Kenapa Microsoft Word Tidak Bisa di Save? Begini Cara Mengatasinya!

Belum lama ini, banyak warganet yang sedang mempertanyakan tentang Kenapa Microsoft Word Tidak Bisa di Save. Apakah kam juag mangalami masalah pada Word juga? Jika iya, disini saya akan memberikan penjelasan mengenai penyebab dan cara mengatasinya.

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa Microsoft Office Word merupakan sebuah aplikasi pengolahan kata yang sampai saat ini sangat sering digunakan oleh semua orang yang ada di dunia. Word sangat banyak digunakan untuk mengerjakan seputar pengolahan kata, seperti untuk membuat dokumen surat-menyurat, laporan, skripsi jurnal penelitian dan masih banyak lagi.

Namun, belakangan ini banyak pengguna Word yang sedang mengalami masalah seperti Kenapa Microsoft Word Tidak di Save. Tentunya, masalah ini membuat banyak membingungkan sebagian para pengguna.

Pastinya hal ini sangat menyebalkan, karena kita ketahui bahwa Word sangat sering digunakan untuk mengerjakan sebuah skripsi maupun tugas lainnya. Namun dengan masalah yang seperti ini, dokumen tersebut tidak bisa di save dan menjadi sangat menjengkelkan.

Sebenarnya, masalah seperti ini sangat umum terjadi, dan saya sendiri pernah mengalami masalah tersebut. Dan akhirnya, saya menemukan beberapa penyebab dan cara untuk mengatasi masalah tersebut.

Untuk kamu yang ingin mengetahui penyebab dan cara mengatasi Microsoft Word yang Tidak Bisa Save, silahkan simak penjelasan yang akan saya berikan disini sampai tuntas.

Penyebab dan Cara Mengatasi Microsoft Word Tidak Bisa di Save

kenapa microsoft word tidak di save

Sebenarnya, masalah seperti Microsoft Word tidak bisa di save sangat sering sekali terjadi, dan ada banyak sekali penyebabnya. Namun, umumnya masalah ini disebabkan oleh para pengguna yang tidak memiliki hak administrator untuk melakukan penyimpanan.

Pastinya bukan itu saja penyebabnya, masalah ini juga biasanya disebabkan oleh bug sistem, yang tidak bisa menyimpan data ke drive. Istilah lainnya tidak bisa write, melainkan hanya read-only. Dan untuk cara mengatasinya, kamu bisa menyimak penjelasan dibawah ini:

Atur Permission Drive

Seperti yang kami singgung di atas, bahwa dokumen Word yang tidak bisa di-save biasanya karena masalah administrator. Nah, administrator tersebut bukan hanya pada aplikasi Word, tapi pada folder penyimpanan juga ada akses administratornya.

Jadi, jika folder penyimpanan di proteksi (protected drive) maka kita tidak akan bisa melakukan apapun pada folder tersebut, termasuk menyimpan file dokumen. Untuk itu, silahkan kamu ubah akses administratornya menjadi full control.

Save Pada Folder Lainnya

Wajib kamu ketahui bahwa akses administrator hanya bisa ketika kita akan menyimpan sebuah file di dalam drive atau partisi yang didalamnya terdapat sebuah file system. Namun, jika kamu menyimpan sebuah file pada drive atau partisi selain itu, maka tidak perlu akses administrator, contohnya seperti partisi D, E atau seturannya.

Nah, cara untuk mengatasi masalah ini kamu bisa mencoba untuk mengatur permission atau administrator dengan cara sebelumnya namun dokumen word masih belum dapat di save. Untuk itu, kamu bisa save dokumen tersebut ke drive selain drive sistem.

Cara ini sangat efektif, yang dimana duku saya mencobanya dan menyimpan file Word pada folder Documents yang mana folder tersebut berada pada Drive C. Dikarenakan tidak bisa, maka saya mencoba menaruh file tersebut kedalam folder baru di Drive D, alhasil dokumen yang saya kerjakan pun berhasil disimpan dengan aman.

Kosongkan Ruang Drive

Masalah berikutnya bisa disebabkan oleh Ruang penyimpanan pada Drive sudah penuh. Hal ini sangat sering disepelekan oleh banyak orang, karena banyak para pengguna komputer atau laptop sangat jarang mengecek penyimpanan yang masih tersisa.

Apabila ruang penyimpanan pada komputer atau laptop yang kamu gunakan sudah penuh, maka tentunya saja file yang akan kamu simpan dari Word tidak akan berhasil. Disini, kamu bisa mengosongkan atau menghapus beberapa file didalamnya yang sudah tidak terpakai untuk mengosongkan ruang penyimpanan.

Menonaktifkan Protection Docx

Masih banyak orang yang belum tahu bahwa pengaturan Word yang berada dalam protected mode bisa menjadi penyebab Microsoft Word tidak bisa di save. Oleh sebab itu, kamu bisa mencoba untuk menonaktifkan protected mode, karena cara ini cukup efektif untuk mengatasi masalah pada word.

Sedangkan untuk cara menonaktifkan protection document kamu bisa masuk ke halaman menu File > Opsi > Protection Document > Mark as Final > OK. Setelah melakukan semua hal tersebut, kamu bisa mencoba menyimpan dokumen yang ada di word.

Save Dokumen Word ke Open Document Text

Sangat sering terjadi pada saat ingin menyimpan file ketikan Word dengan format docx saja. Untuk itu kamu bisa save dokumen ke dalam format yang jenisnya seperti Opendocument Text (ODT), karena bisa saja dengan menggunakan format tersebut, kamu bisa menyimpan dokumen tersebut.

Sedangkan untuk caranya, kamu bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini:

  • Pada halam Word, silahkan klik menu File yang berada di bagian toolbar
  • Lalu silahkan klik menu Save as
  • Selanjutnya pilih folder untuk menyimpan dokumen tersebut, lalu ubah format dokumen yang akan kamu simpan menjadi Open Document Text
  • Selesai

Download Aplikasi Microsoft Word Versi Terbaru

Cara yang sudah saya jelaskan diatas sudah cukup ampuh untuk mengatasi masalah seperti tidak bisa save file dokumen Word. Namun, jika kamu masih tidak bisa, mungkin saja kamu harus mengganti aplikasi Microsoft Word.

Hal ini dilakukan karena, besar kemungkinan bahwa aplikasi yang kamu gunakan sekarang terkenal sebuah virus, yang membuat fungsi aplikasi tidak akan bisa berjalan dengan normal. Bahkan, bisa saja terdapat beberapa file penting yang terhapus atau corrupt. Maka saya menyarankan untuk kamu mengganti aplikasi Microsoft Word, dan saya menyarankan kamu untuk menggunakan versi terbarunya.

Penutup

Seperti itulah informasi yang hanya dapat Calonpengangguran berikan tentang Kenapa Microsoft Word Tidak Bisa di Save. Semoga artikel yang saya bagikan ini, bisa membantu kamu dalam mengatasi masalah yang sedang terjadi pada Word.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *