Rekomendasi 7 Aplikasi UMKM yang Wajib Dimiliki Usaha Kamu

Aplikasi UMKM yang wajib Dimiliki Usaha Kamu – Pada ulasan kali ini kami akan membahas mengenai beberapa aplikasi rekomendasi untuk kamu pelaku usaha kecil UKM terutama dan juga bisa di gunakan untuk setiap pelaku usaha.

Di jaman yang sudah serba canggih dan kaya akan teknologi seperti saat ini tentunya kemajuan aplikasi sudah tidak asing lagi bagi semua orang.

Saat ini hampir semua di permudah dan di buatkan dalam bentuk aplikasi yang tujuannya adalah untuk memudahkan kegiatan manusia serta mempersingkat waktu agar bisa di lakukan dengan secepat mungkin.

Pergerakan dunia digital saat ini berjalan dengan sangat cepat jadi sebagai penggunanya kita juga tidak boleh kalah cepat dan harus bisa memaksimalkan setiap aplikasi agar bisa memudahkan setiap kebutuhan dan pekerjaan kita sebagai pengguna.

Ada banyak sekali jenis aplikasi yang memberikan kita kemudahan terutama dalam memenuhi kebutuhan kita dalam berbagai hal, mulai dari transportasi, makan, minum, belanja dan lain sebagainya.

Namun tahukah kamu bahwa ada banyak juga aplikasi yang menyediakan fitur untuk memudahkan kita dalam menjalankan bisnis yang sedang kita jalani?

Beberapa aplikasi tersebut memiliki fitur yang sangat bagus di mana bisa membantu pekerjaan dan memudahkan kita dalam menjalankan bisnis agar bisa mencapai target penjualan dan market.

Berikut ini beberapa aplikasi yang kami rekomendasikan untuk kamu pelaku bisnis terutama UMKM yang sangat baik dan membantu dalam melakukan bisnis.

Beberapa aplikasi ini mungkin menjadi wajib untuk kamu miliki agar memudahkan setiap pekerjaan kamu, yang akan di bahas secara lengkap di bawah ini sebagai berikut.

Penjelasan Seputar Aplikasi UMKM

Aplikasi merupakan perangkat lunak yang di buat dengan beberapa fungsi menarik dengan tujuan memberikan pelayanan terbaik kepada penggunanya.

Ada banyak sekali jenis aplikasi yang sudah ada hingga saat ini dengan pelayanan menarik dan kebanyakan bisa di nikmati secara gratis dan juga ada pelayanan dari beberapa aplikasi yang berbayar.

Jenis aplikasi hingga saat ini sudah sangat beragam bahkan menjamur di kalangan masyarakat mulai dari Transportasi, Makanan, hiburan, Game, musik, video, Film, Editing, dan masih banyak lagi lainnya.

Bahkan juga ada sekali aplikasi yang di gunakan untuk melakukan bisnis di dalamnya seperti aplikasi Shopee, Lazada, Tokopedia, dan berbagai aplikasi belanja Online lainnya yang di gunakan untuk menjual berbagai produk secara Online atau daring.

Selain itu kebanyakan dari aplikasi saat ini sudah tersedia di Google Play Store dan juga App Store yang bisa di unduh secara gratis atau pun jika tidak ada di kedua aplikasi tersebut kamu bisa unduh juga banyak aplikasi di Google.

Nah pada ulasan kali ini kami akan memberikan beberapa aplikasi yang menyediakan banyak fitur menarik yang membantu memudahkan pekerjaan terutama dalam bisnis.

Sehingga membantu kamu untuk mengerjakan pekerjaan menjadi lebih mudah dan juga lebih cepat lagi dalam melakukan bisnis.

Beberapa aplikasi tersebut juga sudah tersedia di Google Play Store dan bisa kamu unduh secara gratis di sana, berikut beberapa aplikasi yang UKM yang wajib di miliki usaha kami.

Beberapa Rekomendasi Aplikasi UMKM yang Wajib Dimiliki Usaha Kamu

aplikasi umkm yang wajib dimiliki usaha kamu

Beberapa aplikasi di bawah ini memiliki beberapa fitur yang mampu memudahkan usaha atau bisnis sehingga membantu dalam meniti karir dan juga bisnis kamu.

Beberapa aplikasi mungkin juga tidak cocok dengan usaha atau bisnis yang kamu jalankan jadi pilih beberapa aplikasi yang cocok dengan usaha atau bisnis yang kamu jalankan.

Beberapa rekomendasi aplikasi UKM yang wajib di miliki usaha kami sebagai berikut ini.

1. Canva

Aplikasi pertama adalah aplikasi Canva yang merupakan aplikasi Edit video atau foto, aplikasi ini mungkin tidak cocok dengan usaha kamu dan tidak menyediakan fitur yang membantu usaha secara langsung.

Namun aplikasi edit ini bisa kamu gunakan untuk mengedit video dan foto yang bertujuan sebagai promosi dan barang atau produk dari bisnis atau usaha yang kamu jalankan.

Kamu tidak perlu jago edit video atau foto terlebih dahulu karna di aplikasi Canva sudah tersedia beberapa tamplate yang bisa di gunakan secara langsung.

2. Media Sosial

Aplikasi kedua yang wajib di miliki oleh pelaku usah atau bisnis adalah media sosial di mana berfungsi sebagai media untuk mempromosikan produk yang kamu miliki.

Semakin banyak orang yang melihat produk kamu di media sosial maka akan semakin baik, dan juga usahakan foto atau video yang kamu bagikan di media sosial merupakan yang terbaik agar terlihat dengan baik.

3. Marketplace

Aplikasi Selanjutnya yang wajib di miliki adalah aplikasi marketplace yang saat ini sedang rami dan sangat populer di masyarakat Indonesia bahkan dunia.

Beberapa Marketplace yang saat ini ramai di Indonesia seperti Shopee, Lazada, Tokopedia, Tik Tok Shop, dan masih banyak lagi lainnya.

Usahakan daftar sebagai mitranya di sana dan menjual produk kamu di sana secara Online sehingga kemungkinan berhasil dalam bisnis akan semakin besar.

4. Money Manager

Aplikasi selanjutnya yang wajib kamu miliki dan punya sebagai pelaku usaha adalah aplikasi yang bernama Money Manager di mana memiliki fitur yang sangat membantu.

Fiturnya adalah mencatat keuangan di mana segala jenis transaksi dan pemasukan bisa kamu catat dengan aplikasi ini, selain itu aplikasi ini bisa di akses dengan Online maupun Offline.

5. Mailchimp

Aplikasi selanjutnya yang wajib kamu miliki sebagai pelaku bisnis adalah Mailchimp di mana aplikasi ini memiliki fitur yang sangat unik dan menarik.

Di mana fitur aplikasi ini adalah dengan mengirim Email kepada pelanggan yang sudah terdaftar pada aplikasi ini dengan isi emailnya berupa Newlatter.

6. Si Apik

Aplikasi selanjutnya yang kami rekomendasikan dan wajib kamu miliki adalah aplikasi yang bernama si Apik yang juga memiliki fitur sangat bagus dan menarik.

Aplikasi ini sudah terhubung dengan BI atau Bank Indonesia dengan fitur berupa pencatatan keuangan baik pemasukan atau pengeluaran dan segala jenis transaksi bisa di catat pada aplikasi ini.

Pembukuan pada aplikasi ini juga sudah sesuai dengan BI atau Bank Indonesia yang mana berstandar nasional.

7. Trello

Aplikasi selanjutnya yang kami rekomendasikan dan wajib kamu miliki sebagai pelaku bisnis adalah aplikasi yang bernama Trello yang memiliki fitur sangat bagus dan menarik.

Trello memiliki fitur berupa pengatur Scedulle dan juga membantu dalam mengatur proyek yang sedang kamu jalankan pada usaha kamu.

Juga ada fitur yang akan mencatat segala progres dan kemajuan dari bisnis yang kamu jalankan serta mencatat siapa saja orang yang ikut andil dalam kemajuan usaha yang telah kamu jalankan.

Penutup

Itu tadi beberapa aplikasi yang di rekomendasikan dan wajib kamu miliki sebagai pelaku bisnis UMKM yang bisa kami berikan untuk kamu melalui artikel kali ini.

Jika ada pertanyaan mengenai artikel kali ini bisa tulis dan sampaikan pada kolom komentar yang ada di bawah ini sebagai berikut ini.

Semoga artikel yang kami berikan pada kesempatan kali ini bermanfaat dan nantikan informasi terbaru dari website ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *