Format Laporan Keuangan yang Sesuai Standar, Berikut Contohnya!

Format Laporan Keuangan yang Sesuai Standar – Pada ulasan kali ini kami akan membahas dan memberikan informasi mengenai laporan keuangan dengan memenuhi standar yang telah disepakati.

Laporan keuangan merupakan salah satu elemen penting yang ada pada setiap bisnis agar dapat mengetahui bagaimana perkembangan bisnis dalam tempo waktu tertentu.

Selain itu juga sebagai bentuk rasa tanggung jawab dari semua lini atas pekerjaan masing-masing demi kemajuan sebuah bisnis atau usaha.

Selain itu laporan keuangan juga bisa digunakan untuk keperluan pribadi yang bisa digunakan untuk mengetahui bagaimana memenuhi kebutuhan sehari-hari dalam batas tempo waktu tertentu.

Namun untuk laporan keuangan bagi pribadi tidak memerlukan standar yang digunakan pada kebanyakan bisnis dan jenis usaha.

Cukup dengan mencatat setiap pemasukan dan juga pengeluaran pada batas waktu atau tempo waktu tertentu saja.

Seperti yang telah disebutkan pada kalimat di atas bahwa laporan keuangan pada sebuah bisnis atau perusahaan diharuskan memenuhi standar tertentu yang sudah disepakati dan juga banyak digunakan pada sebuah bisnis atau perusahaan.

Apa saja sebenarnya standar yang harus dipenuhi agar sebuah laporan keuangan dapat dikenali dan diterima pada sebuah bisnis atau sebuah perusahaan?

Hal ini akan dibahas secara lengkap dan jelas mengenai laporan keuangan yang sesuai dengan standar sebagai berikut ini.

Format Laporan Keuangan yang Sesuai Standar

Format Laporan Keuangan yang Sesuai Standar

Berikut ini beberapa hal yang harus ada atau ditulis pada sebuah laporan keuangan sebuah perusahaan agar dapat memenuhi standar pada umumnya sebagai berikut.

1. Nama Perusahaan

Hal pertama yang harus ada pada sebuah laporan keuangan agar bisa memenuhi standar pada sebuah laporan keuangan adalah nama emiten atau nama perusahaan tersebut.

Dengan aturan penulisan adalah menggunakan huruf  kapital di keseluruhan nama perusahaan dan di bold atau dibuat tebal.

Kemudian ditulis pada baris pertama atau judul dengan penempatan pada bagian tengah yang mana bersebelahan dengan lambang dari perusahaan yang berada pada bagian kiri atas kertas.

2. Judul

Hal kedua yang harus ditulis pada sebuah laporan keuangan sebuah perusahaan agar bisa memenuhi standar yang berlaku adalah dengan menuliskan judul laporan yang bersangkutan.

Dengan aturan penulisan menggunakan huruf  kapital pada awal kata dan di tempatkan di bawah nama perusahaan dan juga boleh ditebalkan (bold)  atau pun tidak.

3. Jangka Waktu

Hal ketiga yang harus ditulis pada sebuah laporan keuangan sebuah perusahaan agar memenuhi standar yang berlaku adalah dengan menuliskan jangka waktu atau tempo waktu pelaporan keuangan yang akan dibuat.

Tujuannya tentu agar bisa mengetahui dengan jelas uang yang akan dilaporkan itu dalam jangka waktu berapa, sedangkan apabila jangka waktu tidak ditulis pada sebuah laporan keuangan ini akan membuat bingung dan kesalahan informasi.

4. Data-data

Selanjutnya yang harus ditulis pada sebuah laporan keuangan di sebuah perusahaan adalah data-data atau laporan keuangan itu sendiri, jadi diharuskan mencantumkan setiap data keuangan yang akan dilaporkan.

Data-data ini bisa berisi mengenai Rekening saldo, Kolom Debit, kolom kredit, dan keuangan lainnya.

Pastikan ketika menuliskan data keuangan ini dengan teliti, lengkap, dan juga dengan data yang sebenar-benarnya agar tidak ada kesalahan yang akan merugikan perusahaan.

5. Stempel Perusahaan

Selanjutnya yang harus dituliskan pada sebuah laporan keuangan di perusahaan adalah dengan adanya stempel dari perusahaan pada bagian penutup.

Hal ini merupakan sebagai bentuk tanggung jawab yang sudah dijalankan dengan melaporkan setiap data keuangan ini kepada atasan.

6. Tanda Tangan

Selanjutnya yang harus ada di sebuah laporan keuangan adalah sebuah tanda tangan dari penanggung jawab pada bagian keuangan dan juga tentunya para direksi yang ada di sebuah perusahaan tersebut.

Tanda tangan ini juga sama kegunaan dan fungsinya dengan stempel perusahaan yang telah disebutkan pada bagian atas tadi.

Penutup

Itu tadi penjelasan mengenai apa saja yang harus ada pada sebuah laporan keuangan agar sebuah laporan keuangan tersebut memenuhi standar.

Jika ada pertanyaan mengenai artikel kali ini bisa disampaikan dengan menuliskannya pada bagian kolom komentar yang ada di bawah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *