Cara Mengatasi Email yang Tidak Terkirim Dengan Mudah

Cara Mengatasi Email yang Tidak Terkirim – Apakah kamu pernah melihat atau mengalami ketika status email dalam antrian dan tidak terkirim dalam waktu yang cukup lama. Tentu saja kejadian semacam itu membuat kamu merasa kesal, apalagi jika pesan tersebut merupakan suatu hal yang penting dan harus segera dikirimkan.

Ketika email tersebut sifatnya urgent, misalkan saja berhubungan dengan tugas kuliah ataupun deadline pekerjaan yang sudah sangat mepet, tentu semakin membuat kamu panik dan bingung Kenapa email yang dikirim dalam antrian dan tidak kunjung terkirim.

Bagi kamu yang pernah mengalami hal semacam ini, tentu kamu akan berusaha untuk mencari tahu penyebabnya dan juga cara mengatasinya. Kamu tidak perlu khawatir, karena admin selalu baik hati dan tidak sombong, maka kali ini admin akan membagikan informasi untuk kamu mengenai penyebab kenapa email yang dikirim dalam antrian dan cara mengatasinya, so simak pembahasannya sampai akhir.

Penyebab Email yang Dikirim Dalam Antrian dan Tidak Terkirim

Bagi kamu yang sering menggunakan email sebagai aplikasi untuk mengirimkan pesan tertentu yang bersifat penting, mungkin seringkali kamu mengalami kendala di mana email yang kamu kirimkan terus berstatus dalam antrian dan tidak kunjung terkirim. 

Tentu saja kendala semacam ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, baik dari aplikasi itu sendiri maupun dari penggunanya. Berikut ini adalah beberapa penyebab kenapa email yang dikirim dalam antrian yang sudah kami rangkum untuk kamu :

Kesalahan Penulisan Alamat Email Tujuan

Hal pertama ini adalah penyebab yang paling sering terjadi dan setidaknya pernah dialami satu kali oleh para pengguna email. Jika kamu mengalami kendala saat mengirim email, di mana pesan berada dalam antrian dan tidak kunjung terkirim, mungkin kamu sudah merasa bingung dan mengira bahwa permasalahan ada pada software atau perangkat kamu.

Namun, setelah diteliti kembali ternyata sumber masalah utamanya yaitu adanya kesalahan penulisan Pada alamat email tujuan. Kalau sudah seperti ini, maka solusinya sangatlah simple yaitu kamu bisa mengulangi untuk menuliskan alamat emailnya dengan benar. 

Penyebab lainnya juga kemungkinan besar dikarenakan alamat emailnya invalid ataupun malah tidak ada sama sekali. Oleh karena itu, silahkan konfirmasi ke penerima untuk menanyakan alamat email yang benar ya sob !

Jaringan Internet yang Digunakan Bermasalah/Gangguan

Penyebab lainnya kenapa email yang dikirim dalam antrian yaitu dikarenakan jaringan internet yang bermasalah atau sedang mengalami gangguan. Sebagai pengguna email, kamu pasti sudah tahu kalau aplikasi email tidak akan bisa berfungsi dengan baik apabila tidak tersambung ke jaringan internet yang bagus. 

Jika sudah begini, maka solusi yang paling tepat adalah mencoba untuk mengganti jaringan misalnya dengan Wi-Fi yang memiliki jaringan atau kecepatan yang lebih stabil. Selain itu, kamu juga perlu memeriksa apakah provider yang kamu gunakan sedang mengalami gangguan atau tidak yang bisa menyebabkan pesan email tidak terkirim.

Server Email Sedang Mengalami Down

Sebenarnya, kejadian semacam ini sangat jarang terjadi, namun bukan tidak mungkin hal ini bisa menjadi penyebab email dalam antrian dan tidak kunjung terkirim. Server email yang sedang mengalami down bisa saja terjadi terutama saat traffic data sedang tinggi-tingginya digunakan.

Ada beberapa solusi yang bisa kamu lakukan, di mana langkah yang paling utama adalah menunggu hingga servernya kembali normal. Namun, jika kendala tersebut masih terus berlanjut, maka kamu bisa mencoba menggunakan aplikasi atau layanan Email lainnya agar pesan kamu dapat segera terkirim.

Versi Aplikasi Belum Update ke Versi Terbaru

Penyebab lainnya yang bisa membuat pesan di email berada di dalam antrian dan tidak kunjung terkirim yaitu dikarenakan versi aplikasi sudah terlalu lawas karena tidak kamu update ke versi yang terbaru. Hal ini bisa menyebabkan aplikasi email mengalami berbagai bug dan kendala, salah satunya yaitu pesan yang tidak kunjung terkirim dan berada dalam antrian.

Cara Mengatasi Email yang Tidak Terkirim

cara mengatasi email yang tidak terkirim

Setelah mengetahui beberapa hal yang mungkin bisa menjadi penyebab pesan email yang berada dalam antrian dan tidak kunjung terkirim, maka kamu juga wajib mengetahui langkah-langkah untuk mengatasinya berikut ini.

  1. Mengupdate software dan aplikasi ke versi yang terbaru
  2. Membersihkan cache aplikasi secara berkala dan rutin
  3. Mengatur sinkronisasi HP dan melakukan restart pada perangkat
  4. Membersihkan kontak list yang sudah tidak aktif lagi.

Itulah tadi pembahasan mengenai Cara Mengatasi Email yang Tidak Terkirim, semoga informasi dari admin kali ini bisa bermanfaat untuk kamu dan jangan lupa untuk update selalu informasi lainnya yang menarik dari situs kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *