Apakah Investasi Saham Halal? Begini Hukumnya Bagi Agama Islam!

Apakah Investasi Saham Halal – Pada ulasan kali ini kami akan membahas mengenai hukum dalam islam mengenai investasi saham yang saat ini tengah ramai dan populer di kalangan masyarakat.

Pembahasan kali ini mungkin akan sedikit sulit dan juga berat namun juga cukup mudah dipahami apabila disimak dan dibaca dengan teliti dan hati-hati.

Berinvestasi saham saat ini menjadi salah satu kegiatan yang sangat populer di kalangan masyarakat terutama pemain muda yang haus dan ingin memiliki uang dengan jumlah yang banyak secara cepat dan instan.

Serta ingin mendapatkan uang secara instan tanpa harus bekerja dengan susah payah dan berat sehingga mulai banyak orang untuk mencoba ikut ke dalam dunia investasi saham.

Di tambah saat ini berinvestasi saham dapat dilakukan secara Online hanya melalui satu aplikasi yang akan memberikan fitur dan kemudahan dalam berinvestasi saham.

Namun saat ini ada banyak sekali kabar dan rumor di sosial yang menyebutkan bahwa berinvestasi saham merupakan kegiatan yang haram karena ada beberapa faktor yang menunjukkan adanya kemungkinan dari haramnya berinvestasi saham dalam agama islam.

Tentunya ini menjadi bahan perdebatan yang cukup serius dan sering dibahas dalam beberapa media sosial dan didebatkan oleh banyak sekali orang yang berada di media sosial.

Untuk itu kami akan memberikan penjelasan mengenai hukum Investasi Saham dalam islam yang akan kami berikan secara lengkap untuk kamu.

Penjelasan Seputar Investasi Saham

Apakah Investasi Saham Halal

Investasi saham merupakan kegiatan yang mengharuskan orang untuk membeli saham atau kepemilikan dari suatu perusahaan, namun saat ini kebanyakan investasi saham dilakukan dengan membeli mata uang berupa Cryptocurrency yang merupakan mata uang digital.

Cryptocurrency merupakan mata uang digital yang sangat populer di dunia karena merupakan mata uang yang sangat kuat keberadaanya dengan tanpa terikat dalam suatu negara sehingga menjadikannya tidak terpengaruh di negara manapun.

Kemudian Crypto juga menjadi sangat populer karena harga jual yang sangat tinggi namun juga dengan risiko yang tinggi pula,  jadi untuk mereka yang sudah ahli akan paham betul dengan keuntungan dan juga resiko dari Crypto.

Sehingga banyak para ahli investasi saham yang memilih berinvestasi atau trading saham menggunakan Crypto yang memiliki peluang yang tinggi dengan harga yang sangat tinggi juga.

Karna hal tersebut banyak pihak yang menyebutkan kalau investasi saham ini merupakan kegiatan yang haram karena memiliki Risiko dan peluang yang sangat tinggi serta keberadaannya yang tidak jelas.

Untuk lebih jelasnya mengenai hukum dari Investasi Saham dalam islam akan di bahas secara lengkap di bawah ini sebagai berikut ini.

Hukum Investasi Saham dalam Islam

Secara umum membeli saham menurut hukum di agama islam merupakan halal selagi saham yang diperjual belikan merupakan satu hal yang pasti keberadaanya sehingga secara umum transaksi syariah merupakan halal dan sah dalam agama islam.

Selain itu selagi tidak ada unsur riba dalam investasi maka investasi saham merupakan transaksi yang halal dan tidak haram dalam hukum agama islam.

Namun menurut MUI investasi saham bisa menjadi haram apabila menggunakan Crypto karena beberapa faktor, yang pertama keberadaan Crypto itu tidak jelas mulai dari asal usulnya hingga keberadaanya.

Kemudian Crypto juga menjadi salah satu mata uang saham yang sangat berisiko dan kemungkinan kehilangan uang sangat tinggi sehingga menjadikannya haram menurut MUI.

Dan juga memiliki peluang yang sangat tinggi sehingga lebih seperti judi yang mengandalkan keberuntungan dalam keuntungan dan juga kekalahannya.

Jadi jika kamu ingin berinvestasi saham maka beli investasi yang pasti dan yang sudah diakui halal oleh MUI agar lebih pasti dan tidak meragukan dalam hukum islamnya.

Bisa seperti membeli saham Bri yang bisa dilakukan oleh setiap orang meskipun dengan jumlah yang kecil, dan bisa menjualnya apabila harga saham di Bri sedang tinggi.

Penutup

Seperti itulah informasi yang dapat Calonpengangguran berikan tentang Apakah Investasi Saham Halal dalam islam. Semoga informasi yang saya berikan ini, dapat memabntu kamu dalam mengetahui hal-hal yang sedang dipertanyakan.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *