Kenapa Pengajuan Limit Akulaku Gagal? Ini Dia Cara Mengatasinya!

Kenapa Pengajuan Limit Akulaku Gagal – Pada ulasan kali ini kami akan membahas mengenai salah satu aplikasi pinjaman online yaitu Akulaku mengenai pengajuan Limit yang gagal.

Saat ini jaman sudah Modern semua bisa dilakukan dengan digital, Online, dan dengan internet. Begitu pula dengan melakukan peminjaman yang bisa dilakukan dengan hanya satu aplikasi saja.

Jika biasanya melakukan peminjaman yang umum dilakukan adalah melalui Bank, Koperasi, Rentenir, dan peminjaman kepada satu pihak lain yang dilakukan secara manual.

Saat ini sudah ada banyak sekali aplikasi yang bisa dilakukan untuk melakukan peminjaman dengan hanya lewat satu aplikasi saja, secara Online dan digital tanpa harus susah payah bertemu.

Selain itu kebanyakan aplikasi pinjaman Online juga mengajukan persyaratan yang lebih mudah dibandingkan dengan pinjaman di suatu pihak seperti Bank dan koperasi yang kebanyakan membutuhkan Jaminan.

Dengan melakukan peminjaman di aplikasi pinjaman Online hanya membutuhkan identitas diri dan kemudian mengajukan peminjaman saja tanpa adanya jaminan berbentuk barang.

Di ulasan kali ini kami akan memberikan penjelasan lengkap mengenai alasan kenapa pengajuan limit pinjaman di aplikasi Akulaku gagal.

Penjelasan Seputar Aplikasi Pinjaman Online Akulaku

kenapa pengajuan limit akulaku gagal

Akulaku merupakan aplikasi yang hadir di tengah masyarakat sebagai aplikasi yang menyediakan pinjaman secara Online, di mana diharapkan mampu membantu dari segi perekonomian dari pengguna aplikasi.

Akulaku merupakan aplikasi pinjaman Online yang akan membantu pengguna dengan cara membantu pengguna yang ingin melakukan transaksi khususnya pembelian Online.

Nantinya kamu bisa mengajukan sistem pembayaran Online di aplikasi Akulaku, jadi pihak Akulaku akan membantu membayar produk yang kamu beli di aplikasi jual beli Online.

Dengan begitu produk yang kamu ingin beli bisa didapatkan, kemudian kamu hanya perlu membayar secara cicilan ke pihak Akulaku dengan jumlah pembayaran tertentu.

Jadi ini mirip sistem Paylatter di aplikasi Shopee, bedanya kamu menggunakan pihak ketiga dari luar untuk membantu transaksi kamu. Dimana pihak ketiga akan membayar kepada penjual barang, sehingga pembeli yang melakukan transaksi akan kembali membayar produk kepada pihak ketiga dengan sistem kredit atau cicilan.

Yang mana pihak ketiga akan mendapatkan keuntungan dari bunga yang dibayarkan oleh pembeli tadi. Di aplikasi Akulaku bunganya cukup besar yaitu berkisar 4%.

Kenapa Pengajuan Limit Akulaku Gagal?

Nah dengan penjelasan di atas mungkin sudah jelas bagaimana sistem di Akulaku bekerja dan bagaimana pihak Akulaku bisa membantu peminjam, dan juga bagaimana pihak Akulaku bisa mendapatkan keuntungan dari suatu transaksi dan pinjaman yang diajukan.

Nah di Aplikasi Akulaku tidak semua jenis transaksi bisa diproses, khususnya dari segi jumlah atau harga produk yang ingin di beli. Ada batasan harga yang diberikan oleh pihak Akulaku di setiap transaksi yang biasa disebut dengan Limit pinjaman.

Limit di Akulaku sendiri sebesar 15 juta dan untuk pembayarannya bisa 15 kali angsuran bayar. Namun kenapa ada beberapa kasus yang menyebabkan Limit pinjaman gagal dan ditolak? Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa hal sebagai berikut:

Data Diri Tidak Lengkap

Ketika Anda mengajukan limit pinjaman di Akulaku, tentu ada namanya tahap pendaftaran, baik pendaftar akun Akulaku dan pendaftaran akun peminjam. Ketika mendaftar akun, Anda hanya perlu memasukan nama, nomor telepon dan email saja sudah cukup.

Sementara untuk membuat akun sebagai peminjam di Akulaku, diperlukan banyak data yang harus Anda masukan, seperti nomor Telepon Aktif, Alamat Email Aktif, KTP, NPWP, Slip Gaji, Mutasi Rekening dan lain sebagainya. Bisa saja, penyebab Anda tidak mendapatkan limit pinjaman di Akulaku karena ada beberapa data yang tidak Anda masukan.

Verifikasi Wajah Gagal

Setelah selesai mengisi semua data diri diatas, Anda harus melewati tahap verifikasi wajah. Ini diperlukan oleh pihak Akulaku sebagai bukti bahwa data diri yang Anda masukan memang benar milikmu. Jadi, bisa saja tidak mendapatkan limit pinjaman di Akulaku karena proses verifikasi wajah terjadi kesalahan, baik secara teknis ataupun dari pihak Anda sendiri.

Foto Dokumen Tidak Jelas

Seperti yang sudah saya sampaikan, Anda diharuskan memasukan data diri penting seperti KTP, NPWP, Mutasi Rekening dan lain lainnya. Jadi, apabila dokumen yang Anda kirim tidak discan dengan jelas, maka pihak Akulaku berharap tidak memberi limit pinjaman kepada Anda.

Data Diri Tidak valid

Kemudian masih berkaitan dengan data diri yang Anda masukan, perlu Anda semue ketahui data diri yang Anda kirim ke pihak Akulaku tidak hanya akan dicek oleh pihak mereka, melain pihak atau lembaga terkait lainnya, seperti Ojk. Apabila data yang Anda kirim ternyat invalid, maka untuk mendapatkan limit pinjaman sangatlah kecil, bahkan mustahil.

Ada Tunggakan Tagihan Lain

Selain itu, adanya catatan atau rekam jejak digital yang menyebutkan bahwa pengguna melakukan tunggakan pembayaran sehingga Limit tidak bisa di ajukan.

Meskipun Limit pinjaman masih tersisa, apabila terdapat banyak catatan tunggakan pada proses pembayaran cicilan di Akulaku atau platform lain, maka akan sulit untuk mendapatkan limit pinjaman yang bisa dicairkan.

Melewati Limit

Hal selanjutnya yang menyebabkan penolakan atau gagalnya pengajuan limit pinjaman adalah pengguna pinjaman sudah melewati batas atau limit pinjaman di satu bulan.

Limit dari Akulaku sendiri hanya sebesar 15 juta sehingga apabila sudah lewat dari 15 juta maka pengajuan limit tidak bisa di lakukan dan gagal.

Skor Kredit Akulaku Rendah

Selain beberapa penyebab diatas, ada satu hal lagi yang menjadi penentu pengajuan pinjaman Anda akan mendapatkan limit pinjaman oleh Akulaku, yakni skor kredit. Bagi yang belum tahu, skor kredit adalah sebuah sistem yang ditugas untuk memberi penilai terhadap kemampuan dan kelayakan akun mun mendapat limit pinjaman.  

Meski secara umum, penilaian pada skor kredit tidak diperlihatkan secara transparan, namun perlu Anda semua ketahui mengecekan skor kredit ditinjukan pada angka berkisar antara 300 sampai 850. Kalau skor kredit akun mu mendapatkan poin 720 keatas, maka pihak pemberi pinjaman akan menerima pengajuan kredit Anda. Sementara, jika nila kredit mu diangka 640 atau kebawahnya pihak peminjam sulit memberi pinjaman kepada Anda.

Untuk lebih mudahnya, Anda semua bisa mengetahui beberapa tingkat pada skor kredit, diantaranya:

  • Skor 1: Kredit Lancar, artinya si peminjam selalu membayar tagihan atau cicilan tepat waktu hingga lunas.
  • Skor 2: Kredit DPK atau Kredit dalam Perhatian Khusus, artinya si peminjam telah menunggak tagihan kredit selama 1-90 hari
  • Skor 3: Kredit Tidak Lancar, artinya si peminjam telat membayar tagihan selama 91-120 hari
  • Skor 4: Kredit Diragukan, artinya si peminjam sudah telah membayar tagihan selama 121-180 hari
  • Skor 5: Kredit Macet, artinya si peminjam sudah telah membayar tagihan lebih dari 180 hari.

Tempat Tinggal Berada Diluar Jangkauan Akulaku

Kemudian terkait dengan tempat tinggal dan tempat lahir yang Anda masukan saat mengajukan pinjaman. Apabila Anda tinggal di daerah luar jangkauan Akulaku, seperti daerah terpencil seperti Rimbo Bujang, maka kemungkinan kecil akan mendapatan limit pinjaman. Meski ada beberapa pengguna Rimbo Bujang yang mendapatkan limit pinjaman Akulaku, namun tidak dengan nominal yang besar, berkisar antara 300 ribu – 1 juta saja.

Tidak Pernah Mengajukan Pinjaman di Platform Lain

Seperti yang saya sampaikan diatas tadi, pihak Akulaku akan melakukan pengecekan pada semua data yang Anda kirim dan melakukan penilaian skor kredit. Jika kita belum pernah meminjam di platform lain dari mana skor kredit akan dinilai?

Tentu saja dari NIK lain yang terdaftar di KK Anda. Meskipun Anda tidak pernah mengajukan pinjaman, tapi orang tua atau kakak sudah pernah pinjol dan ternyata skor kredit mereka rendah, hal tersebut tentu saja akan berdampak pada Anda juga.

Baca Juga:

Cara Mengatasi Pengajuan Pinjaman Akulaku Tidak Lolos Verifikasi

Untuk mengatasi sebuah masalah, pasti ada penyebabnya beda-beda bukan? Anggap saja masalah A, pasti hanya bisa diselesaikan dengan solusi A juga, begitu seterusnya. Kalau berkaitan dengan pengajuan pinjaman di Akulaku, diterima atau tidaknya semua tergantung skor kredit data mu dan pihak Akulaku.

Oleh karena itu, demi bisa meningkat presentasi diterimanya pinjaman Anda di Akulaku, Cp akan memberikan beberapa cara yang harus Anda lakukan, diantaranya:

  • Isi Data Pribadi Dengan Lengkap, hal pertama yang harus Anda pastikan adalah mengisi semua data yang dibutuhkan untuk mendapatkan limit kredit di Akulaku, seperti KTP, NPWP, Slip Gaji, Mutasi Rekening, BPJS Ketenagakerjaan dan lain sebagainya.
  • Pastikan Scan Wajah Benar, disini Anda harus memastikan tahap scan wajah jelas dan mengikuti instruksi dari sistem, jika gagal ulangi lagi sampai berhasil dan ada keterangan selesai.
  • Kirim Scan Dokumen Yang Jelas, selanjutnya adalah memastikan semua dokumen yang Anda scan terlihat jelas atau tidak buram. Gunakan aplikasi scan dan foto di ruang yang terang.
  • Pastikan Data Diri Valid dan Benar, kemudian Anda harus mengecek semua data diri yang dikirim ke Akulaku sudah benar, baik nama lengkap, tanggal lahir, tempat tinggal dan lain sebagainya.
  • Pastikan Skor Kredit Tinggi, diatas sudah saya jelaskan ada penilaian pada akunmu dalam bentuk angka yang dibagi berdasarkan skor tertentu. Untuk meningkatkan peluang lolos verifikasi oleh Akulaku Anda harus mendapatkan skor kredit tinggi, bagaimana caranya? Harus membayar tagihan tepat waktu dan melunasi tagihan sebelumnya.
  • Tidak Memiliki Tagihan di Pinjol Lain, selain harus membayar tagihan tepat waktu, tidak dapat limit pinjaman di Akulaku dikarenakan calon nasabah memiliki tagihan lain. Meski ini tidak 100 persen benar, karena ada pengguna yang memiliki tagihan lain tetap bisa mengajukan pinjaman di Akulaku. Tapi, demi bisa meningkatkan peluang mendapatkan limit pinjaman tidak ada salahnya Anda memastikan tidak memiliki tagihan lain.
  • Berada di Lokasi Jangkauan Akulaku, pihak Akulaku memiliki kantor yang berada di Jakarta pusat, untuk bisa meningkatkan peluang diterimanya pengajuan pinjaman Anda adalah tempat tinggal yang Anda masukan harus berada di kota-kota besar atau di daerah jangkauan pihak Akulaku.
  • Pastikan Pernah Pinjol Sebelumnya, disini Anda harus memastikan sudah pernah meminjam uang secara online di platform lain, tujuannya agar Akulaku punya penilaian pada akunmu dan tidak terkesan 0 karena tidak pernah pinjol dimana-mana.
  • Hubungi CS Akulaku, jika semua cara diatas sudah Anda lakukan dan hasilnya tetap tidak mendapatkan limit pinjaman. Anda bisa hubungi CS Akulaku untuk mendapatkan jawaban dan bantuan. Cara menghubungi CS Akulaku Anda bisa klik link ini https://www.akulaku.com/contact-us

Penutup

Itulah informasi yang hanya dapat Calonpengangguran berikan tentang Kenapa Pengajuan Limit Akulaku Gagal. Semoga artikel yang saya terbitkan ini, dapat membantu kamu dalam mengatasi masalah yang sedang terjadi.

Baca Juga:

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *