Cara Mudah Menghapus Riwayat Pencarian di Play Store

Cara Menghapus Riwayat Penelusuran di Play Store – Seperti yang teman-teman semua ketahui, Play Store adalah platform yang menyedia jasa untuk menginstall berbagai macam aplikasi di perangkat seluler Android. Saking banyaknya aplikasi ataupun game yang ada disana, tentu membuat pengguna melakukan pencarian dengan menggunakan fitur cari di Play Store.

Aktivitas mencari aplikasi atau game tersebut akan tercatat oleh sistem Play Store dan tersimpan, tapi bagi sebagai orang history pencarian di Play Store dianggap sebagai privasi yang tidak boleh orang lain ketahui. Apakah Anda juga beranggapan demikian? Jika iya, pasti Anda sedang mencari cara untuk menghapus riwayat pencarian tersebut.

Anda semua tidak perlu khawatir karena pada kesempatan kali ini Calonpengangguran akan membagikan Cara Mudah Menghapus Riwayat Penelusuran di Play Store.

Sebelum itu, kita singgung sedikit mengenai sistem penelusuran yang ada di Play Store. Apakah teman-teman sudah tahu bagaimana sistemnya? Sederhananya begini, sistem penelusuran yang ada di Play Store tidak jauh berbeda dengan sistem penelusuran di Google, tapi sistem Play Store tidak sedatail itu.

Umumnya kita bisa melakukan pencarian dengan memasukan keyword atau kata kunci yang dituju, seperti nama aplikasi, kegunaan aplikasi, dan lain sebagainya. Contoh Anda ingin mendownload aplikasi rekaman layar, dikolom pencarian Anda bisa memasukan berbagai macam kata kunci, mulai dari nama aplikasinya atau langsung kefungsi aplikasi yang dicari, maka secara otomatis Play Store akan menampilkan aplikasi kualitas terbaik yang dilihat dari jumlah download dan rating didapat.

Sampai disini apakah teman-teman semua paham mengenai sistem pencarian yang ada di Play Store? Jika sudah, kita lanjut ke pembahasan utama artikel ini yaitu menghapus riwayat pencarian di Play Store sebagai berikut.

Cara Menghapus Riwayat Pencarian di Google Play Store

Cara Menghapus Riwayat Pencarian di Play Store
  1. Pertama silahkan buka aplikasi Play Store di ponsel teman-teman semua.
  2. Jika sudah masuk tap menu foto profil yang terdapat di kolom pencarian
  3. Tap Menu Settings
  4. Tap bagian General
  5. Anda akan asuk ke menu Account and device preferences
  6. Silahkan cari bagian History
  7. Tap opsi Delete device search history

Tidak hanya bisa menghapus histori pencarian di Play Store saja, sebagai pengguna kita diberi kesempatan untuk melakukan hal lain yang diinginkan lewat pengaturan Account and Device Preferences, misalkan memilih untuk berhenti mengikuti program beta tester aplikasi.

Untuk menerapkan pengaturan tersebut, kita hanya perlu meng-tap menu Leave beta programs yang ada disana. Setelah kita memilih pengaturan itu, secara otomatis kita akan langsung keluar dari program beta, dengan begitu pembaruan aplikasi yang diperoleh selalu versi stabil.

Selain itu, pihak Play Store juga memberi kelonggaran pada penggunanya untuk memilih opsi Unregister for app & game pre-registration, gunanya agar kita bisa membatalkan semua registrasi awal. Biasanya aktivitas ini dipilih oleh pengguna karena ada imbalan yang didapat dari pengembang atau developer sebuah aplikasi tertentu.

Kemudian kita juga bisa cancel semua partisipasi event yang akan diadakan dengan memilih opsi Unregister for upcoming events atau dengan meng-clear daftar keinginan dengan tap menu Clear wishlist.

Ternyata untuk bisa menghapus histori pencarian di Play Store tidak hanya bisa dilakukan dengan cara yang sudah penulis diatas loh, ada cara lain yang bisa Anda coba, yakni menggunakan opsi Clear data yang ada didalam pengaturan perangkat Anda secara langsung.

Cara Clear Data di Perangkat Secara Langsung

  1. Pertama buka Settings di perangkat seluler Anda
  2. Kemudian masuk ke manajemen aplikasi (umumnya ditulis sebagai Apps atau App management)
  3. Cari dan tap menu Google Play Store
  4. Selanjutnya buka bagian Storage
  5. Tap menu Clear Data
  6. Konfirmasi dengan meng-klik Delete
  7. Selesai.

Akhir Kata

Itu dia 2 Cara Menghapus Riwayat Pencarian di Play Store yang bisa teman-teman semua coba dari Calonpengangguran. Semoga dua cara tersebut bisa membantu permasalahan Anda, sekian dan terima kasih atas perhatiannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *