Cara Aktivasi Aplikasi Cek Bansos Bagi Pemula Dengan Mudah!

Belum lama ini, banyak warga Indonesia sedang mencari Cara Aktivasi Aplikasi Cek Bansos. Apakah kamu juga sedang mencari hal tersebut? Jika iya, silahkan simak penjelasan yang akan Calonpengangguran berikan disini.

Banyak yang mencari aplikasi cek bansos, hal ini memang sudah wajar karena semakin banyaknya bantuan sosial yang diberikan oleh pemerintah untuk warga Indonesia. Contohnya seperti bantuan BLT BBM, Kesehatan, Pra Kerja dan masih banyak yang lainnya.

Tentunya sebelum mendapatkan bantuan tersebut, kamu diwajibkan untuk mendaftar terlebih dahulu di dalam situs resmi maupun aplikasi cek bansos. Setelah melakukan pendaftaran, nantinya pihak Kemensos akan memproses data yang kamu masukan.

Untuk proses verifikasi ini sendiri memerlukan beberapa waktu, sampai dengan kamu sudah benar-benar terdaftar menjadi salah satu calon penerima Bansos.

Sebelumnya, kamu diminta untuk melewati beberapa tahap aktivasi terkait aplikasi cek bansos sebelum menggunakannya untuk keperluan apakah kamu salah satu penerima bantuan sosial tersebut. Cara tersebut sebenarnya sangat mudah. Untuk kamu yang belum tahu, disini saya akan menjelaskannya.

Cara Aktivasi Aplikasi Cek Bansos Kemensos Lewat HP

cara aktivasi aplikasi cek bansos

Sebelum melakukan pendaftaran menjadi salah satu penerima bantuan sosial atau bansos, pastikan terlebih dahulu bahwa kamu sudah memiliki aplikasi cek bansos. Tidak hanya aplikasinya saja, kamu juga wajib untuk mengaktivasi aplikasi tersebut untuk dapat digunakan.

Untuk cara aktivasi aplikasi cek bansos sangat mudah, disini saya akan memberikan langkah demi langkahnya. Pastikan bahwa kamu mengikuti semua cara yang saya berikan, supaya dapat mempercepat jalan proses aktivasi cek bansos tersebut.

  • Pertama, silahkan download aplikasi cek bansos di Google Play Store
  • Lalu silahkan buka aplikasi tersebut untuk melakukan proses aktivasi dengan cara membuat akun terlebih dahulu
  • Nantinya kamu akan diarahkan untuk mengisi beberapa formulir pendaftaran sebagai calon penerima bansos
  • Selanjutnya kamu akan diminta untuk melampirkan Swafoto dan Foto KTP, pastikan bahwa kamu melampirkan foto-foto tersebut dengan jelas dan jangan sampai sedikit pun blur, agar proses verifikasi berjalan dengan lancar
  • Lalu klik Buat Akun
  • Silahkan login dengan akun yang sudah kamu buat barusan, dan pada halaman awal silahkan masuk kedalam menu Daftar Usulan
  • Tambahkan Usulan dengan mengisi beberapa data pengusulan yaitu DTKS. Isi kolom yang tersedia seperti Nama Lengkap, KTP dan yang lainnya
  • Klik menu tambah usulan untuk dapat menyelesaikan proses pendaftaran DTKS2022
  • Tunggu beberapa saat sampai Kemensos selesai melakukan verifikasi data yang kamu ajukan
  • Nantinya informasi terkait verifikasi yang kamu ajukan di kemensos, akan muncul di halaman awal aplikasi Cek Bansos
  • Selesai

Berapa Lama Verifikasi Aplikasi Cek Bansos Kemensos

Sebenarnya untuk proses verifikasi menjadi salah satu penerima bantuan sosial sangatlah mudah. Setiap orang dapat mendaftarkan diri menjadi penerima bantuan sosial, untuk mengecek apakah kamu termasuk penerima bansos bisa langsung mengunjungi situs atau aplikasi cek bansos dari kemensos.

Akan tetapi, sebelum menjadi penerima bansos pastikan bahwa kamu sudah melewati tahap verifikasi datar seperti yang sudah saya jelaskan diatas. Proses verifikasi ini tentunya sangat penting, sebab pihak kemensos akan memeriksa terkait data yang sudah kamu masukan apakan salah satu penerima bantuan sosial.

Sebab tidak semua orang bisa mendapatkan bantuan sosial, karena ada persyaratan khusus yang bisa menerima bansos 2022 ini. Contohnya seperti kamu memiliki beberapa profesi pekerjaan seperti dibawah ini:

  • PNS
  • Polisi/TNI
  • Pekerja dengan gaji 3.5 Juta

Jika kamu bertanya-tanya kapan proses verifikasi dari kemensos ini selesai? Nah, disini mimin belum bisa menjawabnya, karena proses verifikasi ini berbeda-beda ada yang cepat dan ada yang lama. AKan tetapi, pihak Kemensos tetap akan mempercepat proses data diri kamu kok guys.

Sebab, semakin hari akan semakin banyak data penerima bansos yang masuk ke sistem Kemensos. Karena semakin banyaknya pendaftar, maka akan mempengaruhi proses verifikasi data yang harus terselesaikan.

Penutup

Itulah informasi yang hanya dapat Calonpengangguran berikan tentang Cara Aktivasi Aplikasi Cek Bansos. Semoga informasi yang saya bagikan ini, dapat membantu kamu dalam mengetahui hal-hal yang sedang ditanyakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *