fiksional nya guna memahami dan menilai suatu kejadian fiksional yang disaksikan untuk kemudian disampaikan kepada para pembaca.

Lebih sederhananya lagi, POV merupakan sudut pandang yang digunakan untuk menjelaskan Bagaimana cara pandang si tokoh dalam menjelaskan suatu cerita. POV menyangkut bagaimana seorang pengarang menyajikan tokoh, tindakan, latar, maupun berbagai peristiwa yang membentuk cerita dalam sebuah karya fiksi.

Melalui penjelasan di atas, bisa kita simpulkan bahwa point of view atau sudut pandang merupakan sebuah strategi, fisik, teknik, maupun siasat yang dipilih oleh pengarang untuk mengemukakan gagasan serta alur ceritanya.

Di Tiktok sendiri, kata POV biasanya digunakan oleh para content creator yang menyajikan konten cerita. Arti POV di Tiktok yaitu sudut pandang yang digunakan oleh content creator saat menceritakan sebuah kisah fiksi yang dikarangnya untuk menjelaskan posisi tokoh dalam cerita tersebut.

Jenis-Jenis POV yang Biasa Digunakan Oleh Content Creator Tiktok

Berdasarkan informasi yang kami rangkum dari berbagai sumber, POV atau Point of view dibedakan menjadi beberapa jenis. Supaya kamu lebih paham, simak jenis-jenis POV atau sudut pandang yang sudah kami rangkum di bawah ini :

1. Sudut pandang orang 

Sudut pandang orang pertama, yaitu pengarang berlaku sebagai pelaku yang berada dalam cerita tersebut. Biasanya, ditandai dengan tokoh yang menggunakan kata ‘aku’ yang menceritakan kesadaran diri serta peristiwa yang didengar, dialami, dan diketahuinya. Tokoh aku juga akan menceritakan sikapnya terhadap tokoh lain kepada para pembaca.

2. Sudut pandang orang ketiga

Dalam sudut pandang ini, seorang pengarang akan berlaku sebagai narator yaitu seseorang yang berada diluar cerita dan menampilkan tokoh tokoh cerita dengan menyebut nama atau kata ganti. Sudut pandang persona ketiga bisa dibedakan menjadi dua, yaitu “dia terbatas” dan “dia serbatahu”.

Dalam sudut pandang dia terbatas, seorang pengarang hanya akan menggambarkan apa yang dilihat didengar, dialami dan dirasakan oleh tokoh cerita secara terbatas. Biasanya, hanya tokoh utama saja yang dijabarkan secara keseluruhan, Sedangkan untuk tokoh lain hanya jelaskan secara garis besar.

Sementara itu, dia serba tahu mengacu pada kondisi pengarang yang bisa menceritakan berbagai hal yang menyangkut dengan tokoh “dia”. Dengan kata lain, pengarang tersebut Mengetahui berbagai hal mengenai tokoh, peristiwa, dan juga semua tindakan yang terkait dengan seluruh tokoh.

3. Sudut pandang campuran

Dalam sudut pandang ini, seorang pengarang akan menghadirkan perpaduan antara sudut pandang orang pertama dan sudut pandang orang ketiga sekaligus.

Akhir kata, itulah informasi yang sudah kami bagikan untuk kamu mengenai arti POV di Tiktok yang merupakan sudut pandang yang digunakan oleh para konten kreator dalam menjelaskan tokoh ceritanya. Semoga informasinya bermanfaat, dan tunggu update informasi lainnya yang menarik dari situs kami ya !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *