Kenapa Kode Verifikasi Tidak Muncul di SMS? Ini Penyebab dan Solusinya

Kenapa Kode Verifikasi Tidak Muncul di SMS – Saat ini, ada banyak sekali aplikasi yang menerapkan sistem OTP atau one Time password yang merupakan salah satu metode login yang berfungsi sebagai verifikasi terhadap kebenaran akun yang dimiliki oleh pengguna.

Beberapa aplikasi yang menerapkan metode login ini antara lain seperti WhatsApp, telegram, Instagram, dan masih banyak lagi aplikasi lainnya termasuk media sosial. OTP sendiri merupakan serangkaian kode angka berjumlah 4 sampai dengan 6 digit yang dikirimkan melalui SMS atau alamat email yang terdaftar.

Walaupun SMS menjadi metode yang paling sering digunakan oleh para pengguna, tidak jarang mereka mengalami permasalahan kode verifikasi tidak muncul di SMS. Hal ini tentu sangat menyebalkan, karena kode verifikasi yang tidak muncul ini bisa membuat proses pendaftaran atau login akun menjadi gagal.

Ketika mengalami hal semacam ini, banyak pengguna yang bertanya mengenai penyebab kenapa kode verifikasi tidak muncul di SMS. Selain itu, para pengguna ini juga tentu ingin mengetahui cara mengatasinya, agar kode verifikasi ini bisa muncul dan proses login atau pendaftaran bisa dilakukan.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan informasi untuk kamu mengenai penyebab kode verifikasi atau OTP tidak muncul di SMS serta cara mengatasinya yang bisa kamu simak berikut ini.

Ini Dia Penyebab Kode Verifikasi Tidak Muncul di SMS 

kenapa kode verifikasi tidak muncul di sms

Perlu kamu tahu, ada banyak hal yang bisa menjadi penyebab kenapa kode verifikasi tidak muncul di SMS yang biasanya sering dialami oleh para pengguna, namun kamu tidak perlu bingung karena berikut ini sudah kami rangkum informasinya khusus untuk kamu.

1. Nomor Hp yang Dimasukkan Salah

Salah satu hal yang paling sering terjadi dan menjadi penyebab kenapa kode verifikasi tidak muncul di SMS yaitu dikarenakan adanya kesalahan pada nomor HP yang kamu masukkan. Apabila kamu salah dalam menginput nomor HP, maka akan menyebabkan kode verifikasi tidak akan bisa muncul di SMS kamu.

2. Penyimpanan Perangkat Penuh

Penyimpanan perangkat yang sudah penuh juga bisa menyebabkan SMS yang seharusnya dikirimkan menjadi tidak muncul di perangkat. Sama halnya dengan aplikasi lainnya, pesan SMS juga memerlukan ruang penyimpanan untuk bisa berjalan dengan optimal.

3. Kartu Sudah Tidak Aktif/Melewati Masa Tenggang

Ketika kartu sudah tidak aktif atau sudah melewati masa tenggang, maka kartu sudah tidak dapat digunakan lagi alias hangus. Hal ini menyebabkan Kamu tidak akan bisa lagi menggunakan layanan operator seperti menelpon, menerima telepon, mengirimkan SMS, bahkan menerima SMS. Oleh sebab itu, ketika pihak aplikasi mengirimkan kode verifikasi melalui layanan SMS maka pesan tersebut tidak akan muncul di SMS kamu.

4. Operator Delay Karena Sinyal Buruk

Penyebab lainnya kode verifikasi tidak muncul di SMS yaitu karena operator pada provider yang kamu gunakan sedang delay, dimana hal ini bisa saja disebabkan oleh cuaca buruk ataupun kondisi sinyal yang tidak stabil. Hal ini bisa menyebabkan pusat operator menjadi error, dan membuat SMS apapun tidak akan segera masuk.

5. Tanggal dan Waktu Perangkat Tidak Sesuai

Jika kamu merasa nomor HP yang diinput pada akun sudah benar, maka cara selanjutnya yaitu kamu bisa mencoba mengecek tanggal yang ada di perangkat kamu apakah sudah sesuai atau belum. Tidak jarang, beberapa orang lupa untuk mengatur tanggal dan waktu pada perangkat mereka setelah melakukan reset. Tanggal dan waktu yang tidak sesuai sangat mungkin menyebabkan kode verifikasi tidak segera masuk di SMS.

Cara Mengatasi Permasalahan Kode Verifikasi Tidak Muncul di SMS yang Wajib Kamu Tahu!

Setelah mengetahui penyebab kenapa kode verifikasi tidak muncul di SMS, maka kamu sudah bisa menentukan cara atau solusi terbaik untuk mengatasi permasalahan tersebut. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu coba untuk bisa mengatasi permasalahan kode verifikasi tidak muncul di SMS.

  1. Memeriksa dan memastikan kembali nomor HP yang diinput sudah sesuai dengan nomor HP yang terpasang di perangkat.
  2. Memeriksa penyimpanan perangkat dan menghapus data penyimpanan yang tidak terpakai.
  3. Datang ke gerai provider terdekat untuk mengaktifkan kembali nomor HP yang sudah hangus.
  4. Menunggu hingga sinyal operator kembali stabil dan tidak delay.
  5. Menyesuaikan waktu dan tanggal di perangkat (mengatur waktu dan tanggal perangkat menjadi otomatis).
  6. Menggunakan nomor hp lainnya yang kamu miliki untuk mendaftar akun.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi permasalahan kenapa kode verifikasi tidak muncul di SMS. Semoga pembahasan kali ini bisa menjadi sumber informasi bagi kamu yang sedang mengalami permasalahan terkait kode verifikasi SMS yang tidak muncul.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *