Kenapa Kartu SIM Tidak Terbaca atau Terdeteksi? Begini Solusinya

Kenapa Kartu SIM Tidak Terbaca –Hidup di era modern sekarang, hampir sebagian besar aktivitas manusia bisa diwakilkan dengan mesin. Disini saya contohkan, Misalnya anda memiliki saudara yang jauh, tapi kangen dan ingin ngobrol dengan dia, nah kali ini kita bisa menggunakan Hp untuk melakukan komunikasi jarak jauh. Sehingga kini kita tidak perlu bertemu untuk melakukan obrolan tersebut.

Kenapa Hp bisa melakukan obrolan jarak jauh? Karena teknologi canggih satu ini sudah dilengkapi dengan fitur jaringan seluler. Sehingga fungsi fitur ini bisa digunakan untuk menelpon, mengirim SMS, mengakses internet, bermain game online, dan lain sebagainya.

Namun, akhir-akhir ini banyak laporan bahwa kartu SIM di hp mereka tidak terbaca. Kondisi seperti ini akan membawa dampak  yang cukup merepotkan, sebab koneksi jaringan selulernya berdampak error.

Bagi mereka yang berprofesi tergantung dengan jaringan seluler tentu merasa dirugikan, karena kegiatannya pasti terhambat. Nah, lantas apa penyebab dan cara mengatasi kartu SIM tidak terbaca ini? Penasaran? Mari simak penjelasan kali ini sampai selesai.

Penyebab Kenapa Kartu SIM Tidak Terbaca

kenapa kartu sim tidak terbaca

Sebelum saya memberikan solusi permasalahan diatas, terlebih dahulu simak beberapa penyebab kartu SIM tidak terdeteksi sebagai berikut :

1. Tempat Kartu SIM Rusak

Kartu SIM tidak terdeteksi bisa saja disebabkan oleh slot atau tempat kartu SIM mengalami kerusakan. Jadi silahkan cek pada bagian kuningannya.

2. No IMEI Hilang

Penyebab selanjutnya kartu SIM tidak terdeteksi adalah IMEI tidak bekerja dengan maksimal. Fungsi IMEI sendiri yaitu sebagai identitas pada Hp yang sedang anda gunakan. Jika No IMEI hilang, maka akan berakibat SIM tidak terbaca.

3. Kartu SIM Panas

Kartu SIM ini bisa panas karena terpengaruh dari penggunaan perangkat yang terlalu lama. Jika hal ini terus dilakukan, maka kemungkinan besar akan membuat kartu SIM rusak sehingga tidak bisa terbaca.

4. Koneksi Jaringan Provider Error

Bisanya jika koneksi jaringan provider error, maka dapat membuat kartu SIM di HP kita menjadi tidak terbaca, padahal sebelumnya berjalan normal-normal saja.

5. Masa Aktif Kartu SIM Sudah Terlalu Lama

Setiap kartu SIM pastinya memiliki masa aktif pakainya masing-masing. Jika SIM card yang anda gunakan terlalu lama, maka akan membuat rusak sehingga tidak terdeteksi.

6. Masalah IC PA

IC PA merupakan salah satu komponen yang terdapat pada Smartphone. Komponen satu ini berfugsi sebagai penangkapan sinyal. Apabila IC PA mengalami kerusakan, maka akan mengakibatkan kartu SIM tidak terdeteksi.

Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Terdeteksi

Setelah anda mengetahui penyebab SIM tidak terbaca, maka kita lanjut ke pembahasan bagaimana cara mengatasi SIM tidak terdeteksi. Disini saya akan memberikan 11 tutorialnya sebagai berikut :

1. Lakukan Restart Hp

Langkah awal untuk mengatasi SIM tidak terdeteksi adalah dengan melakukan restart Hp. Dengan restart Hp ini berfungsi untuk mengembalikan kerja Hp dan menghilangkan bug-bug yang terdapat di Hp anda.

2. Mengganti Kartu SIM yang Rusak

Terkadang para pengguna Hp sering  mengabaikan kondisi kondisi kartu SIM di HP anda, apakah rusak atau tidak? Jika kartu rusak, maka jaringan selular tidak terbaca. Biasanya kartu rusak bisa ditandai dengan Jaringan yang hilang timbul, Internet susah terhubung, dan bahkan

Untuk solusi permasalahan ini adalah dengan mengganti kartu SIM baru. Jika anda masih tetap ingin menggunakan kartu lama, maka silahkan pergi ke gerai operator terdekat saja.

3. Cek dan Perbaiki Konektor Kartu SIM yang Rusak

Kartu SIM tidak terbaca sering terjadi dikarenakan Slot kartu SIM error. Hal ini bisa ditandai dengan kuningan pada konektor rusak termakan faktor usia pemakaian. Kondisi seperti ini biasanya sering ditemui di Smartphone Android Xiaomi Redmi 3, ASUS Zenfone 2 dan lain sebagainya.

Cara mengatasi kendala ini, yaitu buka casing Hp > buka baterai > periksa konektor SIM > ambil kapas > bersihkan kuningannya > jika sudah pasang kembali.

Cara diatas bisa dilakukan pada kartu SIM. Silahkan bersihkan dengan memakai kapas sebelum dipasangkan ke konektor.

4. Aktifkan Mode Pesawat Sementara

Pentingnya menghidupkan mode pesawat sementara ini ternyata bisa memperbaiki beberapa gangguan di Hp Android. Misalnya saja seperti kartu SIM tidak terbaca yang sedang kita bahas saat ini. Alangkah baiknya, aktifkan mode pesawat selama 2 menit dan kemudian matikan kembali, dengan demikian masalah akan teratasi.

5.  Cek dan Perbaiki IMEI yang Hilang

Sebelumnya apakah anda sebagai pengguna android sudah paham apa itu IMEI? Secara sederhananya IMEI adalah nomor identitas yang berfungsi sebagai penangkap jaringan. Jadi jangan heran, bila terkadang kartu SIM tidak terdeteksi sebab tidak ada sinyal sewaktu IMEI hilang.

 Untuk mengatasi masalah ini, simak penjelasannya dibawah ini :

  1. Pertama buka menu Dial di HP Anda.
  2. Masukkan *#06#*.
  3. Tunggu hingga direspon.
  4. Terakhir akan anda akan dibawa ke halaman IMEI.

Jika IMEI anda normal, maka tertera informasi nomor unik yang menandakan IMEI HP Anda. Namun tidak muncul nomor sama sekali, artinya IMEI hilang.

6. Mengganti Settingan Jaringan

Perlu anda ketahui, bahwa kita sebagai pengguna Smartphone bisa mengatur jaringan untuk mengatasi masalah kartu SIM tidak terbaca. Kondisi seperti ini biasanya hanya terjadi pada satu jenis jaringan saja. Misalnya di 3G atau 4G.

7. Lakukan Update Sistem

Biasanya pihak perusahaan Hp akan memberikan informasi ke penggunanya masing-masing untuk melakukan pembaruan sistem. Tujuan update sistem ini tidak lain untuk memperbaiki bug-bug dan meningkatkan sistem keamanan.

Tanpa kita sadari dengan update sistem ternyata juga bisa mengatasi masalah pada kartu SIM yang tidak terbaca. Lantas bagaimana cara pembaruan sistem ini, simak ulasannya sebagai berikut :

  1. Pertama buka menu pengaturan di Hp Anda.
  2. Pilih menu Tentang Telepon.
  3. Klik Update Sistem (jika tesedia)
  4. Cek kembali, apakah kartu SIM di Hp sudah terdeteksi atau belum.

8. Reset Hp (Kembali Ke Setelan Pabrik)

Solusi untuk mengatasi kartu SIM tidak terdeteksi yaitu dengan mereset Hp. Hal ini dilakukan, jika didalam H panda terdapat bug-bug atau virus. Sehingga mengakibatkan kinerja Hp juga kurang maksimal. Sebelum melakukan reset Hp, pastinya data-data penting anda sudah di cadangkan terlebih dahulu.

9. Lakukan ReFlash Hp

Kenapa harus melakukan reflash Hp? Hal ini dilakukan agar kartu SIM yang tidak terbaca bisa normal kembali. Cara satu ini cukup terbilang efektif, dan mudah di terapkan ke semua orang. Selain itu, dengan reflash Hp, bug-bug didalamnya juga bisa ikut diperbaiki.

10. Bawa Ke Tempat Servis Hp Terdekat

Apakah anda sudah mencoba semua cara diatas, namun kartu SIM masih tetap tidak terdeteksi. Nah, langkah terakhir ini paling ampuh sekali, yaitu membawa Hp ke tempat services atau service center resminya.

Terkadang kartu SIM tidak terdeteksi bisa saja disebabkan oleh masalah internal yang belum diketahui oleh orang awam. Jika bermasalah pada IC PA dan Konektor SIM ini, tentu tidak semua orang paham mengenai komponen satu ini.

Demikianlah pembahasan singkat dari situs Calonpengagguran tentang Kenapa Kartu SIM Tidak Terbaca. Semoga penjelasan diatas dapat bermanfaat dan membantu untuk mengatasi masalah yang sedang anda alami. Sekian dan terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *