Aplikasi Kembang Desa, Mudahkan Masyarakat Akses Layanan Hukum!

Pada ulasan kali ini kami akan membahas dan memberikan informasi secara lengkap mengenai salah satu aplikasi dari Pemerintah yaitu Kembang Desa.

Dengan kemajuan teknologi informasi saat ini pemerintah memanfaatkannya untuk bisa membangun desa dengan membuat sebuah aplikasi yang bernama kembang desa, dengan begitu masyarakat bisa mendapatkan pelayanan hukum cukup melalui di kecamatan atau kelurahan saja.

Dengan luasnya negara Indonesia sering kali ada beberapa hal yang terlambat di sebar luaskan dari pemerintah pusat, karena kebanyakan daerah pelosok di Indonesia masih memiliki akses yang terbatas.

Salah satunya adalah pengadilan yang terkadang mengharuskan warganya pergi ke kabupaten kota terlebih dahulu untuk bisa mendapatkan pelayanan hukum.

Melalui aplikasi ini yang di kembangkan oleh Pengadilan Negeri (PN) dan juga Pengadilan Tinggi (PT) mampu memberikan pelayanan hukum yang maksimal bahkan mencapai seluruh daerahnya.

 Aplikasi ini dibuat dengan tujuan sebagai bentuk pelayanan pemerintah akan kebutuhan hukum kepada masyarakat yang memanfaatkan teknologi informasi berupa aplikasi.

Jadi masyarakat bisa mendapatkan layanan hukum khususnya mengenai informasi tanpa harus mendatangi kantor pengadilan terlebih dahulu.

Dengan begitu pemerintah mampu memberikan pelayanan yang lebih baik lagi kepada seluruh masyarakat terutama mengenai layanan hukum.

Untuk penjelasan lebih lengkap mengenai aplikasi Kembang Desa akan dibahas secara lengkap di bawah ini sebagai berikut.

Penjelasan Seputar Aplikasi Kembang Desa

Aplikasi Kembang Desa

Aplikasi Kembang Desa atau Aplikasi Kemitraan Membangun Desa merupakan sebuah aplikasi yang di kembangkan oleh pemerintah Jawa Tengah untuk masyarakatnya agar dapat memperoleh informasi dan juga pelayanan hukum pengadilan Negeri cukup di kecamatan dan kelurahan saja.

Tidak seperti namanya yaitu kembang desa aplikasi ini bukan lah mengenai gadis idaman dari desa melainkan sebuah aplikasi layanan masyarakat khususnya masyarakat di Jawa Tengah.

Aplikasi Kembang Desa ini telah di luncur kan pada 1 September tahun 2020 tahun lalu sebagai pelayanan kepada masyarakat yang mencari informasi mengenai hukum tanpa harus datang ke kantor pengadilan.

Cukup dengan mengaksesnya melalui kantor kelurahan atau kantor camat maka masyarakat bisa mendapatkan pelayanan hukum terutama mengenai informasi.

Dengan aplikasi yang satu ini masyarakat akan mendapatkan banyak sekali fitur mulai dari Pendaftaran perkara elektronik, pelayanan surat keterangan, info perkara banding dan pengadilan negeri di Jawa Tengah, Izin besuk tahanan, Sumber Informasi, layanan permohonan narasumber dan izin riset, bantuan hukum, layanan telepon, serta pesan WhatsApp.

Menurut pemerintah setempat aplikasi ini merupakan salah satu bentuk usaha birokrasi yang bebas korup dan birokrasi yang bersih.

Selain itu pemerintah pusat Jawa tengah memberikan arahan kepada setiap Camat beserta Staf jajarannya dan juga kepala desa atau lurah beserta staf jajarannya bisa menggunakan aplikasi ini dengan baik.

Hal tersebut bertujuan agar warga yang ingin mendapatkan pelayanan hukum bisa mendapatkan pelayanan yang baik melalui aplikasi yang dibuat oleh pemerintah ini.

Cara Akses Aplikasi Kembang Desa

Aplikasi yang sudah di kembangkan oleh pemerintah jawa tengah ini dapat diakses melalui situs resmi pemerintah jawa tengah atau dengan mengunjungi situs resmi dari Pemerintah Indonesia.

Berikut ini situs yang bisa kamu gunakan untuk akses aplikasi kembang desa melalui https://kembangdesa.pt-semarang.go.id.

Dengan mengunjungi situs tersebut seluruh masyarakat di jawa tengah bisa mengakses dan menggunakan pelayanan pemerintah melalui aplikasi kembang desa tersebut.

Melalui aplikasi ini diharapkan seluruh masyarakat bisa mendapatkan pelayanan yang baik mengenai kebutuhan masyarakat akan hukum tanpa harus datang ke kantor pengadilan terlebih dahulu.

Selain itu pemerintah pusat jawa tengah berharap para camat dan juga lurah mampu menjadi jembatan antara aplikasi kembang desa dengan masyarakat jawa tengah.

Penutup

Itu tadi penjelasan dari aplikasi kembang desa yang bisa kami berikan untuk kamu melalui artikel kali ini. Jika ada pertanyaan mengenai artikel kali ini kamu bisa sampaikan atau isi di kolom komentar yang ada di bawah ini sebagai berikut. Semoga artikel kali ini bermanfaat dan terima kasih telah membaca artikel kali ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *