Kenapa Handsfree Instagram Tidak Berfungsi? Begini Cara Mengatasinya!

Instagram terus memanjakan penggunanya dengan berbagai fitur yang sangat memudahkan untuk membuat konten foto maupun video. Salah satu fitur yang sangat berguna dan jarang digunakan oleh pengguna IG yaitu handsfree. Fitur ini sudah ada sejak Desember 2016 lalu dan bisa digunakan pengguna Instagram di seluruh dunia tanpa terkecuali. Handsfree bisa digunakan untuk membuat story tanpa harus menekan tombol rekam dengan manual.

Maksudnya yaitu kamu bisa dengan bebas bergerak dan berekspresi tanpa harus menekan atau menyentuh bagian tengah yang biasanya berfungsi untuk merekam video di stories. Hal ini menjadi terobosan baru bagi Instagram yang tentunya membuat pengguna semakin nyaman dan fleksibel untuk membuat konten foto terutama video. Dibalik kemudahannya, ada sebagian pengguna yang mengalami masalah terkait penggunaan fitur ini.

Permasalahan tersebut membuat bingung pengguna Instagram dan menanyakan kenapa handsfree Instagram tidak berfungsi dan harus menekan tombol rekam secara manual. Hal ini tentu saja membuat pengguna bingung padahal itu dan layanan ini bisa digunakan oleh siapa saja tanpa terkecuali. Kamu tidak perlu khawatir karena kami akan merangkum informasi tentang penyebab dan cara mengatasi kenapa yang sering Instagram tidak berfungsi.

Penyebab dan Solusi Kenapa Handsfree Instagram Tidak Berfungsi

Kenapa handsfree Instagram tidak berfungsi

Apakah selama ini saat kamu membuat story di Instagram masih menggunakan tombol manual untuk merekam video kamu hingga selesai? Mulai sekarang stop langkah itu karena ada langkah yang lebih mudah dan bisa kamu gunakan agar kamu bisa bebas membuat story tanpa harus berdiam diri di tempat dan menekan tombol rekam sampai selesai. Cara untuk melakukan hal tersebut kamu bisa mengikuti tutorial di bawah ini:

  • Langkah pertama yaitu bukalah aplikasi Instagram dan login lah pada akun kamu
  • Pada halaman beranda Instagram, kamu bisa klik icon plus yang berada di bagian atas di sebelah ikon love
  • Ketika kamu mengklik ikon tersebut maka akan muncul beberapa opsi dan pilih opsi story atau cerita
  • Setelah masuk pada halaman story atau cerita maka kamu bisa mengklik tanda kurung yang mengarah ke bawah, letaknya ada di sisi sebelah kiri di bawah tulisan tata letak
  • Setelah itu kamu akan menemukan opsi handsfree yang bisa kamu gunakan untuk merekam konten video tanpa harus menekan tombol rekam
  • Sebelumnya jangan lupa pilih terlebih dahulu filter serta lagu yang ingin kamu gunakan
  • Pastikan kamera memiliki pencahayaan yang cukup agar hasil video kamu maksimal

Tutorial atau langkah di atas bisa kamu ikuti untuk menggunakan fitur handsfree saat membuat video di stories. Namun, bagaimana jika kamu tidak menemukan fitur handsfree pada ponsel kamu atau di saat mengkliknya kamu mengalami kesulitan. Jangan khawatir, karena kamu bisa mengikuti beberapa cara yang berikut ini sudah kami rangkum untuk penyebab cara mengatasi kenapa handsfree Instagram tidak berfungsi:

1. Belum Update Akun Instagram

Penyebab pertama yang memiliki kemungkinan besar terkait alasan kenapa handsfree Instagram tidak berfungsi yaitu karena akun Instagram mami belum di update. Hal ini bisa terjadi jika kamu tidak mengaktifkan layanan update otomatis pada play store maupun App store sehingga kamu perlu update secara manual. Caranya sangat mudah tinggal membuka aplikasi play store atau App store kemudian ketik pada penelusuran aplikasi Instagram.

Kemudian jika ada tombol update atau perbarui maka klik dan tunggu prosesnya hingga selesai. Setelah itu kamu bisa membuka kembali akun Instagram kamu dan bukalah menu untuk membuat story di Instagram. Kamu akan melihat fitur handsfree ada pada menu tersebut dan bisa kamu gunakan.

2. Aplikasi Instagram Sedang Error 

Penyebab selanjutnya yang bisa terjadi tentang alasan fitur handsfree Instagram tidak berfungsi yaitu sistem aplikasi sedang error sehingga kamu perlu menunggu beberapa saat hingga kembali normal. Hal ini memang sering terjadi mengingat setiap hari aplikasi Instagram di akses oleh banyak pengguna di seluruh dunia sehingga kemungkinan untuk mengalami bug atau error sangat mungkin terjadi.

3. Kamera Sedang Overheat dan Jaringan Tidak Stabil

Pada ponsel yang memiliki kapasitas ruang yang kecil serta RAM yang terbatas tentu akan membuat penggunaan aplikasi semakin terasa berat. Hal ini juga menyebabkan kamera tidak berfungsi secara semestinya dikarenakan overheat sehingga ada beberapa fitur yang dinonaktifkan penggunaannya. Selain itu, jaringan yang tidak stabil juga cukup mempengaruhi tentang penggunaan handsfree pada pembuatan story di Instagram.

Jika hal ini terjadi, jangan panik dan kamu bisa melakukan langkah seperti dinginkan terlebih dahulu kamera ponsel kamu serta tidak memaksa kinerjanya secara berlebihan. Setelah itu keluar atau logout sebentar dari akun Instagram kemudian pastikan internet ponsel beroperasi dengan stabil. Tunggu perangkat ponsel kamu menjadi dingin dan tidak overheat kemudian kamu bisa menggunakannya kembali.

Akhir kata, terima kasih telah membaca informasi yang sudah kami bagikan tentang kenapa handsfree Instagram tidak berfungsi lengkap dengan penyebab dan cara mengatasinya. Kamu bisa mengikuti tutorial di atas untuk menggunakan fitur dan jika fitur tidak berfungsi secara normal maka kau bisa mengikuti beberapa saran yang sudah kami sajikan di atas. Sekian dan sampai jumpa di postingan artikel selanjutnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *