Perbedaan Antara Bank dan Lembaga Keuangan Bukan Bank

Perbedaan Bank dan Lembaga keuangan non Bank – Pada ulasan kali ini kami akan membahas dan memberikan informasi mengenai apa saja perbedaan antara bank dengan sebuah lembaga keuangan yang bukan bank.

Bank merupakan lembaga keuangan yang memiliki hak dan wewenang mengenai keuangan di suatu negara dengan fungsi dan tugas umumnya adalah sebagai lembaga yang menyediakan fasilitas untuk menukar, meminjamkan, dan juga menyimpan uang di suatu negara.

Bank nasional juga memiliki wewenang untuk mencetak mata uang di suatu negara yang sudah resmi dan disetujui pada negara tersebut dan di Indonesia bank tersebut adalah Bank Indonesia atau BI.

Ada banyak sekali keuntungan dan kemudahan yang dirasakan dengan kehadiran dari lembaga ini untuk memajukan dan membantu roda perekonomian pada suatu negara.

Sedangkan lembaga keuangan merupakan lembaga serupa namun tidak memiliki wewenang yang sama dengan bank dan tergolong lebih kecil serta lebih lemah di mata hukum ketimbang dengan bank namun memiliki peran yang penting dalam membantu roda perekonomian suatu negara.

Namun meskipun memiliki fungsi dan juga banyak kesamaan antara keduanya namun tetap saja ada perbedaan yang cukup jelas antara bank dengan lembaga keuangan yang bukan bank.

Hal ini akan dibahas secara lengkap mengenai perbedaan antara Bank dengan lembaga keuangan bukan bank di bawah ini sebagai berikut.

Penjelasan Seputar Bank dan Lembaga Keuangan Bukan Bank

Perbedaan Antara Bank dan Lembaga Keuangan Bukan Bank

Seperti yang sudah disinggung di atas mengenai pengertian dari Bank, merupakan sebuah lembaga intermediasi keuangan yang pada umumnya didirikan dengan kewenangan meminjamkan, menyimpan, menukar , serta mencetak uang di suatu negara.

Bank mandiri diambil dari bahasa Italia banca yang memiliki arti sebagai tempat untuk menukar uang.

Bank juga bisa diartikan sebagai satuan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat banyak dan disalurkan lagi kepada masyarakat dalam berbagai bentuk mulai dari kredit, cicilan, atau dalam bentuk yang lainnya agar mampu membantu taraf hidup masyarakat.

Dalam kegiatan tersebut bank akan mendapatkan keuntungan dari bunga sehingga dapat disalurkan sebagai biaya operasional, gaji karyawan, serta dapat juga disalurkan lagi ke masyarakat dalam bentuk apapun.

Sedangkan lembaga keuangan non bank merupakan lembaga yang bergerak pada bidang keuangan dengan tujuan yang sama dengan bank namun tidak memiliki wewenang yang sama dengan bank.

Meskipun begitu lembaga keuangan ini memberikan efek yang sangat baik di mana membantu perputaran ekonomi di suatu negara dan khususnya di Indonesia.

Contoh umum lembaga keuangan yang ada banyak di Indonesia adalah koperasi masyarakat, Pegadaian, bursa efek, lembaga pembiayaan, perusahaan asuransi, lembaga dana pensiun, dan masih banyak lagi lainnya.

Perbedaan Bank dan Lembaga Keuangan Non Bank

Perbedaan umum antara Bank dengan lembaga keuangan non bank adalah sebagai berikut ini.

  • Bank mampu menghimpun dana biasanya secara langsung dan tidak langsung seperti tabungan, giro, dan juga deposito. Sedangkan lembaga keuangan non bank biasanya menghimpun dana secara tidak langsung.
  • Bank memiliki wewenang untuk mencetak uang dan mempengaruhi jumlah uang yang beredar di masyarakat seperti Bank Indonesia (BI). Sedangkan lembaga keuangan non bank tidak memiliki wewenang tersebut.
  • Tujuan masyarakat menyetorkan uangnya di Bank adalah untuk keamanan, kenyamanan, dan mendapatkan pendapatan bunga. Sedangkan pada lembaga Keuangan non bank penyetoran dana adalah untuk investasi, mendapatkan penghasilan tambahan, pembelian, dan lain sebagainya.

Meskipun dengan perbedaan yang ada di atas fungsi dari kedua lembaga ini sama yaitu untuk membantu pergerakan ekonomi negara dan juga membantu taraf kehidupan masyarakat yang lebih layak.

Dan juga lembaga keuangan biasanya menjalankan praktek usahanya masih dalam peraturan dari keuangan Indonesia jadi aman dan dilindungi oleh undang-undang yang berlaku di negara Indonesia.

Penutup

Itu tadi beberapa perbedaan antara Bank dengan lembaga keuangan non bank yang ternyata sangat berbeda namun memiliki fungsi dan tujuan yang sama dalam masalah perekonomian negara Indonesia.

Jika ada pertanyaan yang ingin disampaikan atas artikel kali ini bisa tulis di kolom komentar yang ada di bawah ini sebagai berikut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *