Kenapa Skor UTBK Tidak Muncul? Ternyata Ini Penyebabnya!

Kenapa Skor UTBK Tidak Muncul – Pengumuman UTBK SBMPTN 2022 telah dilakukan pada tanggal 23 Juni 2022 kemarin, di mana para peserta sudah melihat hasil pengumuman apakah mereka lolos di universitas pilihan mereka atau tidak setelah melalui serangkaian tes UTBK yang dilakukan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia pada bulan Mei hingga Juni lalu.

Pada pengumuman SBMPTN kemarin, para calon mahasiswa baru hanya bisa melihat hasil apakah mereka lolos di universitas dan prodi pilihan. Nah, hal itu memunculkan pertanyaan Kenapa skor UTBK tidak muncul saat pengumuman kemarin. Padahal, kebanyakan dari mereka pasti merasa penasaran dengan hasil skor tes yang sudah mereka lewati kemarin.

Pertanyaan ini banyak ditanyakan oleh para peserta yang belum pernah mengikuti tes atau ujian sebelumnya. Lain halnya jika peserta UTBK 2022 ini sudah pernah ikut di tahun sebelumnya, sehingga mereka pasti mengetahui alasannya.

Nah, bagi kamu yang penasaran terkait penyebab kenapa skor UTBK tidak muncul saat pengumuman kemarin, yuk simak pembahasannya berikut ini agar kamu mengetahui jawabannya.

Alasan Kenapa Skor UTBK Tidak Muncul yang Wajib Kamu Tahu

kenapa skor utbk tidak muncul

Bagi kamu para peserta UTBK 2022 yang penasaran dengan skor hasil UTBK, maka kamu harus mengetahui dan menyimak informasi kali ini agar mengetahui jawabannya. Sebelumnya, hasil kelulusan UTBK SBMPTN 2022 sudah bisa kamu lihat melalui laman pengumuman LTMPT mulai 23 Juni 2022 kemarin pukul 15.00.

Pada pengumuman kemarin kamu akan bisa melihat status kelulusan apakah kamu lolos atau tidak di universitas dan program studi pilihan. Berdasarkan informasi resmi dari LTMPT, ada sebanyak 192.810 peserta yang dinyatakan lolos pada seleksi UTBK SBMPTN 2022 di universitas pilihan mereka.

Setelah melihat hasil pengumuman, mungkin kamu juga akan merasa penasaran dengan skor UTBK yang kamu dapatkan dan penyebab skor utbk tidak muncul di halaman pengumuman kemarin.

Perlu kamu tahu, pengumuman UTBK SBMPTN yang dilakukan pada 23 Juni kemarin merupakan pengumuman status kelulusan yang menyatakan apakah peserta lolos atau tidak, sehingga kamu belum bisa melihat skor UTBK yang diperoleh. Hal inilah yang menjadi alasan kenapa skor UTBK tidak muncul.

Untuk melihat skor hasil UTBK 2022, biasanya pihak LTMPT membuka jadwal khusus untuk para peserta baik yang lolos maupun tidak untuk mencetak sertifikat UTBK nya. Nah, sertifikat utbk tersebut akan memuat hasil atau skor yang kamu peroleh dalam setiap subtes UTBK SBMPTN 2022.

Kapan Bisa Melihat Skor UTBK 2022 di Halaman LTMPT?

Para peserta UTBK 2022 yang sudah mengikuti tes baik gelombang 1 maupun gelombang 2, bisa mendownload sertifikat ujian tertulis berbasis komputer (UTBK). Sertifikat ini bisa diunduh oleh semua peserta baik yang dinyatakan lolos seleksi maupun yang tidak lolos.

Informasi ini resmi bersumber dari konferensi pers pengumuman SBMPTN 2022 yang digelar kemarin di channel YouTube lembaga tes masuk perguruan tinggi (LTMPT). Sertifikat tersebut baru bisa diunduh Sesuai dengan jadwal masa unduh sertifikat yang telah ditetapkan oleh LTMPT.

Sertifikat tersebut akan memuat informasi peserta dan juga skor yang diperoleh dari hasil tes yang diikuti oleh peserta pada bulan Mei hingga Juni lalu. Masa pengunduhan sertifikat UTBK akan dimulai pada tanggal 25 Juni-31 Juli 2022 pukul 15.00 WIB melalui halaman pengumuman SBMPTN, sehingga kamu mulai bisa mendownloadnya pada esok hari.

Bagi kamu yang berniat untuk mengikuti seleksi jalur mandiri yang menggunakan skor UTBK, maka sertifikat ini wajib untuk kamu download. Sebab ada beberapa perguruan tinggi negeri yang membuka seleksi mandiri menggunakan nilai UTBK sebagai salah satu syarat untuk seleksi calon mahasiswa baru.

Selain melalui jalur mandiri, ada pula seleksi sekolah kedinasan yaitu Politeknik Keuangan Negara/ Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) juga menggunakan skor UTBK sebagai syarat seleksinya.

Cara Download Sertifikat UTBK 2022 yang Wajib Dipahami

Bagi kamu yang ingin mendownload sertifikat UTBK 2022, namun belum mengetahui bagaimana cara downloadnya, maka kamu bisa mengikuti tutorialnya yang sudah kami bagikan di bawah ini.

  1. Pertama, buka link utama atau link mirror pengumuman UTBK SBMPTN 2022 yang sudah disediakan oleh LTMPT.
  2. Jika sudah masuk ke websitenya, masukkan nomor peserta UTBK SBMPTN kamu pada kolom yang telah disediakan
  3. Selanjutnya, masukkan tanggal lahir kamu dan klik tombol lihat hasil dan tunggu website memuat hasil pengumuman.
  4. Pada halaman pengumuman, kamu bisa mendownload sertifikat UTBK 2022 dengan klik tombol “di sini”, dan nantinya sertifikat UTBK 2022 akan tersimpan otomatis di perangkat kamu.

Sertifikat UTBK SBMPTN 2022 bisa kamu cetak dalam bentuk PDF yang dilengkapi dengan QR code, data diri peserta dan juga akan tercantum skor atau nilai UTBK kamu di semua subtest.

Link utama pengumuman UTBK SBMPTN 2022: klik disini

Link mirror pengumuman UTBK 2022: klik disini

Sekian dulu pembahasan mengenai alasan kenapa skor UTBK tidak muncul, selamat kepada para peserta UTBK SBMPTN 2022 yang lolos seleksi dan tetap semangat bagi yang belum lolos.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *