Cara Mengembalikan Chat WA Yang Sudah Terhapus di GB WhatsApp

Bagi kamu para pengguna Whatsapp, mungkin kamu akan merasa bingung apabila semua chat yang ada di WhatsApp kamu tiba-tiba terhapus baik disengaja maupun tidak. Nah, biasanya semua chat akan hilang atau terhapus apabila penggunanya beralih dari GB WhatsApp ke WhatsApp versi official.

Di zaman sekarang ini, WhatsApp menjadi salah satu cara sederhana untuk tetap terhubung dengan banyak orang. Karena sering digunakan, chat di WhatsApp bisa saja menumpuk dan memenuhi ruang penyimpanan, sehingga menghapus chat terkadang menjadi pilihan pengguna.

Setelah menghapusnya, terkadang banyak orang ingin mengetahui cara mengembalikan chat Wa yang sudah terhapus di GB WhatsApp untuk memulihkan pesan penting. Namun, perlu kamu ketahui baik di Whatsapp GB maupun WhatsApp official, kamu perlu mencadangkan pesan terlebih dahulu untuk mengembalikan pesan.

Pada kesempatan kali ini, admin akan membagikan informasi untuk kamu tentang cara mengembalikan chat Wa yang sudah terhapus di GB WhatsApp dengan mudah, yuk simak ulasan lengkapnya dalam artikel edisi kali ini.

2 Cara Mengembalikan Chat Wa yang Sudah Terhapus

Cara Mengembalikan Chat WA Yang Sudah Terhapus di GB WhatsApp

Perlu kamu tahu, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memulihkan pesan yang sudah terhapus, namun seperti yang telah kami sebutkan bahwa untuk mengembalikan pesan yang terhapus kamu perlu memiliki cadangan pesan. Berikut ini merupakan cara yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan pesan yang telah terhapus di GB WhatsApp.

1. Mengembalikan Chat Wa yang Terhapus Menggunakan Google Drive

Jika suatu saat kamu memutuskan untuk beralih dari WhatsApp official ke GB WhatsApp, maka Hal pertama yang harus kamu pikirkan adalah bagaimana cara mengembalikan chat Wa yang sudah terhapus di GB WhatsApp agar pesan lama bisa dipulihkan. 

Untuk mengembalikan pesan yang telah terhapus, kamu bisa memanfaatkan fitur WhatsApp yang sudah tersambung dengan Google Drive. Pastikan sebelum melakukan uninstall pada official, kamu sudah mencadangkan pesan ke Google Drive dengan menggunakan akun email yang sudah tertaut di WhatsApp.

Berikut ini adalah cara yang bisa kamu ikuti untuk mengembalikan pesan di WhatsApp yang sudah terhapus di GB WhatsApp :

  1. Pertama, luncurkan aplikasi WhatsApp dari layar beranda atau laci aplikasi kamu yang sebelumnya telah kamu install di perangkat.
  2. Setelah masuk ke aplikasinya, pilih agree and continue, kemudian memasukkan nomor telepon anda dan verifikasi menggunakan kode OTP yang dikirimkan ke nomor telepon kamu.
  3. Pilih tombol next, lalu jika muncul pop-up untuk memulihkan pesan dan media, silahkan klik continue dan restore.
  4. Selanjutnya, masukkan nama dan foto profil kamu, kemudian pilih next, dan secara otomatis percakapan WhatsApp sudah pernah kamu hapus dan kamu cadangkan sebelumnya akan bisa kamu akses kembali.

2. Mengembalikan Chat Wa yang Terhapus Menggunakan Backup Lokal

Jika kamu ingin menggunakan cara ini untuk memulihkan pesan, maka kamu perlu mentransfer semua file yang ada di ponsel lama ke ponsel yang baru dengan menggunakan komputer, file Explorer, atau menggunakan kartu SD.

Perlu kamu tahu, ponsel kamu akan menyimpan file backup lokal dalam 7 hari terakhir, dan Google Drive hanya akan menyimpan backup yang terbaru. Namun, jika kamu ingin mengembalikan chat WhatsApp lama yang sudah terhapus, maka kamu perlu melakukan langkah-langkah berikut:

  1. Unduh aplikasi file manager, dan buka file sdcard/WhatsApp/Databases yang tersimpan dalam folder, dan jika data tidak tersimpan dalam kartu SD mungkin kamu akan menemukannya dalam penyimpanan internal dan bukan dalam kartu SD.
  2. Setelah kamu menemukan file tersebut, silahkan ganti nama file cadangan yang ingin kamu boleh kan dari msgstore-TTTT-BB-DD.1.db.crypt12 ke msgstore.db.crypt12.
  3. Sangat mungkin jika cadangan pesan yang lebih lama berada pada protokol yang lebih lama, seperti crypt9 atau crypt10, namun jangan mengubah nomor ekstensi crypt.
  4. Setelah itu, hapus dan instal ulang aplikasi WhatsApp dan lakukan log in atau pendaftaran akun seperti biasa, dan pastikan kamu memilih opsi restore ketika proses pendaftaran akun tersebut.

Akhir kata, itulah informasi yang bisa kami rangkum untuk kamu mengenai cara mengembalikan chat Wa yang sudah terhapus di GB WhatsApp dengan mudah, semoga informasinya bermanfaat dan jangan lupa update informasi menarik lainnya dari situs kami setiap hari ya !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *