Aspek Keuangan yang Perlu Diperhatikan Dalam Melakukan Usaha!

Aspek Keuangan yang Perlu Diperhatikan – Pada ulasan kali ini kami akan membahas mengenai salah satu hal yang sangat penting pada kehidupan manusia maupun kepentingan di dalam sebuah usaha.

Yaitu aspek-aspek yang harus diperhatikan dalam aliran keuangan agar dapat mengatur uang dengan lebih baik.

Pada saat ini meskipun banyak orang yang mengatakan bahwa uang bukan jaminan untuk kebahagian namun tidak dapat dipungkiri bahwa segala sesuatu membutuhkan uang.

Mulai dari kesehatan, pendidikan, bahkan hanya sekedar buang air kecil di WC umum saja mengharuskan kita untuk membayar dengan uang.

Hal ini menunjukkan bahwa uang memang bukan segalanya namun uang merupakan salah satu aspek yang penting dalam kehidupan manusia.

Memiliki uang yang sebanyak-banyaknya tidak menjamin segala kebutuhan dapat terpenuhi begitu saja, karena jika tidak diatur dengan baik uang justru bisa menjadi sumber masalah.

Apalagi uang dengan kapasitas yang banyak, untuk itu pada pembahasan kali ini kami akan memberikan beberapa tips agar bisa mengatur keuangan dengan lebih baik.

Berikut ini akan dibahas secara lengkap aspek apa saja yang penting dan perlu diperhatikan dalam pengelolahan keuangan.

Apa Saja Aspek Penting Dalam Keuangan?

aspek keuangan yang perlu diperhatikan

Mengelola keuangan bukan suatu hal yang remeh dan mudah, dalam mengelola keuangan bukan hanya berlaku untuk suatu jenis usaha atau perusahaan yang besar.

Melainkan juga untuk usaha kecil bahkan hingga setiap pribadi diharuskan untuk bisa mengelola keuangan agar bisa menjaga dan memenuhi setiap kebutuhan yang penting.

Dalam suatu bisnis agar pengelolahan keuangan dapat dilaksanakan dengan baik maka dibutuhkan kerja sama dari setiap unit agar pengelolaan keuangan dapat dilakukan dengan baik.

Berikut ini beberapa aspek penting yang perlu diperhatikan dalam keuangan.

1. Sumber Dana

Aspek pertama yang perlu diperhatikan adalah satu hal terpenting yaitu pemasukan atau sumber dana.

Sumber dana dapat berasal dari hasil pekerjaan untuk suatu individu maupun bisa juga berasal dari pinjaman atau hutang.

Dalam pinjaman atau hutang perlu di perhatikan bagaimana pengembalian pinjaman atau hutang pokok dan juga mengembalikan bunganya juga.

2. Perencanaan dan Pengendalian

Aspek penting yang kedua di dalam masalah keuangan adalah perencanaan dan juga pengendalian keuangan.

Di sini baik individu maupun badan usaha di harus kan memiliki perencanaan yang jelas mengenai keuangannya, untuk apa dan akan lari kemana saja.

Serta perlunya mengendalikan setiap perencanaan tadi agar bisa di pakai dengan sebaik-baiknya.

3. Penggunaan Dana yang Efektif dan Efisien

Aspek penting dalam pengelolaan keuangan yang ketiga adalah penggunaan dana yang efektif dan efisien.

Setelah membuat perencanaan akan keuangan maka diperlukan eksekusi di lapangan yang baik agar bisa sesuai dengan rencana di awal tadi.

Dengan perencanaan dan eksekusi yang baik atas menejemen keuangan maka akan semakin baik pula pengelolahan yang kamu lakukan sehingga keuangan kamu bisa lebih teratur lagi.

Itu tadi beberapa aspek penting dalam keuangan yang perlu di perhatikan agar pengelolaan keuangan dapat dilakukan dengan baik.

Dengan begitu diharapkan setiap kebutuhan dapat dipenuhi meskipun dengan jumlah yang tidak banyak namun dengan pengelolaan keuangan yang baik maka hal tersebut tentunya dapat dilakukan.

Selain beberapa aspek penting di atas berikut ini ada beberapa hal yang sering dilupakan dalam pengelolaan keuangan. Beberapa Aspek Keuangan yang Sering Terlupakan dan Harus di Perhatikan:

1. Perencanaan Anggaran

Aspek keuangan yang sering kali dianggap remeh dan terlupakan adalah sebuah perencanaan yang baik dari anggaran.

Ada banyak sekali orang yang menyepelekan perencanaan dari anggarannya dan sering kali tidak menyusun skala prioritas keungan.

Dan bahkan sering kali hanya memuaskan kesenangan semata tanpa melihat kebutuhan yang akan datang.

Biasanya hal ini banyak dilakukan oleh anak muda yang lebih suka foya-foya dan nongkrong sana sini ketimbang menyiapkan masa depan mereka.

Jika kamu kesulitan membuat rencana keuangan sebaiknya kamu mulai lakukan beberapa langkah mudah berikut ini.

1. Mengendalikan keuangan pribadi

Mulailah untuk melihat pengeluaran bulanan kamu dan usahakan untuk memangkas atau memotong setiap pengeluaran yang di rasa tidak terlalu penting misal biaya nongkrong, Clubing, Nonton Bioskop, dan lain sebagainya

2. Mempersiapkan Anggaran

Selanjutnya kamu perlu mempersiapkan anggaran agar kamu bisa mengetahui kemana saja uang yang kamu keluarkan agar bisa di lihat dengan jelas dan tidak lagi bingung uang kamu habis untuk apa dan kemana saja.

3. Rencanakan Keuangan Selama Satu tahun

Kemudian kamu perlu membuat perencanaan secara umum tidak perlu terlalu detail selama setahun kedepan.

4. Buat Tabel Simpel

Selanjutnya kamu bisa membuat sebuah tabel simpel mengenai pemasukkan dan pengeluaran kamu selama satu bulan dan juga satu tahun.

2. Manajemen Pinjaman

Salah satu aspek yang sering sekali dilupakan oleh banyak orang adalah manajemen atau pengendalian pinjaman atau hutang.

Di mana kebanyakan orang lebih memilih untuk membeli sebuah HP pengeluaran terbaru dengan angsuran selama 12 bulan ketimbang harus menabung selama 12 bulan dan membeli Hp secara Cash.

Selain HP ada banyak sekali barang elektronik yang kebanyakan orang lebih suka kredit dan membayar angsuran yang menyiksa ketimbang menabung dan membeli Cash Seperti sepeda motor dan juga motor.

Ketika kamu tidak bisa mengendalikan hutang dengan begitu kamu akan terjebak ke dalam lingkaran hutang tersebut.

Berikut ini hal yang perlu kamu perhatikan untuk bisa memanajemen hutang atau pinjaman.

1.   Melihat Kondisi Keuangan Selama Satu Tahun

Ketika kamu telah melihat bagaimana kondisi keuangan selama satu tahun yang lalu dengan menyusun dan merencanakan nya, sehingga akan terlihat bagaimana cara kamu untuk melunasi hutang kamu.

2.   Hindari Pinjaman yang Tidak Penting

Kemudian kamu harus bisa membuat prioritas apa saja yang benar-benar dibutuhkan, bukan berhutang untuk Iphone 13 terbaru ya bangsat.

Karena berhutang untuk suatu barang yang nilainya akan terus turun seperti barang elektronik maka sama saja kamu menuju kehancuran dan kebangkrutan kamu.

Itu tadi beberapa aspek penting pengelolaan keuangan yang sering kali dilupakan oleh orang-orang untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari.

Kemudian kamu juga bisa memulai untuk berinvestasi ketika melihat ada sedikit uang yang tersisa di akhir tahun kamu.

Dengan begitu kamu bisa memanfaatkan uang kamu yang berlebih tadi dengan lebih baik bahkan bisa dijadikan untuk menghasilkan uang lagi.

Penutup

Itu tadi penjelasan dan juga beberapa aspek penting dalam pengendalian keuangan yang perlu diperhatikan yang bisa kami berikan untuk kamu melalui artikel kali ini. Jika ada pertanyaan, kritik, dan juga saran yang ingin kamu sampaikan atas artikel kali ini bisa kamu sampaikan atau isi di kolom komentar yang ada di bawah ini sebagai berikut. Semoga artikel kali ini bermanfaat dan terima kasih telah membaca artikel kali ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *