Cara Branding Produk Agar Mudah Diingat Konsumen Dengan Mudah!

Untuk mengembangkan dan meningkatkan produktivitas dalam usaha dan bisnis tentunya butuh strategi yang mana membuat produk atau jasa yang ditawarkan kepada konsumen memiliki nilai ketertarikan dan minat konsumen. Hal ini bisa dilakukan dengan cara melakukan branding produk maupun jasa agar lebih dikenal di pasar dan calon konsumen. Tidak semua pengusaha pandai melakukan hal ini dan membutuhkan trik.

Trik ini bisa digunakan untuk membuat produk atau jasa yang kita tawarkan menjadi lebih diingat dan dipercaya oleh konsumen. Jika kamu mampu memberikan kesan ini kepada konsumen maka tidak menutup kemungkinan produk atau jasa kamu akan dikenal sepanjang masa contohnya seperti Aqua. Brand ini merupakan brand air mineral yang selalu diingat ketika konsumen membeli air mineral dengan merek lain namun tetap menyebutnya Aqua.

Pentingnya sebuah branding bagi produk dan jasa membuat banyak orang mencari kata kunci cara branding produk agar mudah diingat konsumen. Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan sebuah trik yang mungkin bisa membantu kamu meningkatkan branding agar produk mudah diingat oleh konsumen serta direkomendasikan sebagai referensi produk kepada orang lain jadi jangan skip tulisan ini ya dan baca sampai selesai!

Trik Cara Branding Produk Agar Mudah Diingat Konsumen dan Pasar

Cara Branding produk agar mudah diingat konsumen

Sebelum mengetahui lebih jauh tentang cara branding produk agar mudah diingat konsumen dan pasar maka kamu harus tahu dulu apa itu branding produk. Jadi, branding produk sangat penting bagi kebutuhan bisnis skala kecil maupun besar karena ini merupakan usaha untuk memberikan identitas kepada sebuah produk atau jasa yang diharapkan dapat mampu mempengaruhi pelanggan atau konsumen dalam memilih produk. 

Seperti yang kita tahu, banyak sekali pesaing atau kompetitor yang mungkin memiliki produk yang sama. Sehingga branding ini nantinya bertujuan untuk memberikan alasan kepada konsumen mengapa harus memilih produk yang kamu tawarkan dibandingkan produk lain. Branding ini bisa sampai kepada konsumen melalui lisan maupun tulisan yang biasanya mencakup simbol, slogan, kesan, citra, hingga kualitas produk tersebut.

Branding ini juga biasanya digunakan untuk memberikan ciri khas atau keunikan tersendiri dari produk yang kamu tawarkan sehingga bisa membedakan produk kamu dengan produk lain. Oleh karena itu, tidak heran branding menjadi suatu hal yang wajib ada dalam aktivitas ekonomi karena bisa meningkatkan loyalitas pelanggan mengenal lebih jauh tentang produk, serta meningkatkan kepercayaan terhadap daya beli konsumen atau pelanggan.

Untuk mendapatkan cara branding produk agar mudah diingat konsumen bisa dibilang gampang-gampang susah karena pastinya kamu membutuhkan trik. Sudah banyak perusahaan yang menawarkan produk atau jasanya dengan berbagai macam branding namun tidak berhasil karena meninggalkan berbagai hal yang mungkin sangat dibutuhkan dalam branding tersebut, berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan branding produk:

1. Menemukan Ciri Khas Produk Kamu

Hal pertama yang harus kamu perhatikan saat melakukan branding produk yaitu kamu harus menemukan terlebih dahulu ciri khas dari produk tersebut dibandingkan produk lainnya. Ciri khas ini bisa berupa kelebihan, perbedaan dari produk lain, dan lain-lain. Memang menemukan ciri khas dalam produk bukanlah hal yang mudah apalagi jika kita memproduksi produk yang sudah memiliki banyak produsen atau kompetitor.

Triknya yang bisa kamu lakukan yaitu, lakukanlah riset terlebih dahulu terkait produk dari kompetitor. Usahakan untuk mengumpulkan sebanyak mungkin dan carilah kelebihan dan kekurangan dari produk tersebut. Kemudian kamu bisa memetakan dan membuat grafik untuk menemukan celah dari berbagai produk yang ada. Setelah itu, temukan hal yang pasti ada di produk kamu namun tidak ada di produk lainnya.

2. Nama, Logo, dan Desain Produk yang Unik dan Menarik

Selanjutnya yaitu kamu harus membuat produk yang dikenal oleh konsumen dengan nama yang mudah diingat atau gampang untuk disebutkan. Usahakan untuk memberi nama produk dengan nama yang memiliki beberapa suku kata saja sehingga konsumen tidak dipersulit untuk mengenal nama brand kamu. Kamu juga bisa memberikan berbagai varian dari produk kamu dengan nama yang unik dan anti mainstream.

Selain itu, logo dan desain produk merupakan hal yang cukup penting karena daya beli dari konsumen juga dipengaruhi oleh logo dan desain produk pada kemasan. Buatlah logo yang ikonik dengan desain produk yang mencolok, jangan lupa juga untuk memberikan berbagai pesan dan kelebihan dari produk tersebut. Sebutkan beberapa manfaat yang mungkin didapatkan oleh konsumen jika membeli produk kamu.

3. Menentukan Iklan dan Slogan yang Ikonik

Branding selalu berkaitan erat dengan yang namanya pemasaran atau marketing dalam hal ini yaitu iklan, jika kamu ingin ikan yang kamu tampilkan membuat konsumen tertarik dan mengingat produk kamu maka usahakanlah untuk membuatnya ikonik dan berbeda. Buatlah konsep iklan dengan skenario yang berbeda dan kreatif sehingga saat konsumen atau pelanggan melihat atau mendengar iklan kamu akan tertarik dan berkesan.

Jangan lupa juga untuk memilih slogan yang cocok dan sesuai bagi produk kamu, slogan yang baik adalah slogan yang singkat dan mudah diingat oleh konsumen sehingga jangan membuat slogan yang rumit dan panjang. Menentukan slogan memang agak susah dan gampang namun triknya yaitu temukan dulu beberapa kata yang mewakili produk kamu kemudian cari sinonim dari kata tersebut agar lebih menarik jika di satukan.

4. Membuat Akun Bisnis dan Konten Produk Secara Konsisten

Selanjutnya yaitu cara branding produk agar mudah diingat oleh konsumen dan pasar yaitu dengan membuat akun bisnis di media sosial kemudian memposting serta membuat event penawaran menarik. Saat ini perkembangan teknologi dan digital sudah sangat canggih sehingga kamu perlu memanfaatkannya dan tidak hanya mengandalkan pemasaran atau iklan konvensional di televisi maupun radio dan media cetak.

Kamu bisa membuat akun di website, media sosial seperti Instagram, Facebook, Tiktok, Whatsapp, dan sebagainya sehingga konsumen menjadi lebih yakin dan percaya dengan produk yang kamu tawarkan tersebut. Kamu juga bisa membuat event dan penawaran menarik berupa diskon atau potongan harga sehingga konsumen tertarik dan berminat untuk membeli produk kamu bahkan kamu juga bisa menawarkan produk gratis atau bonus.

5. Kualitas dan Pencitraan Produk

Hal terakhir tentang trik yang bisa kamu gunakan untuk melakukan branding agar berkesan di hati konsumen yaitu tetap memperhatikan kualitas serta nama baik produk. Konsumen tentu saja tidak hanya memperhatikan harga yang murah namun melihat kualitasnya, kamu harus memahami bagaimana psikologi konsumen yang menyukai barang murah sekaligus berkualitas dalam satu paket produk.

Kamu bisa juga melakukan branding dengan membagikan berbagai testimoni pelanggan yang puas dengan produk kamu, hal ini sangat mempengaruhi bagaimana pola pikir dari konsumen untuk meningkatkan minatnya membeli produk dari brand kamu. Hal ini bisa menjadi trik untuk tetap memperhatikan kualitas dan mempertahankan citra yang baik di mata konsumen dalam jangka panjang sehingga bisa menjadi rekomendasi produk di masa depan.

Akhir kata, demikianlah informasi yang bisa kami rangkum tentang cara branding produk agar mudah diingat konsumen dan pasar lengkap dengan triknya yang bisa kamu lakukan agar berhasil. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan kamu agar tetap jangka membangun usaha dan bisnis sehingga bisa sukses dan diingat oleh konsumen dalam periode waktu yang panjang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *