Kenapa Aplikasi Shopee Lemot? Ini Penyebab dan Cara Mudah Mengatasinya!

Kenapa Aplikasi Shopee Lemot Saat Digunakan – Pengguna shopee yuk merapat, karena pada artikel kali ini kami akan membahas sebuah hal yang mungkin dirasakan oleh hampir semua pengguna aplikasi shopee saat berbelanja online. Seperti yang kita tahu shopee merupakan platform belanja online yang sangat populer saat ini dan menjadi pilihan mayoritas orang karena aksebilitasnya yang mudah serta ramah pengguna sehingga setiap waktunya pengguna shopee kian bertambah.

Hal ini tentu saja memungkinkan aplikasi shopee mengalami error atau bahkan lemot, hampir sebagian pengguna shopee mengalami kendala ini pada waktu-waktu tertentu sehingga banyak yang mencari apa penyebab aplikasi Shopee lemot dan bagaimana cara mengatasinya? Oleh karena itu, pada artikel kali ini kami akan memberikan rangkuman tentang alasan aplikasi shopee lemot dengan memberikan penjelasan terkait penyebab dan solusi yang bisa kamu lakukan sebagai berikut.

Penyebab dan Cara Mengatasi Aplikasi Shopee Lemot

kenapa shopee lemot

Shopee memang memberikan fitur dan layanan terbaik kepada penggunanya untuk mengakses sistem belanja online yang mudah dan fleksibel di manapun dan kapanpun. Namun, dibalik kemudahan mengakses aplikasi shopee ada sebagian pengguna yang mengeluhkan kenapa shopee error dan lemot sekali dan perlu melakukan reload berkali-kali untuk bisa mengakses halaman yang diinginkan.

Bagi penjual maupun pembeli ini merupakan hal yang sangat mengganggu mengingat setiap orang membutuhkan mobilitas tinggi untuk tetap mengakses aplikasi dengan cepat dan stabil. Selain itu, aplikasi shopee sering kali tertutup tiba-tiba, tidak merespon, dan memiliki loading yang lama. Hal ini menyebabkan pengguna merasa kesal dan mencari penyebab hingga solusi kenapa shopee lemot sekali.

Perlu kamu tahu bahwa halo semacam ini biasanya terjadi karena kendala sistem maupun ponsel sehingga meskipun kamu menghubungi customer service maka tidak akan membantu permasalahan kamu. Oleh karena itu, pada artikel ini kami akan berusaha menjawab problem tersebut sehingga kamu bisa kembali menggunakan aplikasi shopee secara lancar dan tidak terkendala lemotnya aksebilitas saat menjalankan aplikasi ini sebagai berikut:

Koneksi Internet Bermasalah

Hal yang biasa menjadi penyebab utama aplikasi shopee lemot bisa jadi adalah kendala internet atau jaringan kamu yang memang lambat. Hal ini sangat wajar terjadi karena setiap provider memiliki pelayanan jaringan dan koneksi yang berbeda-beda pada berbagai wilayah.

Tapi masalahnya aplikasi Shopee tidak ingin mengetahui alasan itu, aplikasi ini hanya bisa digunakan ketika perangkat terhubung dengan koneksi internet stabil, jadi bisa saja karena koneksi buruk membuat aplikasi Shopee jadi lemot.

Solusi:

Untuk memastikan benar atau tidaknya hal ini, kamu harus mengecek kualitas koneksi internet yang terhubung di perangkat mu. Caranya sangat mudah, kunjungi situs Speedtest, lalu klik mulai, maka secara otomatis situs akan mengecek secara keseluruhan terkait koneksi internet mu.

Jika hasilnya ping rendah berarti tidak ada masalah pada koneksi mu, sementara jika hasilnya ping tinggi berarti koneksi internet mu bermasalah. Kami sarankan kamu untuk menggunakan jaringan internet yang lebih stabil untuk mengakses aplikasi shopee, kamu juga bisa menggunakan wifi sebagai alternatifnya.

Cache Menumpuk

Penyebab selanjutnya adalah cache pada perangkat menumpuk, perlu kamu semua ketahui cache merupakan sampah penggunaan sebuah aplikasi yang tersimpan secara otomatis ke perangkat. Jadi semakin sering kamu menggunakan aplikasi, maka sampah yang akan tersimpan semakin banyak.

Kira-kira sudah seberapa banyak ya cache penggunaan aplikasi Shopee di perangkatmu? Semakin banyak cache yang tidak dihapus, maka akan membuat kinerja perangkat menurun, terutama dalam menjalankan perintah yang kamu berikan.

Solusi:

Untuk mengatasi hal ini, kamu harus melakukan pembersihan cache atau sampah penggunaan. Cara mudah kok jadi tenang saja, buka pengaturan, cari dan klik menu aplikasi, lalu cari aplikasi Shopee, klik kelola penyimpanan, dan klik hapus cache. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan aplikasi tambahan yang bisa diinstall di Play Store.

Ruang Penyimpanan Penuh

Selain karena cache, apabila perangkat yang kamu gunakan tidak memiliki ruang penyimpanan kosong juga bisa membuat akses ke aplikasi Shopee jadi lemot loh. Ini berkaitan dengan beban yang harus ditanggung oleh perangkat, terutama dalam menyimpanan data penggunaan.

Ketika ruang penyimpanan sudah akan membuat data tersebut menumpuk satu sama lain yang pada akhirnya membuat kerusakan data, kesalahan seperti inilah yang sering kali membuat perangkat menjadi slow respon.

Solusi:

Untuk mengatasi penyebab ini, kamu harus melakukan pembersihan secara menyeluruh, yakni menghapus beberapa file dan aplikasi yang tidak penting. Tapi, kalau sekiranya file yang tersimpan penting, kamu bisa pindahkan file tersebut ke perangkat lain atau upload ke penyimpanan online seperti Google Drive.

Tidak Menggunakan Aplikasi Shopee Versi Terbaru

Pasti kamu seringkan tidak mengupdate aplikasi Shopee, padahal di Play Store sudah ada versi terbaru? Ternyata kebiasaan seperti juga bisa loh membuat aplikasi Shopee tiba tiba menjadi lemot atau lama memuat data.

Hal ini berkaitan dengan performa perangkat dan aplikasi Shopee itu sendiri, kenapa begitu? Karena pada dasarnya pihak developer Shopee melakukan update pada aplikasi mereka bertujuan untuk menambah fitur baru dan menghapus beberapa bug yang bisa saja mengurangi kinerja aplikasi Shopee.

Sementara sebagai pengguna kamu tidak melakukan update pada aplikasi Shopee, kira kira apa yang akan terjadi? Tentu saja aplikasi ini akan lambat saat diakses karena menyimpan terlalu banyak bug, selain itu perangkat juga menerima dampak tersebut karena harus bekerja lebih keras saat mengakses aplikasi Shopee.

Solusi:

Cara paling mudah mengatasi hal ini adalah dengan update aplikasi Shopee ke versi terbaru, kamu hanya perlu buka aplikasi Play Store, ketik dan cari aplikasi Shopee, klik update dan tunggu. Jika cara ini tetap tidak berhasi, silahkan install ulang aplikasi Shopee (harus ingat username dan kata sandi), setelah itu kamu muat ulang perangkat, lalu coba login kembali ke aplikasi Shopee.  

Tidak Update Perangkat Lunak (OS)

Selain tidak rutin update aplikasi Shopee, masalah ini juga bisa disebabkan oleh perangkat menggunakan sistem operasi versi lama karena kamu tidak melakukan update perangkat lunak.

Padahal, sistem operasi pada perangkat sangatlah penting terutama dalam hal menjalankan perintag yang kamu berikan. Ini berkaitan dengan fungsi utama perangkat lunak atau OS yakni untuk menjalankan dan mengatur semua data yang ada di perangkat, terutama dalam hal pengoperasian sebuah aplikasi. Jika ada masalah pada OS, tentu wajar saja ketika kamu mengakses aplikasi Shopee jadi lemot.

Solusi:

Untuk mengatasi penyebab ini, kamu perlu melakukan pengecekan pada perangkat lunak atau OS dan melakukan update jika ada. Masuk ke pengaturan perang, cari dan klik Tentang Perangkat, klik Update, setelah itu akan tampil menu “Software Update” atau “System Firmware Update”, klik Check Update, jika ada pembaruan sistem kamu akan mendapat notifikasi dan klik Install, tunggu sampai proses ini selesai.

Ponsel Tidak Kompatibel

Tidak hanya beberapa hal diatas saja, perangkat yang tidak kompatibel atau tidak support mengakses aplikasi Shopee juga bisa mengakibatkan hal ini terjadi. Sebagai platform e commerce yang beroperasi dalam versi aplikasi, mengharuskan pengguna untuk menggunakan perangkat yang support, terutama pada penggunaan versi android perangkat.

Jadi bisa saja, karena perangkat atau ponsel yang kamu gunakan memiliki spesifikasi jadul membuat aplikasi Shopee jadi lemot saat diakses atau digunakan. Ini sudah menjadi aturan mutlak yang tidak bisa dikomentari oleh pengguna.

Solusi:

Jika ponsel mu termasuk jadul, coba periksa dulu apakah perangkat yang kamu gunakan kompatibel atau tidak dengan aplikasi Shopee melalui Play Store. Jika ternyata hasilnya tidak kompatibel, saya sarankan untuk menggunakan aplikasi Shopee Lite karena lebih ringan dibandingkan aplikasi Shopee utama atau kamu juga bisa belanja di Shopee melalui website sehingga tidak perlu menginstall aplikasi Shopee di perangkat.

Banyak Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang, Hapus Terlebih Dulu

Alasan lain shopee jadi lemot saat digunakan bisa jadi dikarenakan banyak aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang sehingga mengurangi kapasitas RAM smartphone. Perlu kamu tahu bahwa RAM membantu OS dalam pengoperasian aplikasi yang pengguna inginkan.

Solusi:

Agar aplikasi Shopee bisa beroperasi secara lancar kamu perlu untuk meringankan dan menutup berbagai aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang sebelum mengakses aplikasi Shopee agar bisa lebih lancar.

Data Aplikasi Shopee Sudah Penuh, Hapus dan Bersihkan

Selain cache memori yang penuh pada ponsel, hal lain yang sering kali menyebabkan aplikasi shopee jadi lemot yaitu data aplikasi Shopee yang sudah penuh sehingga dapat mengganggu performa dan kinerja aplikasi shopee dan perangkat. Hal ini sangat biasa terjadi mengingat data saat menjalankan aplikasi Shopee sangatlah besar sehingga kamu perlu menghapus dan membersihkannya setiap waktu secara manual pada pengaturan aplikasi di ponsel.

Server Utama Shopee Error

Selanjutnya ketika kamu mengalami aplikasi shopee yang lemot dan lambat bisa disebabkan server utama aplikasi shopee memang sedang error karena sedang mengalami maintenance atau melakukan pemeliharaan. Jika terjadi masalah pada server utama aplikasi Shopee, maka wajar ketika mengakses Shopee jadi lemot.

Kenapa? Karena pada dasarnya server utama pada aplikasi Shopee berperan penting dalam mengoperasian aplikasi Shopee. Hal ini dikarenakan server utama memiliki fungsi sebagai tempat penyimpanan data, jalur lalu lintas data, pengoperasian, dan lain sebagainya yang berkaitan dengan Shopee terhubung ke server utama.

Solusi:

Untuk mengatasi hal ini sebenarnya kamu tidak perlu melakukan hal apapun karena pihak teknisi Shopee yang akan bekerja. Tapi, kalau kamu penasaran apakah server utama Shopee memang bermasalah atau tidak, kamu bisa hubungi CS Shopee melalui link ini https://help.shopee.co.id/portal/article/72945-[Customer-Service]-Bagaimana-cara-menghubungi-Customer-Service-Shopee%3F?seo=1 untuk menanyakan penyebab dari masalah yang kamu alami saat ini.

Sembari menunggu proses perbaikan ini, kamu bisa coba mengakses Shopee melalui website untuk belanja atau order barang. Loh kok bisa mas, kan servernya satu? Kemungkin antara server aplikasi dan website pada aplikasi Shopee berbeda, jadi kalau ada masalah pada aplikasi belum tentu websitenya juga bermasalah.

Akhir kata, sekian informasi yang bisa kami rangkum untuk kamu tentang kenapa Aplikasi shopee lemot saat digunakan beserta cara mengatasinya. Kami sangat berharap informasi yang kami berikan ini dapat membantu kamu sehingga bisa menggunakan aplikasi Shopee dengan lancar dan cepat. Nantikan terus postingan terbaru dari situs kami setiap hari yang akan memberikan artikel bermanfaat lainnya.

Baca Juga:

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *