Kenapa Aplikasi E Coklit Tidak Bisa Digunakan? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini banyak warganet yang menanyakan kenapa aplikasi E Coklit tidak bisa digunakan, maka dari itu untuk mengetahui jawabannya secara detail Anda perlu membaca artikel ini sampai selesai.

Kita tahu semua, bahwa pemilu akan kembali dilakukan pada tahun 2024 mendatang. Sebagai bentuk apresiasi terhadap kemajuan teknologi, pihak KPU RI sekarang sudah memanfaat kehadiran teknologi bahkan mereka berpendapat banyak tugas yang terbantu setelah adanya teknologi ini.

Salah satu bentuk apresiasi tersebut adalah dengan hadirnya aplikasi e-Coklit, tujuan utama hadirnya aplikasi ini yakni untuk membantu Panitia Pemutakhiran Data Pemilih atau Pantarlih Pemilu dalam melaksanakan tugasnya.

Sekilas Tentang Aplikasi E Coklit Mobile

Seperti yang sudah penulis sampaikan diatas, bahwa tujuan utama hadirnya aplikasi e-Coklit ini adalah untuk membantu panitia dalam melaksanakan pemutakhiran data pemilihan umum.

Sementara dari namanya, coklit memiliki kepanjang yakni cocok dan penelitian. Dari namanya saja kita sudah bisa menebak, bahwa Coklit berfungsi untuk mencocokan dan penelitian data pemilihan yang dilakukan secara online oleh petugas Pantarlih.

Selain itu, dengan hadirnya aplikasi ini pemerintah akan lebih mudah mengontrol panitian pemilihan daerah sebagai petugas Pantarlih yang akan bertugas melakukan coklit.

Baca Juga:

Penyebab Aplikasi E Coklit Tidak Bisa Digunakan

kenapa aplikasi e coklit tidak bisa digunakan

Tidak jauh berbeda dengan aplikasi lain yang tidak luput dari kendala, aplikasi e-Coklit juga berisiko mengalami kendala.

Salah satu kendala dari aplikasi e-Coklit, yakni tidak bisa diakses atau dibuka. Masalah ini tentu tidak terjadi begitu saja, pasti ada penyebab yang melatar belakanginya.

Untuk itu, Anda bisa membaca apa saja penyebab aplikasi e-Coklit tidak bisa diakses atau login sebagai berikut.

Koneksi Internet Tidak Stabil

Hal pertama yang membuat Anda tidak bisa login ke aplikasi e-Coklit adalah karena jaringan buruk. Sebab aplikasi e-Coklit hanya menyediakan mode online, artinya Anda memerlukan koneksi internet untuk bisa mengaksesnya.

Cara paling mudah mengatasi penyebab ini adalah dengan mengganti jaringan internet yang Anda gunakan, saran saya coba gunakan jaringan wifi atau hotspot dengan teman yang memiliki jaringan internet lebih bagus.

Smartphone Tidak Support

Bisa dibilang aplikasi e-Coklit masih baru, tapi tidak terlalu baru. Meski begitu, aplikasi ini tidak hanya bisa digunakan pada semua jenis ponsel, artinya ada aturan khusus dari pihak pengembang aplikasi.

Ketika Anda ingin menginstall aplikasi e-Coklit, silahkan baca syarat dan ketentuan aplikasi ini. Hal pertama yang perlu Anda ketahui adalah peraturan versi OS Android yang digunakan.

Untuk bisa menggunakan aplikasi e-Coklit ini, ponsel Anda minimal harus menggunakan versi android 5.0, jadi kalau ternyata versi android Anda dibawah itu, Anda tidak akan bisa mengakses aplikasi e-Coklit di ponsel tersebut.

Tidak Terpilih Sebagai Petugas Pantarlih

Selain karena beberapa hal teknis diatas, ada penyebab lain yang bisa membuat Anda tidak bisa mengakses aplikasi e-Coklit, yakni tidak terpilih sebagai petugas Pantarlih atau pemutakhiran data pemilih.

Kenapa bisa tidak terpilih? Karena Anda juga harus tahu, pertugas Pantarlih dipilih dan dilatik langsung oleh PPS. Dengan begitu, ada syarat khusus bagi orang yang ingin menggunakan aplikasi ini.

Tidak hanya itu, Anda tidak akan bisa mengunduh aplikasi e-Coklit sembarang, seperti mendownload aplikasi pada umumnya di Play Store atau App Store. Hal ini dikarenakan e-Coklit adalah aplikasi resmi dari pemerintahan yang memiliki data bersifat rahasia.

Tidak Memiliki Akun

Penyebab lain Anda tidak bisa mengakses aplikasi e-Coklit, terutama bagi pengguna yang terpilih oleh PPS sebagai petugas Pantarlih, yakni belum memiliki akun.

Aplikasi ini tidak jauh berbeda dengan aplikasi lain, yakni ketika ingin mengaksesnya memerlukan akun. Oleh karena itu, silahkan untuk membuat akun lebih dulu.

Perlu Anda semua ketahui sebagai petugas Pantarlih hanya diizinkan untuk membuat satu akun saja yang akan diregistrasi oleh PPK. Tujuan utama hanya memperbolehkan pembuatan akun satu agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Server Aplikasi E Coklit Sedang Bermasalah

Aplikasi yang secara resmi akan digunakan pada pemilu tahun 2024 mendatang ini, terus melakukan pembaruan dan perbaikan.

Maka dari itu, bisa saja Anda tidak menggunakan aplikasi e-Coklit dikarenakan server utama mereka sedang melakukan pemeliharan atau upgrade kapasitas server.

Baiklah mungkin hanya itu yang bisa Calonpengangguran jelaskan kepada Anda semua mengenai Kenapa Aplikasi E Coklit Tidak Bisa Digunakan dan cara mengatasinya. Semoga informasi singkat ini bisa bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *