Kenapa Aktivasi WP NE Tidak Berhasil? Ini Dia Penyebabnya!

Belum lama ini, banyak warganet yang sedang mempertanyakan tentang Kenapa Aktivasi WP NE Tidak Berhasil. Apakah kamu juga sedang mengalami masalah tersebut? Jika iya, disini Calonpengangguran akan menjelaskannya.

Suatu aktivitas perpajakn tentunya memiliki traffic paling tinggi adalah saat melaporkan atau mengisi SPT Pajak. Akan tetapi, belakangan ini dalam prakteknya, ada banyak orang yang mengalami gangguan seperti kode-kode error yang sering muncul.

Sebagai orang wajib pajak, pastinya dalam setiap tahunnya kamu diwajibkan untuk melakukan pelaporan SPT Pajak yang batas pelaporannya setiap tanggal 31 Maret. Hal ini dapat kamu lakukan melalui portal atau situs DJP Online di Internet.

Berbeda seperti pengisian SPT yang secara manual, sebab pengisian SPT melalui efiling sangat sering sekali menjumpai masalah yang membingungkan banyak orang. Ditambah lagi, masih banyak orang diluar sana yang masih belum paham mengenai hal ini.

Nah, untuk kamu yang mengalami masalah pada saat aktivasi WP NE tidak berhasil, kamu bisa menyimak penjelasan yang akan saya berikan disini. Sebab disini, saya akan memberikan solusi untuk mengatasinya.

Penyebab dan Cara Mengatasi Aktivasi WP NE Tidak Berhasil

kenapa aktivasi wp ne tidak berhasil

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, bahwa untuk melakukan aktivasi WP NE tidak semua orang bisa. Walaupun ada yang bisa, masih sedikit diantara mereka yang kebingungan jika mendapati masalah.

Nah, maka dari itu, untuk mengatasi masalah tidak bisa lapor SPT Tahunan, dan muncul pesan notifikasi info aktivasi WP NE tidak berhasil, kamu bisa menyimak penjelasan dibawah ini:

Penyebab Aktivasi WP NE Tidak Berhasil

Untuk kamu yang mendapati pesan notifikasi Aktivasi WP NE Tidak Berhasil ini, biasanya akan muncul pada saat melaporkan SPT Tahunan “2 Tahun Sekaligus” secara e-efiling di DJP Online baik 1770SS maupun 1770S.

Error seperti ini akan muncul pada saat kamu melaporkan SPT Tahunan atas NPWP yang berstatus Non Efektif atau NE SPT yang dilaporkan untuk 2 tahun pajak. Pada saat pelaporan pertama memang akan langsung berhasil atau sukses.

Nah, pada saat melaporkan SPT tahun kedua akan muncul pesan Aktivasi WP NE Tidak Berhasil. Hal seperti ini akan membuat banyak orang kebingungan dan mulai bertanya-tanya mengenai cara mengatasinya.

Cara Mengatasi Aktivasi WP NE Tidak Berhasil

Untuk mengatasi masalah ini adalah, sebelum kamu melakukan pelaporan tahun kedua, pastikan bahwa kamu sudah memastikan bahwa status NPWP pada profil DJP Online telah berubah statusnya menjadi Aktif.

Pada pelaporan SPT yang pertama akan merubah status NPWP menjadi aktif. Namun sayangnya setelah pelaporan SPT Tahun yang pertama status profile tidak otomatis akan berubah aktif, dan akan membutuhkan waktu jeda beberapa saat.

Maka dari itu, silahkan log out akun DJP Online yang kamu miliki, dan silahkan login kembali. Apabila status sudah aktif, maka SPT Tahun selanjutnya kini sudah dapat dilakukan.

Akhir Kata

Seperti itulah informasi yang hanya dapat Calonpengangguran berikan tentang Kenapa Aktivasi WP NE Tidak Berhasil. Semoga artikel yang saya terbitkan ini, dapat membantu kamu dalam mengatasi masalah aktivasi WP NE yang bermasalah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *