Apa yang Dimaksud Dengan Quick Access Toolbar di Microsoft Office?

Program Microsoft Office sudah tidak asing lagi ditelinga kita karena program ini sangat berguna dalam aktivitas pendidikan maupun pekerjaan. Memuat fitur yang lengkap tentu saja Microsoft Office dapat membantu memenuhi kebutuhan setiap pengguna menyelesaikan berbagai tugas maupun membuat dokumen penting. Tidak hanya Microsoft Word saja, di dalam Microsoft Office ini juga terdapat program pengolah angka maupun presentasi.

Dibalik fitur yang bisa kamu lihat melalui menu bar di Microsoft Office, ada fitur tersembunyi yang mungkin sangat jarang digunakan yaitu Quick Access toolbar. Menu ini ada di setiap program Microsoft Office seperti Word, Excel, PowerPoint, dan sebagainya. Lalu sebenarnya apa yang dimaksud dengan Quick Access toolbar di Microsoft Office? Kemudian apa saja fungsinya yang bisa digunakan?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, dalam artikel ini kami telah memuat informasi yang mungkin berguna untuk kamu tentang penggunaan dari Quick Access toolbar di Microsoft Office. Melalui menu ini kamu bisa mengakses beberapa toolbar yang bisa membantu itu untuk kinerja kamu dalam membuat, mengolah, mengedit, dan sebagainya pada dokumen maupun file yang kamu inginkan secara cepat dan praktis.

Apa yang Dimaksud Dengan Quick Access Toolbar di Microsoft Office dan Fungsinya

Apa yang Dimaksud Dengan Quick Access Toolbar

Membahas tentang Apa yang dimaksud dengan Quick Access toolbar di Microsoft Office biasanya menu ini merupakan menu akses secara cepat terkait beberapa toolbar yang sering digunakan sehingga kamu tidak perlu membuka menu yang memuat toolbar tersebut. Menu Quick Access toolbar berisi perintah pada Microsoft Office yang memungkinkan untuk memudahkan mengakses suatu menu dengan praktis dengan satu klik saja.

Letak menu ini secara default berada di di bagian kiri pada layar atas aplikasi, namun perlu kamu tahu bahwa menu Quick Access toolbar ini bisa kamu pindahkan kan di bagian kiri bawah toolbar. Menu ini biasanya memiliki ikon arah panah ke bawah dan bisa kamu klik lalu akan muncul beberapa toolbar yang bisa kamu gunakan. Bisa dibilang menu ini sebagai alternatif atau jalan pintas bagi pengguna.

Quick Access toolbar membuat menu-menu yang sering digunakan oleh pengguna sehingga umumnya toolbar yang ada di menu ini bisa dikustomisasi. Berikut kami akan memberikan tutorial agar kamu bisa mengkostumisasi toolbar yang ada pada menu Quick Access toolbar di Microsoft Office sebagai berikut:

  1. Klik ikon Quick Access toolbar, sehingga muncul beberapa toolbar atau perintah yang ada
  2. Kemudian klik more comments kemudian kamu akan melihat word option dan klik Quick Access toolbar
  3. Kemudian pilih icon toolbar yang ingin kamu tambahkan lalu klik add
  4. Jika kamu ingin menghapus suatu toolbar maka klik iconnya dan pilih remove
  5. Setelah selesai, jangan lupa klik ok agar perubahan kamu tersimpan
  6. Kamu juga bisa mengembalikan settingan awal terbaru yang ada di menu Quick access ini dengan cara mengklik reset only Quick Access toolbar

Setelah mengetahui tentang cara mengkustomisasi toolbar yang ada pada menu Quick Access toolbar, selanjutnya kita akan membahas tentang fungsi-fungsi yang ada pada menu ini untuk memudahkan kamu melakukan setting dan menggunakan menu ini sebagai alternatif mengakses beberapa toolbar dengan 1 langkah mudah. Berikut penjelasan yang bisa kamu simak:

1. Fungsi Icon Word, Save, dan Save As

Agar lebih memudahkan kamu untuk memahami berbagai menu yang ada pada Quick Access toolbar maka kami akan mengelompokkan beberapa menu dalam satu pembahasan seperti ini. Untuk yang pertama ada fungsi ikon word yang berada pada bagian kiri dari menu Quick Access toolbar biasanya digunakan untuk melakukan minimize, maximize, close, move, size, pada jendela Microsoft Office.

Kemudian untuk tombol save dan save as ini mungkin kamu sudah tidak asing karena biasanya digunakan untuk menyimpan dokumen. Namun biasanya tombol save digunakan untuk menyimpan dokumen yang belum pernah dibuat sedangkan save as menyimpan perubahan dokumen yang sudah pernah dibuat untuk menjadi dokumen baru sehingga dokumen yang lama tidak hilang.

2. Fungsi Undo dan Redo

Fitur ini selalu ada pada setiap program di Microsoft Office, biasanya berfungsi untuk melakukan pengembalian pada lembar kerja. Undo bisa digunakan untuk mengembalikan atau menghapus perubahan terakhir pada lembar kerja, selain itu kamu bisa mengklik kombinasi keyboard ctrl Z. Selanjutnya redo untuk mengembalikan perubahan terbaru atau menghapus perubahan terbaru, kombinasi keyboard nya yaitu ctrl Y.

3. Fungsi New dan Find

Selanjutnya yaitu menu new dan file pada ada quick Access toolbar sangat berguna untuk mengelola dokumen kamu. New digunakan untuk membuat dokumen baru kemudian find bisa kamu gunakan untuk menemukan beberapa kata kunci yang tersebar pada dokumen sehingga kamu bisa mencari kata-kata yang kamu inginkan jika merasa kata-kata tersebut perlu diganti ataupun diedit.

3. Fungsi Copy, Paste, dan Cut

Selanjutnya yaitu fungsi pada Quick Access toolbar terdapat beberapa fitur yang mungkin sering kamu gunakan untuk membuat ataupun mengelola dokumen yaitu copy, paste, dan cut. Fungsi copy bisa kamu gunakan untuk menduplikasi kata dan kalimat bahkan objek yang kamu inginkan, kemudian fungsi paste yaitu menempel atau  meletakkan kata, kalimat, dan objek tertentu pada tempat yang diinginkan. Terakhir fungsi cut yaitu untuk memotong dan menghilangkan objek, kata, atau kalimat tersebut dari tempat yang lama dan menempelkannya di tempat yang baru.

4. Fungsi Two Pages, Quick Print, dan Open Recent File

Pada menu quick toolbar access kamu bisa mengakses beberapa toolbar dengan fungsi tertentu seperti two pages yang bisa kamu gunakan untuk memperkecil halaman sehingga kamu bisa melihat dua halaman dalam satu layar. Kemudian menu quick print bisa digunakan untuk melakukan perintah mencetak atau mengeprint secara cepat melalui printer yang sudah aktif, terakhir ada open recent file yang memiliki fungsi menunjukkan dokumen yang baru saja diakses.

Akhir kata, sebagai penutup kami ucapkan terima kasih telah membaca penjelasan tentang Apa yang dimaksud dengan Quick Access toolbar yang ada pada program Microsoft Office. Kamu bisa menggunakan menu ini sebagai alternatif perintah cepat kemudian kamu juga bisa kustomisasi toolbar yang kamu inginkan. Semoga artikel kali ini bisa bermanfaat untuk kamu dan jangan lupa bagikan jika bermanfaat bagi orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *