Kenapa Telpon Wa Sering Mati Sendiri? Begini Cara Mengatasinya

Kenapa Telpon Wa Sering Mati Sendiri – Belakangan ini tidak jarang pengguna WhatsApp mengeluhkan masalah saat melakukan telpon sering mati tiba-tiba tanpa sebab yang jelas, karena dari pihak Wa sendiri tidak memberikan pemberitahuan atau notif terkait hal tersebut.

Oleh karena itu banyak sekali pengguna Wa yang bingung, sebenarnya apa sih penyebab dari masalah tersebut. Sekarang Anda semua tidak perlu bingung lagi, karena pada kesempatan kali ini Calonpengangguran akan menjelaskan apa saja penyebab telpon wa mati sendiri beserta cara mengatasinya sebagai berikut.

Penyebab Telpon WhatsApp Sering Mati Sendiri

Kenapa Telpon Wa Sering Mati Sendiri

Secara konsep penulis merangkum 2 jenis penyebab masalah diatas, pertama yang disebabkan dari pihak Anda dan kedua dari pihak WhatsApp sendiri. Semuanya akan penulis sampaikan lebih detail dibawah ini.

Koneksi Internet Tidak Stabil

Kita tahu semua kalau WhatsApp adalah salah satu aplikasi chatting yang memerlukan jaringan internet untuk bisa digunakan, oleh karena itu kualitas jaringan bisa saja menyebabkan telpon wa yang sedang berlangsung bisa mati sendiri.

Ponsel Yang Digunakan Bermasalah

Selain karena koneksi internet yang tidak stabil, penyebab lain telpon wa sering mati sendiri adalah ponsel yang Anda gunakan terdapat masalah saat menjalankan aplikasi Wa. Hal ini bisa terjadi karena beberapa hal seperti, ruang penyimpanan penuh dan cache atau sampah aplikasi banyak sehingga membuat ponsel yang Anda gunakan tidak bekerja secara maksimal ketika menjalankan Wa.

Tidak Menggunakan WhatsApp Resmi

Sekarang ini banyak sekali pengguna Wa yang memilih menggunakan WhatsApp versi mod dari pihak yang tidak jelas sumber, padahal kebiasaan seperti sangat berisiko mulai dari data yang bisa saja di hack hingga wa diblokir oleh pihak Wa karena melarang penggunaan.

Namun, sebelum hal yang lebih parah seperti diblokir, pihak Wa akan memberi peringatan dengan cara merusak kinerja dari aplikasi Wa Mod yang Anda gunakan. Jadi bisa saja, hal ini yang menyebabkan telpon wa bisa mati sendiri.

Ada Bug di Aplikasi WhatsApp

Penyebab lain yang membuat telpon wa Anda bisa mati sendiri adalah Adanya Bug di Aplikasi WhatsApp, umumnya bug seperti ini tidak langsung merusak kinerja wa namun menyerang dengan cara perlahan sehingga jarang diketahui oleh pihak Wa ataupun kita sebagai pengguna.

Server Wa Down

Penyebab terakhir adalah server dari aplikasi wa mengelami down atau maintance yang dilatarbelakangi oleh banyak hal seperti pihak Wa sedang melakukan upgrade server, pengguna melebihi kapasitas server hingga adanya masalah lain yang menganggu kinerja server wa.

Cara Mengatasi Telpon Wa Mati Sendiri

Seperti yang sudah penulis sampaikan diatas tadi bahwa ada 2 jenis penyebab yakni yang berasal dari Anda sendiri dan dari pihak Wa. Tentu 2 jenis penyebab memiliki cara yang berbeda untuk mengatasinya, oleh karena itu Anda bisa membaca penjelasan saya dibawah ini.

Ganti Ke Koneksi Internet Yang Stabil

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan dan yang paling mudah adalah dengan mengganti jaringan internet, hal ini dilakukan apabila koneksi yang Anda gunakan ternyata buruk. Saran saya gunakan wifi saja, karena provider ini memiliki koneksi internet lebih stabil dibadingkan jaringan data.

Perbaiki Masalah di Ponsel Anda

Terdapat 2 masalah yang timbul di ponsel dan mempengaruhi kinerja ponsel Anda saat menjalankan aplikasi wa yakni memori internal penuh dan cache penuh. Silahkan hapus data-data yang dirasa tidak penting atau Anda bisa pindahkan data tersebut ke perangkat lain.

Gunakan Wa Resmi

Belum kapok kah Anda pakai Wa Mod? Saran saya sih stop deh. Saat ini pihak Wa sedang gencar-gencarnya melacak pengguna mereka yang menggunakan wa mod, bahwa pihak wa menegaskan akan memblokir akun wa yang terbukti menggunakan wa modifikasi.

Hubungi CS WhatsApp

Untuk masalah yang disebabkan oleh bug dan server down, Anda tidak bisa melakukan apapun karena hal tersebut hanya bisa diatas oleh pihak Whatsapp. Maka dari itu, satu-satunya cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan menghubungi Customer Service WhatsApp melalui link dibawah ini:

https://www.whatsapp.com/contact/?lang=id&subject=messenger

Akhir Kata

Demikian penjelasan dari Calonpengangguran terkait Kenapa Telpon Wa Sering Mati Sendiri dan cara mengatasinya. Semoga informasi singkat ini bisa bermanfaat untuk Anda semua, sekian dan terima kasih atas perhatiannya.

Baca Juga: Kenapa Wa Menghubungkan Terus Padahal Sinyal Bagus dan Stabil?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *