Apa Itu Tangible dan Intangible Asset? Berikut Penjelasan Lengkapnya!

Apa Itu Tangible – Sebagai seorang investor atau pemilik modal, kamu harus mulai memahami berbagai istilah yang mungkin terdengar asing di telinga kamu. Dalam dunia investasi dan modal, kamu akan menjumpai banyak sekali istilah yang masih terdengar asing sehingga sulit untuk kamu mengerti.

Dalam dunia bisnis dan ekonomi, kamu harus pandai dalam mempelajari hal baru karena pada dasarnya dunia bisnis dan ekonomi sangatlah dinamis. Jika kamu tidak pandai dalam menyesuaikan hal tersebut, kamu akan tertinggal jauh dengan orang lain yang mau belajar.

Salah satu istilah yang mungkin masih terdengar asing dilengi kamu adalah kata tangible dan intangible dalam dunia bisnis. Bagi kamu para pebisnis pemula, tentu akan langsung bertanya mengenai apa itu tangible dan intangible dan apa saja contohnya.

Perlu kamu tahu, tangible dan intangible asset merupakan dua hal yang berbeda walaupun memiliki kata yang mirip apabila diucapkan. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kami akan menyajikan informasi untuk kamu yang akan membahas mengenai apa itu tangible dan intangible yang bisa kamu simak ulasan lengkapnya dalam artikel edisi kali ini.

Informasi Tentang Apa Itu Tangible yang Wajib Kamu Tahu !

apa itu tangible

Tangible asset atau aktiva berwujud merupakan aset yang memiliki bentuk fisik yang bisa digunakan dan dimanfaatkan oleh pemiliknya. Contoh dari tangible asset ini seperti tempat usaha yang bisa berupa tanah atau bangunan, alat yang digunakan untuk proses produksi (mesin) l, alat yang digunakan untuk proses distribusi (seperti mobil, truk, dan kendaraan lainnya).

Karakteristik dari tangible asset atau aktiva berwujud ini dapat kamu simak dalam pembahasan yang sudah kami bagikan di bawah ini.

  • Tangible asset merupakan hal yang memiliki bentuk fisik atau berwujud, dan dapat digunakan secara aktif terutama dalam hal operasional perusahaan.
  • Tangible asset dimiliki bukan untuk investasi atau penanaman modal, dan juga tidak untuk diperdagangkan.
  • Karakteristik yang selanjutnya yaitu memiliki jangka waktu kegunaan yang relatif permanen (biasanya lebih dari 1 tahun).
  • Karakteristik lainnya dari tangible asset yaitu bisa memberikan manfaat di waktu yang akan datang.

Perlu kamu tahu, tangible aset juga dibagi ke dalam tiga jenis, diantaranya sebagai berikut :

  • Aktiva tetap yang masa kegunaannya tidak terbatas
  • Aktiva tetap yang masa berlakunya terbatas dan tidak bisa dirubah dengan memakai aktiva lainnya yang sejenis jika masa kegunaannya telah berakhir.
  • Ketiga, asset tetap atau aktiva tetap yang masa kegunaanya terbatas dan bisa diubah  dengan memakai aktiva sejenis jika masa kegunaannya telah berakhir.

Berikut Informasi Mengenai Intangible Asset

Setelah mengetahui apa itu tangible asset, kini saatnya membahas tentang intangible asset berikut ini. Intangible asset atau bisa dibilang aktiva tidak berwujud ini adalah kebalikan dari tangible asset, artinya yang lebih merujuk pada aset dari sebuah perusahaan yang tidak memiliki bentuk fisik serta tidak memiliki sifat asek untuk jangka waktu yang lama. 

Secara keseluruhan, aktiva tersebut tidak diperuntukkan untuk dijual suatu hari nanti, baik untuk jangka waktu pendek maupun jangka waktu yang panjang. Intangible aset tersebut dikelola untuk menghasilkan sebuah keuntungan untuk operasional dari sebuah perusahaan, di mana setidaknya ada empat jenis dari intangible aset dalam sebuah perusahaan, diantaranya yaitu :

  • Hak sewa atau lease hold, yang akan diperoleh dari sebuah transaksi sewa aktiva tertentu, yang kemudian disahkan oleh seorang notaris dalam jangka waktu tertentu.
  • Hak paten, yang merupakan sebuah hak yang bisa didapatkan dari salah satu penemuan tertentu dan kemudian disahkan menurut undang-undang yang berlaku.
  • Trademark atau merk dagang yang merupakan sebuah hak yang bisa didapatkan dari suatu merek komersial tertentu dan telah disahkan oleh badan hukum.
  • Organization cost, merupakan sebuah pengeluaran entitas yang timbul tepatnya sebelum perusahaan beroperasi.

Dalam dunia bisnis, istilah tangible dan intangible juga disematkan untuk suatu produk yang diperjualbelikan dalam rangka mendapatkan keuntungan. Konsep dari tangible dan intangible produk ini juga hampir mirip dengan istilah pada asset, di mana tangible product merupakan produk yang bisa dilihat wujudnya secara nyata.

Sementara yang dimaksud dengan intangible produk adalah produk yang dapat dikatakan tidak nyata dikarenakan tidak memiliki bentuk fisik. Contoh mudah dari intangible produk ini yaitu jasa atau aset yang sudah kami jelaskan di atas.

Akhir kata, itulah pembahasan yang bisa kami sampaikan untuk kamu terkait dengan Apa itu tangible dan intangible asset atau product, semoga informasinya bermanfaat dan jangan lupa update informasi menarik lainnya dari situs kami ya !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *