Street Smart Apa Itu? Ini Dia Penjelasan Lengkapnya!

Perlu teman semua pahami, Street Smart adalah salah satu bentuk keahlian yang miliki seseorang dalam mengenali lingkungan dan cepat belajar sehingga bisa menjaga dirinya.

Hal tersebut diungkapkan oleh Seorang psikolog anak, D’Arcy Lyness,Ph.D, bahwa memberi pendidikan kepada Anda terkait cara mereka beradaptasi dengan lingkungan terutama dalam menjaga dirinya ternyata sama pentingnya dengan mengajari keahlian lainnya.

Sederhananya Street Smart adalah suatu kecerdasan dari seseorang dalam mengambil pelajaran dari lingkungan dibanding secara formal.

Sekilas Tentang Street Smart

street smart

Seperti yang sudah kita singung diatas tadi, Street Smart sangat identik dengan cara seorang belajar dari lingkungan terutama dalam hal menjaga diri.

Kita semua pasti setujukan? Mencari ilmu atau pengetahuan tidak hanya berasal dari sekolah atau membaca buku, tapi ada banyak cara lain salah satunya belajar dari lingkungan ini.

Menurut saya pribadi, seseorang yang cepat beradaptasi dengan lingkungan adalah ciri orang sukses, kenapa? Karena dirinya bisa dengan mudah mengenal lingkungan sekitar meski baru.

Tips Mengajari Anak Tentang Street Smart

Sebenarnya untuk mengajari anak tentang street smart sangatlah mudah, asal sebagai orang tua Anda tidak melarang segala hal yang ingin dilakukan anak.

Semakin Anda sering melarang, maka semakin kecil peluang anak Anda bisa belajar tentang lingkungan. Meski melarang adalah bentuk kasih sayang orang tua ke anak, tapi tidak harus melarang semua hal bukan?

Kalau Anda takut anak kenapa-kenapa, saya sarankan untuk mengajari anak Anda mengenai street smart dalam lingkup keluarga dulu baru keruang lingkup yang lebih luas.

Adapun beberapa yang bisa Anda sarankan kepada Anda untuk bisa street smart, diantaranya:

  • Selalu ajarkan untuk meminta izin kalau ingin pergi dan selalu memberi kabar pergi kemana
  • Membiarkan anak bermain dengan teman seumurannya
  • Jangan biarkan anak nyaman dengan suasana sepi
  • Mengajari hal terkait orang asing atau orang yang tidak dikenal
  • Mengajari untuk meminta tolong apabila merasa terancam.

Mungkin hanya itu yang bisa Calonpengangguran jelaskan kepada Anda semua terkait Street Smart. Semoga informasi singkat ini bisa bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *